Menu
Categories
Ponsel dan Perubahan -era PDA
May 16, 2014 tentang TeKnoLoGi

Honor pertama sebagai Direksi Teknis kegiatan perubahan wajah Puspem Badung ditambah Honor pertama kerja sambilan sebagai drafter, akhirnya mengantarkan saya pada era PDA Phone yang saat itu masih didominasi oleh OS Palm. Saya pribadi memilih OS Windows Mobile 2003 awal dalam rupa perangkat Black Market milik T Mobile seri MDA yang merupakan seri kembaran dari O2 XDA II yang rilis resmi di Indonesia.

Untuk kelas seorang PNS dan juga pengguna ponsel saat itu, kehadiran PDA baik dalam sesi rapat maupun hangout bersama teman, sangat mengundang perhatian mengingat bentukannya yang lebar dan besar plus layar sentuh ber-stylus merupakan hal aneh di tengah orang-orang yang masih ber-Nokia Minded.

Setidaknya beberapa mimpi di awal menjadi PNS sudah terwujud lewat Office Mobile yang mampu menyajikan beberapa file RAB, surat dan dokumen penting lain hingga gambar peta Jalan Kabupaten per kecamatan konversi format dari dwg (autoCad) menjadi pdf. Amat sangat membantu proses kerja dan survey lapangan saat itu.

PDA Phone PanDe Baik

Minusnya hanya satu. Daya tahan batere sangat rendah. Bahkan tidak dalam kondisi online. Dimana efek pertama yang dirasakan jika batere sampe habis di titik Nol persen adalah… Hard Reset alias menghilangkan semua Data yang ada dalam Internal Memory termasuk Kontak, SmS dan dokumen baru yang secara default tersimpan di folder system.

Saat-saat inilah hampir semua daya upaya dan koneksi internet dikeluarkan demi memecahkan masalah dan persoalan tadi.

Pertama, melakukan backup dokumen dan aplikasi serta games penting di eksternal memory, Kedua melakukan Sinkronisasi Daftar Kontak untuk memulihkan kondisi awal dalam satu kali klik, tidak disimpan satu persatu, dan ketiga penataan ulang User Interface depan untuk memudahkan penggunaan.

Selain itu, sayapun mulai berkenalan dengan teknologi internet dan mobile email.

Era PDA sempat terputus gara-gara ponsel dengan terpaksa dijual sebagai bekal tambahan pernikahan kedua *uhuk dan berpindah kembali ke Nokia 6275i cdma, baru berlanjut kembali saat mendapatkan second hand O2 Atom milik blogger tenar WiraUtama dan Audiovox PPC 6700 cdma dari seorang kawan kuliah pasca sarjana.

"1" Comment
  1. Jadi inget O2 yang dulu dilego ke bli pande, hehe
    imadewira┬┤s last blog post ..Modus Penipuan : Mengaku Polisi Menawarkan Lelang Kendaraan

    [Reply]

Leave a Reply
*