Berbagi Pengalaman menggunakan Internet Volume SmartFren 4G LTE

Category : tentang TeKnoLoGi

Pertengahan Mei lalu merupakan momentum akhir kisah paket True Unlimited 4G LTE milik SmartFren yang selama kurun waktu 6 bulan terakhir menjadi berkah bagi banyak perangkat, termasuk 9 diantaranya milik pribadi.
Semua mendadak UptoDate. Utamanya dari segi pembaharuan aplikasi juga konten unduhan yang sangat sangat beragam.
Namun sebagaimana cerita yang lain, kisah menarik selalu ada akhirnya.
Dan berikut adalah percobaan untuk menemukan paket internet yang pas untuk pilihan budget terbatas.

Dari sekian banyak penawaran yang diberikan pada aplikasi My SmartFren, untuk pertama kalinya saya pun mencoba menggunakan Paket Internet Volume dengan harga 60ribu sebulan, yang memberikan keleluasaan kuota sebesar 2 GB serta tambahan jam kalong hingga pukul 08.59 WIB sebesar 12 GB.
Itu saja.

Terbiasa dengan kepemilikan kuota besar tentu kemudian menjadi kendala. Utamanya saat jam kerja dimulai hingga berakhir di tempat tidur malam harinya. Nyaris bonus kuota di jam kalong tidak mampu dimanfaatkan dengan optimal.
Hingga di awal bulan Juni kemarin, strategi penggunaan data pun diubah.

Untuk penggunaan sosial media dan chat juga email, saya memilih memanfaatkan kuota utama yang sebesar 2 GB. Habis jelang akhir paket, tepatnya seminggu sebelum masa berlaku paket. Sedangkan opsi pembaharuan aplikasi, games, dan unduhan filem, musik ataupun majalah digital, saya lakukan begitu bangun dari tidur sekitar pukul 5 pagi hingga sesaat begitu sampai di meja kantor.

Hasilnya efektif.

Semua paket data bisa dimanfaatkan dengan baik, meskipun beberapa hari terakhir sebelum masa paket habis, lebih sering maksa untuk download filem di halaman layarkaca21.tv. Saking maksanya, sampe bingung mau unduh yang mana. Hehehe…
Berhubung yang dipilih lebih banyak resolusi rendah, 320p dan 480p yang memiliki ukuran hingga 700 MB per file, cukup banyak tangkapan yang kemudian bisa dikoleksi.

Bersyukur juga kalo disela semua aktifitas penggunaan internet miliknya SmartFren, dibackup penuh oleh paket data Axis Pro Basic Unlimited dengan FUP 2 GB seharga 49ribu. Nyaris tak ada aktifitas yang terlewatkan termasuk upaya menuliskan pengalaman macam ini.

Nah, sebulan pertama telah usai.
Mau tahu paket data milik SmartFren 4G LTE yang saya gunakan berikutnya ?
Apakah masih sama, atau berbeda ?
Simak di tulisan mendatang.

Post a comment

CommentLuv badge