Mengelola Blog, Mudah atau Susah ?

Menyambung soal pemahaman Blog, ngeBlog dan Blogger di tulisan sebelumnya, sebetulnya ada satu pertanyaan umum yang biasanya hinggap di kepala kita, calon Blogger, Blogger Pemula atau bahkan yang sudah masuk tingkatan menengah. Yaitu, Mengelola Blog, Mudah atau Susah ?

Blog PanDe Baik 7

Mengelola Blog akan Mudah apabila kita sebagai pengelola sekaligus penulisnya, hanya berkutat pada esensi awal untuk apa blog itu diciptakan. Menulis untuk catatan pribadi, dengan tujuan untuk berbagi informasi ataupun menumpahkan unek unek, dan beraktifitas di kisaran topik, postingan, kategori, tags dan komentar.

Mengelola Blog akan menjadi Susah apabila aktifitas Menulis yang kita lakukan sudah mulai merambah ke ranah komersialisasi. Dengan tujuan mendapatkan income dan pendapatan secara berkala, menaikkan jumlah kunjungan, menganalisis halaman dan tujuan serta manfaat tambahan lainnya. Untuk aktifitas dalam posisi ini sudah mulai masuk ke Page Views, SEO atau Search Engine Optimation, Traffic, Analytics, adsense dan lainnya, yang membutuhkan banyak pembelajaran kembali serta pemahaman bahasa program yang digunakan.

Blog www.pandebaik.com sendiri saat ini masuk pada tahap Mudah, mengingat aktifitas yang dilakukan tak lagi mengejar Traffic, pendapatan iklan dan sejenisnya. Hanya lebih banyak Berbagi dan menulis untuk kepuasan pribadi saja.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *