Menu
Categories
Menyoal Protokoler pembacaan Sambutan Pejabat
October 30, 2014 tentang Opini

Dalam setiap agenda rapat ataupun kegiatan yang berskala besar untuk ukuran Kabupaten dimana para Peserta berasal dari lintas SKPD, salah satu tahapan protokoler yang harus dilalui adalah pembacaan Sambutan dari pejabat tinggi yang sedianya menghadiri dan membuka acara, baik oleh dirinya sendiri atau diwakilkan bawahannya. Yang sayangnya cenderung panjang dan membosankan.

Baiknya sih memang para pejabat sudah mulai memikirkan bagaimana cara membaca atau membuat sebuah draft Sambutan atau minimal Laporan panitia agar mampu mencuri perhatian bagi sebagian peserta, dan tidak membiarkan kondisi yang terjadi jadi mirip ngobrol sendiri di depan audiens.

Dibuat dalam bentuk presentasi apabila memungkinkan, disampaikan tanpa teks sehingga mirip improvisasi padahal sebelumnya sempat dihafalkan sedikit, bahkan kalaupun bisa ya interaktif. Tapi gag bakalan deh ya, mengingat ini protokoler resmi yang malah para pejabatnya merasa enggan kalo harus keluar dari pakem yang ada.

Atau kira kira kalian punya pendapat bagaimana tips yang bagus untuk hal macam ini ? Siapa tahu kelak saya bisa mengadopsinya. Hehehe…

Ini pe-er untuk masa depan kali ya…

Leave a Reply
*