8 Tahun dan 2233 Posting

Hari ini genap sewindu sudah status blogger disandang. Itupun jika boleh disebut begitu.

Terhitung sejak 26 Mei 2006 lalu, blog PanDeBaik mulai berkiprah di dunia maya lewat halaman gratisan milik blogspot -pandebaik.blogspot.com- atas bimbingan tutor pelatihan dari Stikom Surabaya Pak Erwin Sutomo saat diklat yang diselenggarakan oleh Pemkot Denpasar di gedung Walikota, jalan Gajah Mada.

Berselang dua tahun, halaman tersebut berubah menjadi pandeividuality.net setelah diberi kesempatan menggunakan domain sendiri di rakhahost, salah satu sponsor saat pendirian komunitas Bali Blogger di halaman belakang galeri milik Arsitek Popo Danes, jalan Hayam Wuruk Tanjung Bungkak. Disitu pula saya berkenalan dengan banyak blogger tenar dan kini masih melegenda. Anton Muhajir dari Rumah Tulisan, Dokter Cock dari Blog Dokter, Dokter Oka Negara, BrokenCode, Putu Adi dari Radiografer dot net, Wirautama lewat imadewira.net atau Hendra W Saputro dari Bali Orange. Masih banyak juga yang gag saya sebut, tapi rata-rata bisa di cek lewat halaman BlogRoll.

Saya sendiri lupa kapan tepatnya halaman ini beralih nama menjadi pandebaik.com akan tetapi kalopun mau ditelusuri ya pasti nemu catatannya di halaman ini. Dan saat perpindahan inilah, revolusi terjadi.

Saya gag akan ceritakan lagi bagaimana kronologisnya, namun sisi positif yang bisa diambil atas perubahan yang terjadi adalah fokus selesai kuliah, berkenalan dengan Android dan menulis di Koran Tokoh. Maka itu saya gag pernah menyesalinya.

Seperti yang sudah-sudah pun, salah satu yang kemudian patut saya syukuri pula adalah mampu menuangkan isi pikiran dalam sekali waktu tanpa jeda untuk kemudian dijadikan satu draft tulisan atau posting dan dipublikasi di kemudian hari. Mengalir begitu saja. Satu hal yang kalo boleh saya katakan, sangat sulit dimiliki oleh setiap blogger, terutama yang masih tergolong baru.

BLoG PanDeBaik

Dari 8 tahun perjalanan ini, saya mendapati sekitar 2.233 posting terlahir hingga kini, dan sekitar 9.093 komen yang mampir dan terpublikasi. Satu hal fantastis jika dilihat secara kuantitas.

Tapi saya yakin, kalo dilihat dari sisi sebaliknya yaitu kualitas, barangkali hanya 10 persen nya saja yang bisa bermanfaat bagi kalian, para pengunjung setia yang mampir kesini. Selebihnya hanyalah curhatan gag penting yang barangkali gag berguna untuk diresapi. Jadi ya gag usah kaget gitu lah…

Sewindu atau 8 tahun konsisten menulis itulah yang paling penting untuk diingat saat ini. Bahwa sangat sulit untuk bisa menjaga spirit menulis seperti itu. Kalo dulu hampir setiap hari disempatkan buat menulis yang berakibat pada kualitas tulisan ngalor ngidul gag jelas, mulai bergeser menjadi 2 hari sekali dan kini hampir 3-5 hari sekali untuk satu tulisan. Semua itu sebagai dampak dari kesibukan yang ada.

Okelah, gag usah panjang lebar lagi. Selamat untuk 8 Tahun-nya dan semoga halaman ini bisa tetap eksis di dunia maya. Salam…

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

2 thoughts on “8 Tahun dan 2233 Posting

  • May 26, 2014 at 4:05 pm
    Permalink

    selamet dulu untuk Bli atau Pak Pande :)…
    semoga kedepeannya artikelnya semakin menarik, biar menarik pengunjung yang lebih banyak lagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *