Menu
Categories
APEX Launcher, Customize untuk TabletPC Android
February 27, 2013 tentang TeKnoLoGi

Ah, ternyata lama juga yah saya gag nurunin laporan tentang Aplikasi Android ? terakhir kalo gag salah masih sempat mengulas tentang Kolase Foto, Games dan Custom ROM. So, biar gag ngebosenin ngulas Review ponsel mulu selama ini, mulai hari ini sekitar satu minggu, saya bakalan berbagi review aplikasi dari Google Play, applications store perangkat Android yang sedang saya gunakan.
Kesempatan pertama, saya ambil dari Apex Launcher.

Bagi kawan yang masih belum tahu apa beda Launcher dan Theme, silahkan baca tulisan saya terdahulu terkait memperbaharui tampilan Android. Nah, untuk yang satu ini, secara khusus deh saya bahas.

APEX Launcher PanDe Baik 01

Jadi kisah awalnya lantaran merasa layar HomeScreen default-nya Tabletpc Samsung Galaxy Tab 7+ mulai agak membosankan, saya mulai berburu beberapa aplikasi Launcher sekedar untuk menyegarkan tampilannya saja. Kalo gag salah dulu saya sempat suka dengan Espier Launcher yang mengubah tampilan ala iPad/iPhone, trus DX Home launcher bawaan aplikasi DX ToolBox yang memang bisa digunakan meski minim memori, dan kini pindah ke Apex Launcher.

Secara tampilan sebetulnya sih gag jauh beda yang launcher yang lain, namun yang membuat saya jadi tertarik adalah fitur untuk melakukan customisasi jumlah grid (columns/rows) dan lebar icon yang tampil di halaman depan. Selain itu yang bikin makin jatuh hati adalah ketersediaan belasan Theme yang beberapa diantaranya mengacu pada tampilan perangkat Android lain, seperti HTC Sense, Moto Blur miliknya Motorola, iPhone, Sony Xperia, hingga Windows 8. jadi, tentu saja gag ngebosenin.

Selain itu ada juga fitur Lock Desktop, yang mampu mengunci tampilan layar dari tangan-tangan jahil termasuk tangan anak yang kadang kala suka ketelingsut menghapus icon atau memindahkannya ke tempat lain. Jadi ceritanya fitur ini digunakan untuk menjaga susunan icon pada desktop tetap aman dan pada tempatnya.

Ditambah beberapa fitur penting yang dapat di-hidden-kan jika memang tidak dianggap perlu. Berikut screenshot tampilan APEX Launcher pada perangkat TabletPC Samsung Galaxy Tab 7+ yang kini sedang saya gunakan, termasuk opsi berganti tampilan ke icon Windows 8.

APEX Launcher PanDe Baik 03

Leave a Reply
*