Menu
Categories
Widget, Pemanis HomeScreen perangkat Android
March 1, 2013 tentang TeKnoLoGi

Salah satu tampilan yang dapat memberikan perbedaan bagi mata pengguna akan perangkat berbasis iOS (iPad/iPhone buatan Apple) dengan Android adalah Widget.
Widget kurang lebih bisa diartikan sebagai fungsi tambahan yang dapat dihadirkan pada tampilan layar depan/homescreen perangkat Android, dengan perwujudan atau grafis tertentu. Bagi sebagian besar pengguna (termasuk saya), Widget lebih sering digunakan sebagai pemanis tampilan HomeScreen.

Lantaran Widget dapat ditampilkan pada halaman depan layar/homescreen, serupa dengan Launcher, tentu merupakan salah satu faktor penentu menurunnya daya tahan batere dan juga memori RAM pada perangkat. Oleh sebab itu, berlakulah bijak dalam memilih dan menggunakannya.

APEX Launcher PanDe Baik 03

Aplikasi Widget, tersedia di halaman Google Play, application store-nya perangkat Android yang ditawarkan secara free (biasanya berkemampuan terbatas) dan berbayar (dengan sejumlah fungsi dan fitur serta grafis tambahan). Jikapun ingin yang berbayar namun tetap gratis, disarankan untuk mencari versi bajakannya. *uhuk

Jenis dan fungsi Widget ada beragam. Dari yang mampu menghentikan aplikasi dan games yang tadinya dijalankan demi menambah panjang daya tahan dan besaran sisa memori RAM, sekedar penunjuk waktu lewat tampilan Analog maupun Digital, kondisi cuaca lengkap dengan wajah matahari dan bulannya, atau photo frame seperti yang saya gunakan untuk memajang wajah Anak dan Istri. Jikapun ingin yang jauh lebih serius, tersedia pula opsi penunjuk kurs mata uang, finance, berita hingga jejaring sosial.

Keberagaman jenis dan fungsi sebagaimana disebutkan diatas, dapat pula ditemukan dari segi ukuran. Dari yang hanya sebesar icon (1×1), memanjang (3×1, 4×1 dst), atau persegi (3×2, 5×3 dst). Apabila layar depan perangkat yang kawan gunakan cukup terbatas, pilihlah ukuran widget yang sesuai dengan ruang yang ada, atau lakukan Resize ukuran Widget seminimal mungkin.

Beberapa yang bisa saya rekomendasikan untuk dicoba untuk diadopsi pada perangkat TabletPC maupun ponsel adalah Beautiful Widget, HD Widget, HD Metallic, Clean atau Premium Widget. Semakin besar ukuran installer yang hadir di halaman Google Play, biasanya makin banyak juga pilihan grafis yang disediakan sesuai selera. Namun biasanya makin banyak pula menghabiskan resources daya dan memori.

Screenshot_2013-01-15-22-02-47

Untuk menggunakannya, bisa diakses melalui halaman Menu, lalu pilih halamn Widget, pilih, tekan dan tahan Widget yang diinginkan, lalu tempatkan sesuai keinginan pada layar depan. Halaman ini dapat juga diakses langsung dari halaman depan yang ingin dicustomize dengan cara menekan dan tahan area kosong pada layar.
Jika sudah, silahkan dipindah dan diatur sesuai selera atau dikombinasikan dengan icon shortcut aplikasi lainnya.

Leave a Reply
*