Menu
Categories
Pilih-Pilih Tablet untuk berTelepon (Layar 7”)
July 2, 2013 tentang TeKnoLoGi

Melanjutkan tulisan sebelumnya perihal Pilih-pilih perangkat Tablet yang mampu digunakan untuk bertelepon dan sms-an dengan perangkat komunikasi lainnya tanpa meninggalkan fungsi utama, mendukung pekerjaan bagi para penggunanya, berikut beberapa diantaranya.

Dengan ukuran layar 7 inchi, pengguna bisa melirik Samsung Galaxy Tab 7+. Ini merupakan perangkat berbasis Android yang hingga kini masih setia saya gunakan. Mengadopsi versi 3.2.1 Honeycomb sebagai OS Original bawaannya sejak pembelian terdahulu, yang secara bertahap sudah mendapatkan opsi UpGrade ke versi terkini, baik 4.0.1 Ice Cream Sandwich ataupun 4.1.1 Jelly Bean. Meskipun dalam versi terkini rasanya masih terdapat beberapa Bugs yang cukup mengganggu kebiasaan penggunanya, namun overall bisa dikatakan cukup memuaskan. Sayangnya, kini perangkat Samsung Galaxy Tab 7+ sudah tidak lagi dapat ditemukan stok barunya dipasaran, dan meskipun ada, bisa jadi itu merupakan stok lama dari Samsung.

Samsung Galaxy Tab 2 7.0, merupakan perangkat Tablet Android termurah milik Samsung yang masih dapat ditemui stok barunya dipasaran. Untuk versi yang mendukung voice, memiliki kode pengenal P3100 untuk pasar Indonesia, sedang sang adik P3110 yang dapat dimiliki dengan harga yang jauh lebih terjangkau, namun tidak didukung fungsi voice call atau sms layaknya P3100. Perbedaan yang paling mendasar dari seri P3100 dengan P6200 Galaxy Tab 7+ adalah soal kecepatan dan jenis prosesor yang digunakan. Pun secara dimensi sedikit lebih tebal ketimbang saudaranya tersebut. Datang dengan OS Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich dan baru saja sebulan terakhir mendapatkan opsi upgrade ke versi 4.1.2 Jelly Bean.

SpeedUp Pad Pro. Dilihat dari nama brand yang diusung, barangkali mereka yang pernah berkenalan dengan perangkat modem di era 2007/2008 sudah lebih dulu tahu. Pad Pro, salah satu dari dua alternatif yang dirilis oleh SpeedUp, merupakan perangkat tablet Android termurah di segmen layar 7 inchi, yang mengusung prosesor singlecore 1,4 GHz dan Memory RAM 512 MB (standar perangkat Android murah), plus internal storage 8 GB (shared). Dibandingkan dengan resolusi layar dua punggawa besutan Samsung, layar yang dimiliki oleh SpeedUp Pad Pro sedikit lebih kecil namun sudah mengadopsi jenis kapatitif multitouch.

SpeedUp Pad S1. Berbeda dengan seri Pad Pro yang sudah mengusung Android 4.0 Ice Cream Sandwich, Pad S1 rupanya masih mengusung Android versi lawas 2.3 GingerBread. Meski demikian, dengan harga jual yang sedikit lebih mahal, jenis prosesor yang digunakan sudah jauh lebih baik yaitu Dual Core 1,4 GHz serta penggunaan layar Super Amoled yang mampu memberikan tampilan jauh lebih jernih ketimbang kembarannya tersebut.

Terakhir ada TiPhone TiPad Justin, yang memiliki spek terendah diantara semua alternatif diatas, namun dengan harga jual,yang setara dengan SpeedUp Pad S1. Untuk yang satu ini, meski sama-sama memiliki kemampuan untuk bertelepon dan sms, bukanlah merupakan rekomendasi yang bagus mengingat besaran internal storage yang ada hanya mensupport 4 GB saja.

Nah, jika untuk ukuran layar 7 inchi, kita sudah mendapatkan 5 alternatif pilihan yang ada di pasaran, bagaimana dengan segmen layar 8 inchi ? Tunggu di tulisan berikutnya…

Leave a Reply
*