Tips Ringan sebelum Install Ulang Windows PC

Category : tentang TeKnoLoGi

Kalau mau mengerjakan sendiri instalasi Windows sebenarnya gag susah susah amat kok. Asalkan kalian tahu bagaimana cara, langkah atau persiapannya agar proses aktifitas tidak tersendat terlalu lama nantinya. Yuk cari tahu apa aja.

Pertama, tentu saja Backup. Baik daftar file dokumen, foto, video dan lainnya ke dalam bentuk cakram DVD ataupun copy ke Harddisk Eksternal. Ini untuk menjaga kemungkinan kehilangan file saat proses instalasi dilakukan. Utamakan file atau dokumen yang berada dalam folder Documents/Library drive utama. Karena didalam folder inilah yang kelak akan dibersihkan habis tanpa kecuali.

Kedua, persiapkan Driver perangkat. Baik milik PC atau Laptop, maupun Driver lain seperti Printer, Scanner bahkan Modem. Semua ini bakalan dibutuhkan saat sistem operasi tidak mampu mememukannya via online saat instalasi selesai dilakukan. Bisa dilakukan dengan mencari tahu lewat Google terkait seri perangkat atau diperiksa satu persatu pada jeroan yang ada didalam perangkat.

Ketiga, Siapkan Aplikasi ataupun software pendukung selain Installer utama sistem operasi Windowsnya. Saran saya disini sih seperlunya saja. Minimal ada Office, AntiVirus, photo Editor, kompresi dan aplikasi yang mendukung aktifitas masing-masing. Kalopun ada tambahan, bisa dilakukan sambil jalan.

Keempat, sisihkan Waktu. Proses instalasi biasanya berlangsung nyaris 1 jam untuk sistem operasi dan sisanya setengah jam rasanya cukup. Kalopun mau ditinggal pergi atau tidur, tancapkan kabel daya ke perangkat untuk mencegah perangkat kehabisan daya di tengah jalan. Proses bisa dipantau secara berkala jika dibutuhkan.

Kelima, Koneksi Internet. Khusus langkah terakhir ini sebenarnya opsional alias gag wajib. Koneksi dibutuhkan biasanya untuk melakukan aktivasi atau registrasi, ataupun update sistem yang dilakukan usai proses instalasi selesai. Bisa juga untuk mencari driver perangkat jika tak ditemukan saat instalasi. Kalopun gag ada ya gag masalah sebetulnya.

Nah, kira kira itu saja sih yang bisa dijadikan catatan kalau kalian mau mengusahakan proses instalasi sistem operasi Windows pada PC milik sendiri. Mudah bukan ?

Post a comment

CommentLuv badge