Menu
Categories
Tips Tambahan untuk Kawan Blogger
July 22, 2015 tentang iLMu tamBahan

Menjalani rutinitas menulis selama 9 tahun lamanya sejak 2006 silam serta menghasilkan 2.400an tulisan yang terpublish di halaman ini, memberikan banyak manfaat dalam kehidupan baik secara pribadi berkeluarga maupun dalam peran sebagai abdi negara dan masyarakat. Demikian halnya dengan aktifitas menulisi Blog itu sendiri.

NgeBlog itu Mudah, itu pendapat saya. Namun kemudahan tadi tak lepas dari tema yang diambil untuk halaman blog pribadi ini. All in One, istilah yang digunakan untuk memperkenalkannya. Diantara ratusan tulisan, belakangan malah dikenal akibat oprekan Androidnya yang tertuang pada kategori Teknologi.

Namun bisa jadi ngeBlog itu susah bagi kalian Kawan Blogger yang merasa mentok akibat ide atau keraguan hati untuk menuangkannya dalam kalimat dan cerita. Maka ijinkanlah saya kembali berbagi Tips kecil dari www.pandebaik.com untuk memotivasi dan menumbuhkan kembali semangat menulis kalian pada blog masing-masing, dengan harapan yang sama, bahwa manfaat dalam bentuk apapun itu, bisa pula menghampiri kalian.

Blog PanDe Baik 7

Pertama, rajinlah melihat, membaca, mengamati dan kalau bisa Terjun langsung. Melihat lingkungan sekitar yang dilalui sepanjang perjalanan tidak ada salahnya dilakukan, dengan memperlambat kendaraan, bahkan mencoba kepedulian pada hal-hal kecil sekalipun. Rajin membaca belasan referensi baik untuk mendukung ide akan sebuah tulisan ataupun menerjemahkan ide ke dalam tulisan, dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan kejenuhan akan apa yang sudah pernah dilakukan. Rajin mengamati, tentu dibutuhkan untuk memberikan detail gambaran yang lebih dalam utamanya jika dilihat dari sudut pandang yang diinginkan. dan aktifitas untuk terjun secara langsung, memberikan banyak penuangan ide akan satu kegiatan yang sama. Apakah berkaitan dengan apa dan bagaimananya, mengapa dilakukan, sejauh mana ruang lingkupnya, manfaat hingga siapa saja yang pernah terlibat ?

Kedua, jangan segan untuk mencoba Hal Baru. Rutinitas yang monoton dapat menumpulkan pikiran meskipun secara kenyamanan cenderung malas untuk dilepaskan. Namun mencoba Hal Baru amat sangat dianjurkan utamanya bagi kalian yang belum bisa Move On hingga hari ini. Tentu dikaitkan dalam konteks menulis. Mencoba hal baru bisa berupa keluar dari pakem yang ada seperti misalkan aksi untuk men-deactivate akun FaceBook kemarin itu. Ternyata ada banyak hal yang bisa diungkap sebagai alasan maupun pasca aksi dilakukan. Bahkan jika dikulik lebih jauh ada banyak manfaat yang bisa dikembangkan diantaranya ya keinginan untuk menuliskan kembali Blog yang sudah mulai terabaikan.

Ketiga, Catat dan Catat. Apapun itu, dimanapun itu. Jika berkaitan dengan ide tulisan, kumpulkan di satu tempat atau buatkan secara terpisah apabila kondisi tidak memungkinkan. Pencatatan ini tentu tak lepas dari terbatasnya memori kemampuan mengingat pada manusia, sehingga catatan inilah yang nanti dapat dikembangkan untuk menerjemahkan ide dalam bentuk tulisan.

Dengan tercetusnya ide tulisan, maka tips keempat adalah kembangkan sudut pandang. Rata-rata media mainstream melihat satu masalah dari sudut pandang yang sama. Itu sebabnya berita ataupun cerita yang diungkap ke permukaan cenderung sama pula, meski dibumbui sedikit tambahan yang ada. Cobalah mencari sudut pandang yang berbeda dari yang sudah ada. Dengan demikian, ada banyak hal yang dapat dituliskan kembali menurut pendapat pribadi.

Kelima, dengan pesatnya kemajuan teknologi, kuasailah beberapa diantaranya untuk mempermudah aktifitas. Dalam kurun empat tahun terakhir, blog www.pandebaik.com tak lagi dioperasikan melalui pc atau laptop. Teknologi mobile ponsel menyebabkan itu semua. Untuk menuliskan draft tulisan, bisa memanfaatkan aplikasi Memo ataupun Evernote. Untuk mempublikasi bisa memanfaatkan Browser bagi mereka yang menggunakan self hosted, berhubung domain pribadi tak lagi didukung dengan baik oleh aplikasi blog yang ada. Untuk mengambil gambar ada Kamera, editing dengan banyak alternatif aplikasi dan resize pun bisa dilakukan. Jika memerlukan video ataupun audio, bisa menggunakan editing dan recordingnya. Jangan menyerah pada keadaan, upayakan maksimal yang bisa dilakukan tanpa harus menunggu mood menulis atau konsentrasi di depan pc atau laptop.

Keenam, manfaatkan Sosial Media. Facebook, Twitter, Path dan lainnya tersedia untuk memperluas jaringan kawan sekaligus informasi yang kelak ingin dibagikan. Mengambil peran serta sosmed, selain menambah jumlah kunjungan yang masuk bisa juga dimanfaatkan untuk menggali ide baru dari tanggapan ataupun komentar yang ada.

Terakhir, Konsisten. Ini Tips yang paling susah menurut saya, karena tidak akan terlepas dari Motivasi ngeBlog itu sendiri. Secara pribadi, satu satunya Motivasi menulis yang dilakoni selama 9 tahun terakhir ini adalah pembayaran Domain dan Hosting pribadi di Bali Orange asuhannya mas Hendra. Dengan mengorbankan sejumlah besar pendapatan, rasanya eman kalo kemudian halaman itu dibiarkan tanpa ada yang mengisi dan mengelola. Maka dengan upaya yang semampunya, selalu berusaha untuk update. Dan pelan namun pasti, upaya itu berubah istilah menjadi Konsisten. Jadi berbanggalah jika kalian mampu mewujudkannya. Tidak mudah memang.

Nah, itu Tujuh Tips Tambahan yang dapat saya bagikan pada kalian kawan Blogger, dengan harapan sebentar, nanti atau esok hari, semangat menulis itu tumbuh kembali. Dan jangan lupa mampir kemari apabila tulisan di blog kalian sudah bertambah satu persatu. Tinggalkan jejak kalian disini, agar saya tahu bahwa semangat ngeBlog itu ternyata tak pernah mati.

Leave a Reply
*