Keranjingan Video pake Filmorago

Yang namanya ide untuk membuat satu video per minggu seperti masukan Maskira pemilik Youtube Channel TeknoLoGue di salah satu sesi pembelajaran bagi para Leaders SmartFren Community tempo hari, sebenarnya gak jauh beda dengan ide untuk membuat satu postingan blog secara berkala selama ini. Sayangnya yang namanya mood dan waktu luang, akhir-akhir ini memang makin menipis seiring tenggat waktu pindahan rumah yang sudah makin dekat.
Akan tetapi menjajal aktifitas baru sebagai Video Content Creator Amatiran benar-benar menjadikan saya keranjingan karena pembelajaran model ini, makin hari makin memberi pengalaman baru yang beragam.

Filmorago, sebuah aplikasi gratisan yang ditawarkan bagi pengguna ponsel Android, sejauh ini cukup mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini sempat menjadi beban di pikiran akan sulitnya membuat sebuah konten video.
Minimal dengan aplikasi ini, saya bisa menggabungkan foto dan video dalam satu frame cerita, lengkap dengan narasi, judul, musik pengiring dan filter atau lainnya. Disamping itu, secara penggunaan dan editing, Filmorago bisa saya katakan jauh lebih mudah dipahami ketimbang aplikasi sejenis macam CuteCut atau VivaVideo.
Apalagi secara fitur, aplikasi satu ini masih memiliki banyak kemampuan lainnya yang jujur saja, belum sempat dijajal lebih jauh.

Dari beberapa eksperimen, saya cenderung memilih membuat sebuah video pendek dengan durasi 1 menit pas, agar bisa lolos upload ke akun Instagram dan juga Whatsapp Group.
Ada banyak tantangan dalam perjalanan.
Seperti format baku yang sekiranya bisa memberikan ciri khas video yang dikaryakan, seperti miliknya Kumparan misalkan. Jadi pas liat sepintas, orang akan kebayang ‘owh, ini videonya si anu…’
Pun dalam membuat video pendek, merekam moment jadi to the point dan dibagi dalam beberapa segmen. Minimal selama 1 menitan diputar, maksud hati yang diinginkan bisa tersampaikan.

Meski yang namanya views ataupun subcriber belum sesuai harapan, sebagaimana halnya proses awal menulisi blog terdahulu, 13 tahun lalu tepatnya, bukanlah menjadi satu target baku yang harus dicapai saat ini. Biar berjalan apa adanya.
Yang penting ya berkarya dan berkarya.
Walaupun sebenarnya tantangan untuk bisa menghasilkan lebih banyak rejeki, peluangnya ada disini.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik