Menu
Categories
Main Kakuro itu Asyik juga ternyata ?
July 10, 2017 tentang TeKnoLoGi

Sembilan tahun lalu, saya sempat menulis singkat tentang percobaan memainkan Kakuro. Permainan bergenre Puzzle, yang membutuhkan pemikiran logis untuk berhitung matematis, menjumlahkan angka 1-9 dalam satu baris vertikal maupun horisontal, dengan syarat tidak ada angka yang sama dalam baris tersebut.
Kini, saya tergelitik untuk mencoba lagi permainan satu ini mengingat secara waktu luang, cukup banyak saya miliki pun dengan pikiran yang tak lagi berada dibawah tekanan.

Kakuro bisa dikatakan masih ada hubungan sodara dengan Sudoku. Permainan yang sama-sama membutuhkan pemikiran logis menempatkan angka 1-9 dalam baris vertikal maupun horisontal, pun dalam kotak 3×3 regional, tanpa memperbolehkan angka yang sama. Selain itu baik Kakuro maupun Sudoku juga sama-sama berasal dari Jepang yang canggih itu. Ndak heran kalo kedua Games itu berasa sulit dimainkan sejak awal namun kalo sudah ketemu caranya, dijamin bikin ketagihan. He…

Mengingat Kakuro memiliki tujuan menghitung atau menambahkan sejumlah angka dalam satu baris vertikal ataupun horisontal, rupanya ada triknya juga agar langkah bisa jauh lebih mudah dilakukan. Apa itu ?
Simak Tips dari saya berikut ini.

Pertama, bisa diawali dengan mengisi dua kotak kosong untuk penjumlahan 3, 4 atau 17. Ketika ini sudah diisi dalam baris-baris awal, biasanya langkah selanjutnya bisa lebih mudah lantaran tinggal mengisi kotak yang ada disekelilingnya.
Kenapa harus 3, 4 atau 17 ?
Karena untuk menjumlahkan dan menghasilkan angka tersebut, kemungkinannya hanya ada 1, yaitu 1+2=3 ; 1+3=4; dan 8+9=17. Tinggal membolakbalikkan penempatan untuk mendapatkan solusi angka di kotak kosong lainnya.
Kemungkinan hanya ada 1 mengingat kemungkinan penjumlahan angka lainnya nyaris tidak mungkin menggunakan angka 1-9, berhubung aturan lainnya adalah tidak memperbolehkan angka yang sama dalam baris dimaksud. Paham ?
Untuk mendapatkan Hasil 4, kemungkinan lainnya adalah 2+2, berarti ya dijamin salah.
Untuk mendapatkan Hasil 17, kemungkinan lainnya adalah 7+10, 6+11 dan seterusnya yang berarti dijamin salah.

Kedua, begitu mengisi dua kotak kotak kosong dengan pilihan terbatas diatas, bisa dilanjutkan ke pilihan satu kotak kosong disekitarnya untuk memudahkan pengisian dengan menghitung penjumlahan yang ada. Apabila tidak ada opsi ini, bisa juga dilanjutkan dengan pengisian dua kotak kosong selanjutnya dengan mengurangi terlebih dahulu isian yang ada sebelumnya. Lanjutkan hingga menemukan kotak kosong yang sekiranya lebih mudah.

Ketiga, mengingat tidak adanya angka yang diisi sedari awal permainan, perlu mengingat angka awal yang diisi pada Tips Pertama yang jika langkah pengisian dirasa salah, bisa diperbaiki ulang dengan menukar tempat dua angka tersebut. Lalu lanjutkan kembali ke langkah berikutnya sesuai Tips diatas.

Terakhir, mengingat Kakuro membutuhkan pemikiran yang logis untuk memainkan penempatan angka dalam kotak-kotak kosong yang ada, ada baiknya dilakukan pada waktu senggang atau pikiran lagi santai. Jangan harap bisa mengisi Kakuro di tengah keramaian bagi kalian yang masih awam. Adanya malah stress dan marah-marah karena kebingungan saat mengisi kotak. He…

Leave a Reply
*