Menu
Categories
Berbagi Tips Memilih Mobil Keluarga
January 9, 2017 tentang Opini

Sebenarnya sih secara pengetahuan, saya nda worthed sampe nekad berbagi Tips Memilih Mobil Keluarga, apalagi secara topik rasanya apa yang tersaji selama ini di blog www.pandebaik.com rasanya nda jauh jauh dari persoalan ponsel dan kerjaan.
Tapi berhubung kemarin itu agak tergelitik dengan share infonya mas @hariadhi tentang Toyota Calya dalam aksi Nebeng Jakarta – Bandung, ya jadi pengen juga berbagi Tips tapi dari sudut pandang saya pribadi loh ya, bukan menurutnya Pakar. He…

Memilih Mobil Keluarga tuh sebenerna ya nda susah-susah amat kok.
Sudah banyak pilihan merek dan jenisnya.
Tinggal menentukan Budget saja. dan Kebutuhan keknya.

Soal bentukan, ya sudah pasti Mobil Niaga.
Itu kalo menurut saya, mobil untuk keluarga dalam arti yang sebenarnya. Bisa nampung isi keluarga kecil, ayah, ibu dan dua anak cukup, plus kakek nenek, minimalnya.
Selebihnya kalopun diberi rejeki nambah satu anak lagi, keknya masih cukup. 7 seat lah.
Akan beda kalo yang tujuannya cuma menampung keluarga kecil, mending pilih yang pas empat seat. City Car kalo kata orang.
Akan lebih beda lagi kalo misalkan antara sang ayah dengan ibu, merupakan dua tulang punggung yang secara wilayah kerja macam medan magnet utara dan selatan. Jauh, ya butuh dua kendaraan minimalnya.
Efeknya tentu lebih boros di pemeliharaan, juga bayar pajaknya. Tapi secara efisiensi waktu, jauh lebih baik ketimbang memiliki satu kendaraan untuk berdua. Antar si Ibu dulu baru ke tempat kerja Bapak, begitu pula pas jam pulangnya. Juga sebaliknya.
Tapi kalo seumpama hanya punya satu tulang punggung keluarga atau punya tempat kerja yang searah, punya satu Mobil berjenis Niaga, keknya sudah pas mantap.

Itu kalo dari segi kebutuhan loh ya.
Sedang kalo bicara dari segi budget, ya bisa pilih Model LCGC yang murah meriah baik 4 ataupun 7 seat saya yakin sudah ada banyak pilihan, atau kalo mau yang golongan menengah kisaran persaingan Mobil Sejuta Umat pun monggo.
Kurang lebih ada pilihan dari Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda hingga Mitsubishi dan Nissan.
Sedang yang Low Cost tadi ada juga pilihan tambahan dari Datsun.
Begitu juga untuk pilihan di menengah ke atas mah keknya jauh lebih banyak pilihan, dengan pertimbangan tambahan berupa konsumsi bahan bakar yang tentu lebih besar, setara tenaga, kapasitas mesin dan tentu saja kenyamanan berkendara, pula persoalan besaran pajak dan spare part.
Kalo mau aman ya mainnya di LCGC atau yang masuk kategori Sejuta Umat. Cuma ya persoalan gengsi musti bisa dikesampingkan lah semampunya.

Lalu Tips Tambahan di luar Kebutuhan dan Budget, keknya ya persoalan ketersediaan spare part dan model variasinya, bisa dipertimbangkan lebih lanjut.
Punya model kendaraan yang langka dan ndak banyak dimiliki orang sih sah-sah saja. Itu kalo soal isi dompet sudah bukan masalah besar. Tapi kalo kalian masih mencoba menawar harga jual, keknya yang diatas boleh jadi salah satu faktor yang dipertimbangkan.
Bisa melalui komunitas atau perkumpulan, atau forum dunia maya.

Jadi ya keknya cukup segitu aja Tips dari saya soal Memilih Mobil untuk Keluarga.
Kalo mau yang lebih detail soal jenis mesin, penggerak roda ataupun kecepatan, bisa cari di majalah ternama ataupun halaman lain dunia maya ya.

"1" Comment
  1. Lho, kok bisa pas ya, saya juga lagi nulis tentang mobil.

    Menurut saya, kalau dana terbatas sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan bli. Misalnya kalau untuk keluarga kecil, menurut saya cukup cari yang 5 seat, ya kelas city car lah, daripada memaksakan beli yang 7 seat tapi dapatnya tahun yang lebih tua.

    Oya, ditentukan juga, mau beli yang baru atau boleh yang bekas. Kalau yang bekas, misalnya dengan dana 100 juta, kalau perlu untuk keluarga kecil, bisa pilih city car yang LCGC aja, misalnya Agya/Ayla/Brio Satya/Karimun Wagon.

    Tapi kalau perlu yang 7 seat (MPV), dengan 100 juta juga bisa, kalau mau yang tahun paling muda bisa pilih Xenia, atau yang sejuta umat seperti Avanza dengan konsekuensi dapat tahun yang lebih tua.

    Nah kalau budget lebih banyak, barulah mungkin bisa pilih model SUV, mulai dari low SUV seperti Terios/Rush atau SUV 2000cc keatas seperti CRV, Vitara dan lain2.

    Intinya, kembali ke kebutuhan. Kalau saya sih biasanya cari aman dan juga memikirkan harga jual kembali, ya bukan apa2, kalo bisa sih yang harga jual kembalinya tidak terlalu jatuh.

    Lho, kok jadi ngeblog disini ya saya, hahaha
    Made Wirautama┬┤s last blog post ..Cara Berkenalan Dalam Bahasa Bali

    [Reply]

Leave a Reply
*