Bersih-bersih Sendiri isi ponsel Android

1

Category : tentang TeKnoLoGi

Beberapa rekan pengguna Android kerap mengeluhkan leletnya ponsel yang mereka miliki seiring berjalannya waktu 1-2 tahun pasca pembelian. Info yang didapat ini akibat dari beberapa aplikasi yang ditenggarai memakan banyak resource baik space internal maupun RAM.
Ada benarnya juga sih ya ?
Karena memang itu resiko terbesar ketika kita menginstalasi beberapa aplikasi ataupun permainan pada ponsel, dan lebih kerap terjadi pada ponsel dengan kemampuan terbatas.

Untuk Rekan-rekan yang mengalami hal serupa, bersih-bersih file di perangkat Android bisa menggunakan bantuan PC ATAU…
Memversihkannya sendiri menggunakan File Explorer pada Ponsel. Agar lebih ampuh, sebelum memulai aksi, mohon aktifkan dulu opsi ‘show hidden/system files nya’ untuk bisa melihat beberapa Tips berikut ini :

Silahkan buka :
1. Folder DCIM untuk penyimpanan hasil jepretan kamera, yang meski sudah di set ke Kartu Memory, pada folder ini menyimpan ribuan Thumbnail yang difungsikan untuk mempercepat tampilan pada Gallery saat dibuka. Ini bisa dihapus permanen, karena nantinya thumbnal akan hadir kembali ketika Gallery dibuka.
Cara Terbaik menurut saya sih, pindahkan atau hapus gambar-gambar yang sekiranya tidak dipakai ke dalam bentuk pc, disk atau bahkan cloud, baru kemudian folder Thumbnail itu dihapus. Sehingga file yang disegarkan kembali nantinya tidak sebanyak sebelumnya.
2. Folder Pictures dan didalamnya ada tersimpan foto atau gambar yang disimpan apps Instagram, BBM, Line dan lainnya. Apabila masih dibutuhkan, semua file bisa dipindah ke kartu memory.
3. Folder Whatsapp, lalu buka folder Media. Buka pada folder Whatsapp Image (share foto), Whatsapp Video (share video), juga Documents atau Audio dll. utamanya folder ‘Sent’. Semua bisa dihapus dari ponsel mengingat file dimaksud merupakan semua file yang pernah di share melalui akun Whatsapp.
Terpenting lagi adalah, file originalnya dipastikan masih tersimpan pada ponsel, kecuali sudah dipindah/hapus sebagaimana tips sebelumnya.
4. Folder Instagram/Movies. ini biasanya bagi mereka yang kerap share Video via akun IG.
Serupa dengan tips ketiga, ini bisa dihapus permanen.
5. Folder lain yang sekiranya masih menyimpan Video dan Foto hasil unduhan/share. Misalkan Download, Bluetooth, Tubemate dan lainnya.
6. Folder aplikasi maupun permainan yang masih tersimpan namun aplikasi atau permainannya sendiri diyakini sudah dihapus dari ponsel.

Semua isi Folder diatas bisa dihapus permanen dari Ponsel sehingga menjamin ada banyak space yang bisa digunakan.
Seandainya belum yakin atau masih dibutuhkan, bisa dicopas/pindahkan ke Kartu Memory Eksternal.

Hal ini bisa dilakukan mengingat semua file diatas tidak akan tampil pada Gallery ponsel kalian, kecuali yang nomor 2 (Pictures) dan 3 (untuk file yang diunduh).

Demikian semoga berguna

Comments (1)

Sejak pindah ke iOS hampir setahun ini, sudah sangat jarang atau bahkan ngga pernah melakukan bersih2 mas. Kadang kangen juga sama Android, hehehe..

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge