Menu
Categories
Revolusi Kereta Api di Indonesia, Kini Jadi Makin Nyaman dan Aman
August 8, 2018 tentang iLMu tamBahan

Banyak perubahan terjadi di dunia perkeretaapian di Indonesia selama beberapa tahun belakangan. Bahkan bisa dibilang, perubahan yang terjadi sangat drastis. Dari kereta api yang jorok dan selalu penuh sesak serta terlambat, jadi kereta yang bersih dan tepat waktu serta bebas asongan.

Awalnya, perubahan ini membuat para penumpang kaget. Terutama yang terbiasa mengandalkan makanan dari asongan atau membeli oleh-oleh yang dijajakan para pedagang di atas gerbong.

Selain itu, ada banyak perubahan lainnya yang bisa disebut sebagai revolusi dari PT KAI Indonesia untuk kenyamanan perjalanan yang lebih baik.

Berangkat dan Datang Sesuai Jadwal


sumber: wikipedia.org

Kereta datang terlambat, itu biasa. Tapi, itu dulu, ketika jadwal kereta api dikenal selalu molor dan terjadi selama puluhan tahun, sehingga penumpang pun biasa datang terlambat dan santai turun di stasiun ketika transit.

Tapi sekarang tidak lagi. Jadwal kereta api semua sesuai dengan jadwal, mulai dari berangkat sampai kedatangan di kota tujuan. Kecuali ada kejadian sangat luar biasa seperti bencana alam, jadwal kereta api tak berbeda dengan yang sudah tertera di tiket atau website.

Kelas Ekonomi Ber-AC


sumber: biotechnoworld.wordpress.com

Dulu, kelas ekonomi adalah yang paling apa adanya dari semua tipe kereta PT KAI Indonesia. Penuh sesak, penumpang sampai ke atas gerbong dan bisa dapat tempat duduk saja sudah sangat bersyukur adalah gambaran kereta ekonomi zaman dulu.

Sekarang, PT KAI Indonesia melakukan revolusi besar-besaran. Penumpang semua kelas dipastikan dapat tempat duduk sesuai tiket, dan tak ada yang boleh naik tanpa tiket.

Tiket Bisa Dibeli Secara Online

Antri dan calo adalah gambaran beli tiket kereta api zaman dulu. Jika tak beruntung dapat tiket di loket, maka calo adalah jawabannya dan sudah pasti harganya jauh lebih mahal. Dan belum tentu dapat tempat duduk pula.

Namun hal itu sudah tak ada lagi sekarang. Semua penumpang dipastikan dapat tempat duduk, baik kelas eksekutif maupun kelas ekonomi dengan harga tiket termurah sekalipun. Calo pun sudah tak ada lagi, karena beli tiket harus dibeli sesuai tanda pengenal yang berlaku.

Dan yang paling menyenangkan adalah, penumpang bisa beli tiket kereta PT KAI Indonesia secara online. Baik lewat website resmi PT KAI Indonesia, minimarket yang bekerjasama, atau lewat Traveloka. Selain bisa memilih tempat duduk sesuai dengan keinginan, sekarang penumpang kereta juga bisa melakukan pengembalian tiket jika terjadi hal tak direncanakan.

Lahirnya Kelas Ekonomi Rasa Eksekutif


sumber: wikipedia.org

Revolusi baru dari PT KAI Indonesia soal kelas kereta salah satunya adalah di kelas ekonomi eksekutif. Bukan kelas bisnis, melainkan kereta ekonomi dengan fasilitas eksekutif. Memiliki gerbong dan kursi yang nyaman, tiket kelas ini sedikit lebih mahal daripada ekonomi namun lebih murah daripada eksekutif.

Dengan kenyamanan yang diberikan, salah satunya adalah tempat duduk empuk yang didesain untuk satu orang, kereta ini jadi favorit penumpang yang ingin merasakan kelas eksekutif dengan harga yang lebih terjangkau.

Lahirnya Kereta First Class Yang Nyaman dan Mewah


sumber: rakyatjabarnews.com

Tahun 2018 ini, PT KAI Indonesia melakukan revolusi terbaru dengan menghadirkan kereta first class. Seperti namanya, kenyamanan yang diberikan di kereta ini lebih baik daripada kelas eksekutif. Kursi penumpang didesain untuk satu penumpang dan bisa diatur untuk dijadikan tempat tidur. Pada masing-masing kursi, juga disediakan lemari khusus untuk menyimpan barang dan juga fasilitas lainnya yang membuat perjalanan lebih nyaman.

Meski harganya jauh lebih mahal daripada kelas lainnya. Namun kereta first class langsung diminati penumpang karena kenyamanan yang diberikan.

Leave a Reply
**** *