X

Siap Puasa? Perhatikan Kebutuhan Cairan Tubuh!

Hidrasi tubuh yang baik akan mendukung fungsi organ tubuh berfungsi secara optimal. Umumnya tubuh manusia membutuhkan setidaknya 2 Liter air perhari. Kebutuhan air sebanyak 2 Liter tersebut tentu saja sangat mudah dipenuhi pada saat kondisi normal atau tidak sedang berpuasa. Beda ceritanya ketika memasuki musim puasa atau bulan Ramadhan.

Selama bulan puasa tersebut, walaupun tidak makan dan tidak minum bukan berarti kita berhenti untuk beraktivitas. Kebutuhan energi selama satu harian penuh berpuasa dapat diperoleh dari makan dan minum saat sahur atau berbuka. Jika makan dapat dipenuhi hanya dengan dua kali, lain halnya dengan pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh. Pasokan air sebesar 2 Liter perhari dapat disiasati dengan strategi 4-2-2. Strategi ini sangat populer pada saat ramadhan tiba, angka pada strategi tersebut menunjukan jumlah berapa gelas yang harus diminum agar tubuh tidak mengalami dehidrasi selama puasa. Angka 4 pada strategi 4-2-2 mengisyaratkan untuk minum 4 gelas air ketika berbuka, angka dua terakhir merupakan anjuran untuk minum 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas ketika sahur.

Selama bulan puasa pun dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur dibandingkan dengan gorengan ataupun makanan berlemak. Membatasi konsumsi minuman berkarbonasi, dan mengandung kafein akan menekan potensi rasa haus pada saat berpuasa. Kandungan kafein pada minuman bersifat diuretik atau memicu pembentukan urin yang lebih cepat dibandingkan dengan minuman tanpa kafein. Sifat diuretik dari kafein ini berpotensi untuk menyebabkan dehidrasi.

Hindari kekurangan cairan tubuh selama berpuasa dengan memenuhi kebutuhan cairan secukupnya. Efek hilangnya cairan dalam tubuh pada skala rendah, selain haus adalah cepat mengantuk dan hilangnya konsentrasi. Walaupun tidak berisfat fatal, tetap saja ngantuk dan tidak fokus atau hilang konsentrasi akan sangat mengganggu aktivitas harian. Volume dan kualitas cairan tubuh yang tepat akan membantu melancarkan aktivitas harian selama berpuasa. Salah satu asupan cairan yang berkualitas untuk hidrasi tubuh adalah air alkali alami. Air alkali dalam konteks ini adalah air minum PH tinggi yang kaya akan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain kaya akan kandungan mineral, air alkali ini mampu menyeimbangkan kondisi PH tubuh dalam keadaan netral sehingga tubuh tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

" pande : hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik."