X

#HPjadul Memory Card Penyelamat Kapasitas Jaman Old

Pada awal era kemunculan ponsel multimedia, yang sudah mulai menyematkan lensa kamera pada sisi belakang atau punggung ponsel, ditambah kemampuan memutar musik dalam sekali waktu, kendala utama yang dirasakan adalah persoalan keterbatasan kapasitas daya tampung yang bisa disimpan, memaksa penggunanya berpikir cerdas dalam mengakali dan mengelola file agar tak mengganggu kinerja secara keseluruhan.

Adapun kapasitas penyimpanan memory internal pada ponsel Jaman Old rata-rata masih berkisar 3-4 MB tanpa adanya dukungan slot memory tambahan. Ini masih dengan satuan MegaBytes loh ya, bukan Giga.

Jadi untuk kelas pengguna ponsel jaman itu, sebagaimana info diawal musti bisa cerdas dalam mengakali dan mengelola file yang akan disimpan dan digunakan tanpa mengganggu kinerja ponsel secara keseluruhan. Jika tidak ? Maka bersiaplah dengan notifikasi force closed atau lag selama masa penggunaan.

Tips mengakalinya bisa dengan mengubah format file yang disimpan, menurunkan kualitas bahkan dimensi, disesuaikan dengan kemampuan internal ponsel. Dan hal ini baru bisa terpecahkan permasalahannya dengan ditambahkannya slot Memory Eksternal pada badan ponsel.

Ada beragam jenis Memory eksternal tambahan yang saat itu digunakan untuk menambah keleluasaan penyimpanan file pada ponsel. Dari model CF atau Compact Flash, SDCard yang bisa dikunci penggunaannya, tipe umum MMC atau Memory Stick yang biasanya disematkan pada ponsel besutan Sony Ericsson.
Harganya bisa dikatakan cukup mahal untuk ukuran Jaman Old. dan rata-rata masih mengadopsi besaran 16 MB hingga 512 MB saat seri PDA Phone mulai diluncurkan.

Adanya slot dan penggunaan Memory Card tambahan ini bisa dikatakan penyelamat bagi sebagian pengguna ponsel, utamanya mereka yang beruntung bisa membeli seri multimedia macam Nokia Communicator series, Symbian 60 1rst Edition, Sony Ericsson K dan W series, atau PDA Phone era awal.
Minimal sudah mulai bisa menyimpan beberapa file musik dengan format MP3 8bit, atau foto jpeg dan video Bilm Ferjuangan 3gp, pula custom ringtones yang sesuai keinginan dan kekinian. Tanpa harus mengorbankan aplikasi lainnya.

#HPjadul #MemoryCard #MMC

Categories: tentang TeKnoLoGi
pande :hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik