Menu
Categories
Uji SpeedTest dan Download empat Jaringan iNet
June 8, 2016 tentang TeKnoLoGi

Secara kebetulan ada empat Jaringan internet yang digunakan di rumah Nangka, terpantau dari informasi sementara diantaranya,
1. IndiHome milik Telkom yang terpasang 24 Jam pada telepon rumah dengan tarif Rp. 80.000 sebulannya,
2. Axis yang diakuisisi oleh XL beberapa waktu lalu berada di ponsel utama Samsung Galaxy Note 3 lewat paket Axis ProUnlimited 2 GBnya yang Rp. 49.000 sebulan, trus ada
3. SmartFren dengan paket Internet Volume 2 GB seharga Rp. 60.000 dan
4. Tri lewat paket 5 GB yang seharga Rp. 125.000, paling besar sejauh ini.

Iseng melakukan uji kecepatan jaringan menggunakan aplikasi Speedtest dan uji Download video musik official miliknya Guns N Roses melalui aplikasi TubeMate. Mau tahu hasilnya sejauh ini ?
Berikut screenshotnya :

1. Jaringan IndiHome terpantau oke. Kecepatan Download pada Hasil yang dipetakan oleh SpeedTest mencapai 14,80 MBps sedang Upload 1,92 MBps dan Kecepatan Download videonya sekitar 14,1 MBps. Lumayan Konsisten kelihatannya.

IndiHome PanDe Baik5

2. Jaringan Axis terpantau hampir setengahnya, atau sekitar 7,40 MBps untuk Download dan 0,19 MBps untuk Upload. Kecepatan Download video melalui aplikasi TubeMate nya ternyata sedikit lebih tinggi, sekitar 7,7 MBps.

Axis XL PanDeBaik 9

3. SmartFren hadir lewat jaringan 4G LTE nya yang menyajikan kecepatan paling tinggi diantara keempat operator yang di uji coba yaitu 29,90 MBps untuk Download dan 3,43 MBps untuk Upload. Sedangkan Kecepatan Download videonya mencapai 133 MBps yang melahap November Rain dalam hitungan 2 detik saja. Kaget ?
Pasti…

SmartFren PanDe Baik 6

4. Sayangnya untuk Tri Indonesia, yang meskipun sudah mencoba paket besar senilai Rp. 125.000 untuk kuota data 5 GB, kecepatan yang didapat dari hasil pengujian, merupakan yang terendah dari semuanya yaitu sebesar 1,03 MBps untuk Download dan 1,98 MBps untuk Upload. Eh, ndak kebalik tuh ?
Dan untuk kecepatan Download video musiknya hanya kisaran 128 KBps. Sangat Mengecewakan tentu saja.

Tri PanDe Baik 1

Dari keempat hasil pengujian diatas, ada sisi positif dan negatifnya sih ya kalo mau lebih dicermati.
Artinya meskipun kecepatan Download dan Uploadnya tergolong tinggi saat diuji dengan menggunakan aplikasi SpeedTest maupun TubeMate, tapi kalo kuotanya kecil, rasanya gak bakalan terasa dan gak bakalan cukup buat bekal sebulan.
Sebaliknya, dengan kecepatan yang paling rendah bahkan mungkin kelak membutuhkan tingkat kesabaran yang paling tinggi, apalagi dengan kuota yang luas, sepertinya usia paket bakalan puanjang bahkan bisa jadi ndak habis tergunakan hingga akhir bulan tiba.

Nah, mau pilih yang mana, tentu ya terserah kalian yang punya keputusan. Meski ada dua operator raksasa lainnya yang belum diikutkan disini kali ini.

Tapi kalau untuk sekedar perbandingan, saya rasa sudah lebih dari cukup deh.
Menurut kalian ?

"2" Comments
  1. Itu yg smartfren, bli alat ujinya pake apa? Modem USB? Jam ujinya jam berapa? Suksma

    [Reply]

    pande Reply:

    Semuanya pake Ponsel bli. kecuali IndiHome, pake Tethering Router.
    Jam uji dari 17.00 Wita. 29 Mei lalu…
    Hasil Uji, saya posting di akun IG pula, langsung pas itu

    [Reply]

Leave a Reply
*