Digitalisasi Majalah Gadget

Category : tentang KeseHaRian, tentang TeKnoLoGi

Berawal dari makin penuhnya isi almari pojok ruang tamu yang dijejali berbagai macam buku, terbersit niatan untuk mendokumentasikannya kembali seperti yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Jika dulu masih mampu secara rutin melakukan aktifitas ini dan merangkumnya sesuai tema kedalam sebuah map berwarna khusus, kini rasanya sudah gag mungkin lagi mengingat waktu luang yang ada kian menipis.

Efisien waktu dan tempat. Cuma itu yang terlintas di kepala. Maka jadilah satu persatu halaman dari majalah dan tabloid gadget, prioritas pertama yang harus dibersihkan keberadaannya dari almari, diabadikan dalam bentuk gambar melalui kamera ponsel Samsung Galaxy Note 3 dan menyimpannya sementara dalam eksternal storage.

Hasilnya lumayan. Beberapa Tips yang sekiranya penting untuk dipelajari, diingat dan diujicobakan, berjajar dengan materi Review atau isu hangat yang rutin diperbincangkan dalam setiap edisinya.

Rencananya kalopun nanti ada waktu luang lagi pasca proyek Digitalisasi ini, semua gambar akan dipilah berdasarkan kategori masing-masing seperti pembagian menurut map berwarna tadi. Hal ini tentu saja akan memakan jauh lebih sedikit tempat -cukup disimpan dalam hard disk eksternal atau keping dvd- dan sedikit waktu, lantaran tinggal jepret dan simpan. Tidak perlu lagi merobek halaman dan mem-filekannya.

Tips Digitalisasi panDeBaik

Aktifitas ini hanya membutuhkan sedikit kesabaran untuk bisa menghasilkan gambar (baca: teks) yang bagus, agar nantinya dapat dinikmati saat senggang. Baik dilakukan saat siang hari (di ruang yang terang), atau malam (dengan tambahan lampu flash).

Saat melakukannya, ada banyak ide yang kemudian muncul untuk sekedar dijadikan bahan sharing lewat jejaring sosial bahkan menjadi sebuah tulisan khusus. Bagaimana hasilnya, lihat nanti saja…

Post a comment

CommentLuv badge