#HPjadul Tungsten T PDA Palm with Grafity Area

Jauh sebelum era PDA konvergensi begitu bergema dengan kehadiran nama-nama besar macam HTC, Dopod atau O2 yang rata-rata telah mengusung sistem operasi Windows Mobile lengkap dengan belasan fitur dan fungsi tambahan, adalah Tungsten T yang pada bulan November 2002 dirilis sebagai salah satu perangkat PDA murni berbasiskan os Palm. Kehadirannya tentu saja bersaing dengan beberapa perangkat Windows Phone PocketPC yang masih mengadopsi seri 2002 CE.

Tungsten T, merupakan salah satu perangkat digital assistant yang dirilis bagi para pengguna dari kalangan pebisnis Jaman Old dan tentu saja sudah mendukung layar sentuh dengan resolusi standar saat itu. Kelahirannya dibesut oleh tangan dingin para desainer teknis Palm di Illinois dengan kode seri pengembangan M550. Perangkat pertama yang dibenamkan os Palm v.5.

Kapasitas internal storagenya bisa dikatakan cukup terbatas yaitu sekitar 16 MB saja, dengan lubang colokan headphone jack 3.5 mm juga dukungan microphone guna fungsi voice memo dalam menunjang pekerjaan para penggunanya.

Desain yang tergolong unik pada Tungsten T ini adalah dibenamkannya Grafity Area pada sisi bawah layar utama, yang dapat ditemukan apabila bodi perangkat digeser laiknya konstruksi sebuah ponsel bermodel slider. Hal ini dijelaskan oleh pihak Palm, bahwa rata-rata pengguna PDA lebih banyak yang menggunakan perangkatnya hanya sebagai data viewer, dan masih tergolong jarang untuk proses penginputan data.

Kesuksesan minat akan perangkat Tungsten T, diikuti pula dengan kehadiran seri T lainnya seperti T2 yang dirilis pada bulan Juli 2003 dengan harga jual yang lebih murah, T3 pada bulan Oktober 2003 serta seri T5 pada bulan Oktober 2004 silam.

#pda #touchscreen #palm #technology #grafity #phone #personal #digital #assistant
#HPjadul #Tungsten

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik