Menu
Categories
Perpanjangan SIM lewat #simkeliling
April 12, 2014 tentang KeseHaRian

Iseng memperpanjang ijin mengemudi SIM C lewat #simkeliling Polres Badung yang hari ini mangkal di Lapangan Perumahan Dalung Permai.

Awalnya sih berharap bahwa pengajuan melalui #simkeliling bisa lebih cepat… tapi apa daya yang antre sudah 30-an pemohon. Ya tanggung… kepalang basah…

Untuk kontak #simkeliling bisa hunting di nomor 081934363494 dengan jadwal :
– Senin di depan SPBU Sempidi,
– Selasa di Jembatan Sibang Darmasaba,
– Rabu di jalan Raya Marlboro Barat,
– Kamis di sebelah timur Tiara Gatsu dan…
– Jumat (ya) Lapangan Perumahan Dalung Permai.
Walaupun #simkeliling ini dari Polres Badung, namun lingkup layanan yang saya tahu sih mencakup Kota Denpasar juga.

Sayangnya, meski sudah berada di lokasi sekitar pk.8.00, hingga lewat 45 menit #simkeliling belum juga berOperasi. Infonya masih menunggu kedatangan satu petugas lagi dan menunggu agar mesin pembuat #simkeliling siap digunakan. *masih dipanaskan

Dibandingkan dengan Proses yang dilakukan di Poltabes jalan Gunung Sanghyang, saya yakin disitu bisa jauh lebih cepat proses dan waktunya (lihat di tulisan saya terdahulu). Hanya dengan pola yang dilakukan #simkeliling bisa jemput bola tanpa jauh bagi pemohon untuk mencapai akses ke Poltabes.

Persyaratan registrasi #simkeliling hanya membutuhkan fotokopi KTP/Kipem dan SIM yang akan diperpanjang, sebanyak 2 lembar, yg kalau pemohon belum menyiapkannya, di dekat mobil #simkeliling ada Ibu Agung yang siap membantu dengan biaya 5rb utk fotokopi 2 lembar tsb *uhuk

Proses selanjutnya, pemohon tinggal menunggu giliran panggilan via TOA, membuka alas kaki dan masuk ke unit #simkeliling utk menyelesaikan proses. Nilai yang dibayarkan untuk satu SIM C kalo gag salah ingat sekitar 160ribu sedang SIM A mencapai 180ribu. Tadi kebetulan ada salah satu pemohon yang mengajukan dua-duanya.

Untuk satu orang pemohon #simkeliling sepertinya perlu waktu sekitar 15-20 menitan dari masuk unit hingga SIM selesai. Jadi kira-kira dapetnya ya… tinggal dikalikan jumlah antreannya saja.

Untuk menunggu panggilan #simkeliling pemohon diberikan satu tempat duduk panjang dengan kapasitas 5 orang dan lainnya berada di sekeliling unit. Jikapun pemohon mau jauh-jauh dari unit #simkeliling sepertinya sih gag disarankan karena suara TOA kalah jauh dengan mesin Diesel yang ada disebelah unit.

Pemohon #simkeliling sudah mencapai antrean 50-an orang ,saudara-saudara… saya dapatnya kapan yah… *asyik twitteran

Akhirnya setelah menunggu sekitar 1,5 jam di sekitar area #simkeliling panggilan itu datang dan SIM C selesai hanya dalam hitungan menit. Sedikit Lebih cepat dari yang terpantau sejak tadi. Itupun dengan hasil foto yang mirip dengan pengaturan Econo Fast pada printer-printer jadul, jadi ada beberapa garis putih yang tampak dengan jelas.

Ruangan atau lebih tepat jika disebut bilik pembuatan #simkeliling benar-benar memanfaatkan betul space kosong yang ada dalam kendaraan. Setidaknya cukup untuk 4 (empat) orang disela meja dan peralatan #simkeliling.

Satu orang di belakang pak sopir mengerjakan form administrasi pemohon, satu orang berada di sebelah pintu masuk menghadap lubang sebagai loket penerimaan dan panggilan, satu orang lagi berada di sisi seberang bagian belakang menghadap komputer yang dikelilingi dengan alat pembuatan #simkeliling. Lengkap dengan mesin cetak cadangan yang dapat digunakan apabila alat lainnya sudah mengalami overheat demi mencegah kerusakan. Sedang orang keempat yaitu pemohon sendiri, berada di tengah-tengahnya. Duduk sambil difoto, sambil ditanya-tanya identitas dan melakukan pembayaran sekaligus. Sangat efisien.

Pelayanan jasa #simkeliling ini memang ramai diminati masyarakat, terbukti dari jadwal mangkal keliling mereka, lumayan banyak yang meng-antre sejak pagi kedatangan hingga selesai sore harinya. Hanya saja, lingkup wilayah yang dilayani memang harus ditambah, tentu dengan memperbanyak armada dan personil yang terlibat. Utamanya yang berada di pinggiran dan luar kota.

Terakhir, satu sisi positif tambahan yang bisa disampaikan untuk pelayanan jasa #simkeliling jika dibandingkan dengan pelayanan di Poltabes adalah… Tanpa Calo.

"5" Comments
  1. Nice post pak…
    Saya sering liat juga #simkeliling nongkrong di dharmasaba.
    Bagus sih tapi biaya fc nya bu agung rawan penyimpangan tu hehe…
    dewarama┬┤s last blog post ..Air Mancur Menari CaturMuka

    [Reply]

    pande Reply:

    yah… namanya juga usaha :p *ayo nulis lagi Pak Dewa…

    [Reply]

  2. Dua tahun lalu saya pernah coba sim keliling di Dalung, kondisinya tidak seperti sekarang, antrean saat itu hanya tiga orang saja (kalo segini bukan ngantree ya..), belum ada bu Agung, deket situ ada toko fotocopy…serba murah meriah..kalo ngak salah sim C 125.000 dan sim A 150.000 an, sim A saya dah lama mati sejak 2001 (waktu kecelakaan mobil di Ubung), terus saya tanya apa bisa memperpanjang sim A yang dah lama mati..”pak Pol hanya tanya masih ada sim nya ngak atau fotocopynya juga boleh nanti di chek di filenya”…selesai ngak sampai 10 menit. Ternyata peminatnya mbludakkkk sekarang yah…..

    [Reply]

    pande Reply:

    Tapi tambahan untuk tulisan diatas, barangkali bisa dicoba mencari perpanjangan SIM diatas pk.12 atau makan siang. Beberapa kali dipantau, peminatnya cukup menarik alias sedikit :p

    [Reply]

  3. Pelayanan SIM keliling ini sebenarnya sangat bagus dan memuaskan. Tapi masih ada sedikit kekurangannya yaitu jika SIM hasil perpanjangan di SIM keliling itu nanti hilang. Cerita lengkapnya sempat saya tulis di blog :

    http://imadewira.com/pelayanan-cetak-sim-hilang-di-poltabes-denpasar/
    Made Wirautama┬┤s last blog post ..Baliho dan Bendera Parpol, Seberapa Penting?

    [Reply]

Leave a Reply
*