UpGrade Android Jelly Bean Samsung Galaxy Note 10.1

Category : tentang TeKnoLoGi

Sekilas info bagi kawan-kawan yang kini sedang memegang perangkat tabletPC 10 inchi milik Samsung dengan teknologi terkini, Galaxy Note series 10.1, bahwa per akhir Desember lalu Samsung telah menyediakan Upgrade sistem operasi Android secara resmi dari versi 4.0 Ice Cream Sandwich ke versi 4.1.1 Jelly Bean.

Apabila sebelumnya kami pernah menginformasikan bahwa untuk dapat melakukan proses Upgrade sistem operasi Android dapat menggunakan antuan aplikasi Kies, PC Suite milik Samsung secara online, maka untuk kali ini tidak demikian adanya. Pengguna cukup memanfaatkan jalur koneksi internet yang dimiliki atau mencari bala bantuan dari wifi terdekat dengan kecepatan tinggi. Kami rekomendasikan begitu lantaran ukuran Upgrade Firmware yang terdeteksi pada awal proses adalah sekitar 475 MB.

Selain jalur koneksi yang kami sarankan, pengguna hendaknya melakukan charge penuh perangkat terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya mati total akibat perangkat kehabisan daya di sela proses instalasi.

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan pemeriksaan pada fitur Software Update yang dapat diakses melalui menu Setting/About Phone, lalu pilih jalur koneksi yang diinginkan untuk mengunduh terlebih dahulu firmware terbaru dari server milik Samsung. Saat proses berjalan, kami tidak menyarankan pengguna untuk melakukan aktifitas lainnya demi kelancaran proses pengunduhan dan instalasi. Jikapun bisa, ubah pengaturan mode Airplane untuk mencegah telepon masuk dan memutus proses, mengingat Samsung Galaxy Note 10.1 memang memiliki fitur tersebut.

Apabila proses pengunduhan selesai, maka pengguna akan disarankan untuk melakukan Booting/restart perangkat dan menunggu. Proses instalasi berikut inilah yang kami maksudkan agar perangkat nantinya tidak sampai kehabisan daya yang mampu menyebabkan mati total jika gagal. Ketika proses selesai, pengguna dihadapkan pada Term of Service yang harus disetujui, lalu perangkat akan meregistrasi ulang serta mengembalikan pengaturan ke kondisi sebelum pengunduhan.

JB Note 10 3

Yang patut diingat disini adalah proses UpGrade yang dilakukan oleh perangkat tidak akan mengubah ataupun menghapus jenis pengaturan yang telah dilakukan oleh pengguna termasuk kustomisasi tampilan. Jadi jangan khawatir akan kehilangan data ataupun kontak dan catatan penting lainnya.

Berdasarkan pemantauan kami akan perubahan yang terjadi pada perangkat tabletpc 10 inchi Samsung Galaxy Tab 10.1 sebelum dan sesudah proses Upgrade, salah satunya dapat dilihat pada menu Setting atau Pengaturan yang menambahkan beberapa kemampuan mengagumkan. Salah satu diantaranya adalah opsi untuk melakukan pemblokiran baik telepon masuk atau incoming calls dan notifications yang sekiranya dapat mengganggu. Penambahan opsi pengaturan ini dapat diatur pada jam-jam tertentu, atau berdasarkan daftar kontak tertentu saja. Selain itu pada menu Lock Screen terdapat beberapa penambahan cara penguncian layar lengkap dengan tingkat keakuratan yang mampu diberikan akan efektifitas keamanannya.

Ditambah opsi Account yang terintegrasi mencakup berbagai jenis akun jejaring sosial, cloud, server dan juga user perangkat. Ini sempat mengingatkan kami pada teknologi serupa yang tempo hari dibanggakan oleh Apple terkait terintegrasinya akun dalam menu Pengaturan. Entah apakah ini merupakan penjiplakan perilaku ataukah untuk memanas-manasi perang paten antara kedua vendor yang hingga kini masih berlangsung ?

Uniknya, saat kami mulai menelusuri perubahan yang terjadi pada opsi Menu, kami menemukan tambahan baru berupa Help yang biasanya digunakan sebagai panduan bagaimana cara mengoperasikan perangkat Samsung Galaxy Note 10.1 terutama bagi mereka yang masuk dalam kategori pengguna awam. Setidaknya ada 4 (empat) bagian yang dapt dipelajari lebih lanjut yaitu Learning the Basics meliputi Keys, Unlock, Notifications, Home Screen dan S Pen (fitur khusus pada seri Note), Changing important setting meliputi Wifi, Bluetooth, Ringtone dan Power Saving, Use Key Applications meliputi Home, Contact, Messaging, Internet dan S Note plus Link menuju Product Video langsung ke alamat Samsung.

JB Note 10 2

Selain itu ada juga S Voice yang sepertinya dikembangkan untuk menandingi aplikasi serupa milik Apple yaitu Siri. Pada beberapa kali percobaan yang kami lakukan pada S Voice, respon yang diberikan cukup mampu mengakomodir harapan atau permintaan pengguna, termasuk akses menuju akun jejaring sosial FaceBook dan Twitter. Meski belum mampu melakukannya secepat kami mengaksesnya secara manual, namun keberadaan S Voice kali ini bisa membantu pengguna untuk berinteraksi dengan perangkatnya lewat suara. Jika kawan ingin menggunakannya, cukup katakan ‘hi Galaxy’

Terakhir untuk fitur Gallery terdapat pembaharuan tampilan, dimana baik koleksi gambar ataupun foto dapat disajikan dengan tampilan biasa, atau barisan file layaknya dalam sebuah locker ataupun tampilan memutar. Demikian halnya dengan tampilan per album yang kini ditempatkan di posisi kiri halaman untuk memudahkan perpindahan ataupun pencarian gambar.

Post a comment

CommentLuv badge