Menu
Categories
Berburu Ponsel Android Best Buy Level Pemula
September 2, 2013 tentang TeKnoLoGi

Mumpung hasrat nulis lagi seger, setelah mendapat libur beberapa hari akhir pekan lalu, minggu ini saya turunkan tiga tulisan sekaligus yang menyasar pada perburuan ponsel Android di tiga level pemakai, Pemula, Menengah dan papan Atas. Mengingat bulan ini beberapa veendor sepertinya sudah melepas para jagoan mereka untuk bersanding satu sama lain memperebutkan kue penjualan di akhir tahun 2013.

Untuk Tulisan Pertama, saya turun di level Pemula terlebih dulu.

Pada level Pemula, persoalan harga saya pilah antara sejutaan hingga satu setengah juta rupiah. Di level ini biasanya para vendor terutamanya branded, menurunkan beberapa rilis versi murah milik mereka, dimana spesifikasi yang diandalkan masih mengadopsi besaran prosesor 800 MHz, 512 MB RAM dan 4 GB Internal Storage. Kalopun ada yang masih berada di bawah spek tersebut, mending segera singkirkan dari daftar deh.

Pilihan pertama dari Samsung sang pemimpin pasar, bisa diwakilkan oleh Samsung Galaxy Young seri S6310 yang dibanderol sekitar 1,2 juta. Kemampuannya termasuk lebih dari standar speek seperti yang saya sebut diatas tadi. Yaitu prosesor 1 GHz, 768 MB RAM. Sisanya, tergolong sama, pun demikian halnya dengan besaran dan resolusi layar.

Pilihan kedua yang bisa dilirik adalah Sony Xperia E yang mengadopsi kecepatan prosesor 1 GHz dan 512 MB RAM. Sedikit kelebihan yang bisa diandalkan oleh Sony pada seri ini adalah besaran daya batere 1.500 mAh, lumayan tahan untuk seharian, kurang tapi, serta dukungan kamera yang memang dikenal dengan fiturnya yang oke.

Sedang terakhir, pilihan berasal dari LG Optimus L3 II, dengan kekuatan yang setara perangkat milik Sony namun lebih terjangkau seperti halnya Samsung. Satu-satunya kelebihan yang dimiliki adalah adanya opsi dukungan Dual Sim yang berselisih harga sekitar 100ribuan dengan versi single.

Sebagai pilihan alternatif di rentang ini, terdapat nama dari vendor lokal seperti Lenovo A800 dan Acer Liquid Z120 dengan spesifikasi dan harga setara LG.

Lantas bagaimana dengan nama besar HTC ? sebagaimana yang diketahui sebelumnya, sangat jarang bisa ditemukan perangkat HTC yang diluncurkan dengan harga murah sejutaan, meski menyasar pangsa pasar level Pemula. Jadi untuk yang satu ini, boleh diabaikan, kecuali kalo mau berburu second hand yang rata-rata berasal dari generasi pendahulu.

"5" Comments
  1. Wah jadi bingung nih antara milih LG Optimus L3 II dan Acer Liquid Z120 spek hampir sama cuma harganya lebih murah acer untuk dual SIM, dan ada berita lagi kalau acer liquid Z3 akan segera di produksi… wah tambah bingung aja nih… kebetulan mau bliin adik Hape Android…. hehe minta sarannya dong pak pande…
    KREASI´s last blog post ..Mencoba Aplikasi TeamViewer 8

    [Reply]

    pande Reply:

    Kalo mau nunggu edisi berikutnya, bisa jadi LG juga bakalan melakukan itu. jadi gag ada habisnya deh… sama sama menarik hati biasanya. hehehe…
    Pilih yang sesuai kebutuhan saja, dan ditambah cek kemungkinan after sales nya. misalkan ketersediaan Service Centre di kota setempat

    [Reply]

  2. Untuk sekarang ini, rasanya keluaran Samsung paling enak untuk dibeli karena harganya bersaing dan pilihannya banyak. Dari segi merk, untuk golongan menengah ke bawah saya rasa Samsung yang paling dikenal untuk smartphone Android.
    Made Wirautama´s last blog post ..Ini Medan Bung!

    [Reply]

    pande Reply:

    mirip nokia di masa jaya

    [Reply]

  3. Minggu lalu saya ikut acara launching ponsel android terbaru acer di Jogja. Tapi bukan untuk level pemula sih… Acer Liquid S1 untuk level kelas atas. 🙂
    TONGKONANKU´s last blog post ..Pengalaman Beli Laptop Murah Core i3 di ELS Computer Jogja

    [Reply]

Leave a Reply
*