Kiat Merawat dan Menyimpan Baju Batik Agar Selalu Seperti Baru

Category : tentang KeseHaRian

Baju batik memang selalu istimewa dan disukai banyak orang. Beberapa tahun belakangan ini, variasi batik semakin beraneka ragam bagi semua kalangan usia. Kita pasti mudah tertarik dengan batik yang bergaya kekinian seperti blouse batik wanita yang sesuai dengan selera. Baju-baju batik yang sudah kita miliki harus dirawat dengan telaten agar selalu tampak seperti baru.
Soal urusan merawat dan menyimpan baju batik, kalian gak usah bingung deh, karena berikut Kiat-kiat praktis yang bisa membantu kita merawat baju batik semaksimal mungkin. Disimak yuk.

Memisahkan Baju Batik Terlebih Dahulu
Alangkah lebih baik bila kita memisahkan baju batik yang akan dicuci. Jangan biarkan baju batik bercampur dengan pakaian lain. Sebab hal tersebut membuat baju batik rentan luntur. Jika warna air mulai berubah saat mencuci batik, jangan gunakan air tersebut untuk mencuci pakaian lain. Dengan demikian, baju batik akan kembali bersih dan bebas risiko kelunturan.

Cara Mencuci Batik Tulis dan Batik Cap
Batik tulis dan batik cap membutuhkan perhatian khusus ketika dicuci. Sebaiknya kita mencuci kedua jenis batik tersebut dengan tangan. Karena proses pencucian dengan mesin cuci rentan menyebabkan kerusakan pada tekstur dan warna batik. Kuceklah batik tulis dan batik cap secara perlahan-lahan. Supaya noda dan kotorannya mudah hilang tanpa merusak batik tersebut.

Batik Print Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci
Kalau kita memiliki banyak baju yang terbuat dari batik print, kita bisa mencucinya dengan mesin cuci. Karena batik print memiliki tekstur kain yang lebih kasar dan keras. Sehingga perputaran mesin cuci tak rentan menyebabkan kerusakan pada baju batik tersebut. Kita tak perlu berlama-lama merendam baju batik dalam larutan deterjen. Agar warna baju blouse batik wanita tetap cemerlang meskipun sudah sering dicuci.

Tak Perlu Diperas Sebelum Dijemur
Ternyata kita tak perlu memeras batik sebelum menjemurnya. Karena proses pemerasan berisiko merusak tekstur batik. Akibatnya, baju batik jadi kusut bahkan serat kainnya bisa rapuh. Kita hanya perlu menggantung baju batik agar airnya menetes dengan sendirinya. Saat baju batik sudah tidak mengandung air, kita bisa memindahkan baju batik tersebut ke tempat lain.

Mengangin-anginkan Baju Batik Sampai Kering
Kita tidak perlu menjemur baju batik di tempat yang terkena sinar matahari. Mengangin-anginkan baju batik di tempat teduh sudah lebih dari cukup. Jangan sampai panas matahari malah membuat warna batik mudah memudar. Biarkan baju batik mengering sendirinya karena terkena angin selama beberapa jam.

Jangan Melipat Baju Batik
Baju batik sebaiknya disimpan dengan cara digantung. Melipat baju batik berisiko menimbulkan bekas lipatan yang sulit hilang. Oleh sebab itu, kita harus menyiapkan kapasitas lemari yang cukup untuk baju-baju batik kesayangan. Sehingga semua baju batik tersebut bisa digantung dengan rapi di dalam lemari.

Menyimpan Baju Batik di Tempat Sejuk dan Kering
Mungkin kita menganggap bahwa lemari baju kita paling tepat untuk menyimpan baju batik. Hal tersebut memang tidak salah. Namun kita juga harus memastikan bahwa lemari tersebut benar-benar sejuk dan kering. Jangan sampai baju batik mudah berjamur dan lapuk akibat lemari yang lembap. Sebaiknya kita memeriksa kelembapan lemari baju secara teratur setiap beberapa minggu sekali.

Kalau sudah bosan dengan baju-baju batik yang lama, kita bisa berburu baju batik terbaru di MatahariMall. Ada beragam pilihan blouse batik wanita dan model pakaian batik lainnya yang tak kalah istimewa. Bergaya kekinian jadi semakin mudah bila kita mengandalkan item fashion dari MatahariMall. Ragam pilihannya pasti membuat kita selalu penasaran dan ingin berbelanja. Yuk luangkan waktu untuk belanja online secara hemat di MatahariMall.

Post a comment

CommentLuv badge