Menu
Categories
Kolase Unik Foto Pribadi
November 21, 2012 tentang TeKnoLoGi

Di tengah kemudahan akses fotografi lewat kamera ponsel seperti sekarang ini, masing-masing pengguna kami yakin memiliki puluhan bahkan ratusan koleksi foto pribadi baik yang bersifat narsis ataupun pose bersama pacar, kawan dan keluarga. Sebagian diantaranya bisa jadi merupakan momen ataupun memiliki kenangan tersendiri yang barangkali amat sayang jika tak diabadikan dalam bentuk album. Sayang, saking banyaknya pilihan, tak semua dapat diabadikan lantaran ongkos cetak foto yang semakin mahal. Ketimbang begitu, kreasikan saja dalam bentuk kolase atau tampilan yang unik. Sehingga dalam satu gambar bisa menceritakan banyak peristiwa didalamnya.

Jika dahulu kami pernah berbagi informasi terkait Instagram ataupun aplikasi Photofunia yang mampu memanipulasi wajah dan pewarnaan gambar serta foto koleksi menjadi lebih antik dan menarik, kini kami mencoba untuk berbagi informasi bagaimana menggabungkan beberapa diantaranya menjadi satu kesatuan foto atau kolase. Lakukan searching dengan menggunakan kata kunci ‘Photography’ pada Aplications Market ponsel ataupun tabletpc yang kawan gunakan dan temukan beberapa diantaranya.

Photo Collage. Jika melakukan pencarian lewat halaman Google, ada beberapa alternatif pilihan yang bisa dicoba untuk melakukan penggabungan atau kolase foto menjadi satu kesatuan dengan beragam bentukan frame. Baik secara online di www.photocollage.net, aplikasi desktop pc yang dapat diunduh melalui www.ifoxsoft.com, dengan memanfaatkan perangkat ponsel seperti Photo Grid dan Photo Shake ataupun melalui akun pertemanan FaceBook.

Meski berbeda, namun secara garis besar untuk cara pengerjaannya terlihat sama saja. Pengguna tinggal memilih empat hingga enam foto terbaik yang ingin dikolase, kemudian menempatkannya pada jenis frame yang diinginkan, menukar posisi, mengubah skala dan menyimpannya. Apabila pun dibutuhkan, gambar dapat dimanipulasi terlebih dahulu dengan memanfaatkan aplikasi semacam Instagram atau pengolah gambar lainnya. Hasil foto kolase yang telah tersimpan kemudian dapat dibagikan melalui berbagai akun jejaring sosial atau digunakan sebagai profile picture bahkan dicetak dalam bentuk album.

Apabila dengan cara sederhana tersebut Kawan belum jua puas dengan hasil yang diharapkan, silahkan lakukan pencarian kembali dengan menggunakan kata kunci ‘ScrapBook’. Seperti halnya Photo Collage diatas, ada beragam pilihan yang dapat dicoba untuk mengkreasikan koleksi foto pribadi ataupun kenangan yang tersimpan didalamnya, baik secara online, aplikasi desktop hingga perangkat mobilephone.

ScrapBook merupakan salah satu cara untuk menyimpan catatan, foto, gambar dan juga video (pada jenis file multimedia), dilengkapi dengan beberapa kemasan template atau background layaknya sebuah buku jurnal serta dapat ditambahkan dengan beberapa pernak pernik unik untuk meramaikannya.

Berbeda dengan aplikasi Photo Collage yang lebih sederhana, langkah-langkah untuk mengoperasikan ScrapBook dapat dibagi menjadi pemilihan foto atau gambar, pemilihan template atau background, pemilihan pernak pernik ataupun hiasan unik serta teks apabila dianggap perlu. Dalam aplikasi ScrapBook, foto ataupun gambar dan juga pernak perniknya dapat diputar, diperbesar, ditumpangtindih sesuai kehendak pengguna. Hasilnyapun dapat dishare ke berbagai akun jejaring sosial seperti FaceBook ataupun Twitter.

Yang terpenting dari penggunaan dua kreasi foto diatas adalah imajinasi pengguna yang memang diasah untuk selalu mencari hal-hal baru sehingga mampu menghasilkan kolase unik dan menarik. Setidaknya bisa menjadi koleksi ataupun dipamerkan kepada kawan lainnya.

"2" Comments
  1. Kalau untuk editing foto agar menjadi lebih bagus dan menarik, untuk saya yang awam dunia editing dulunya saya pakai aplikasi PhotoScape di PC, juga sedikit Photoshop.

    Tapi sekarang saya masih kecanduan dengan fasilitas editing online di PicMonkey (http://www.picmonkey.com/)

    Saya suka karena proses yang ringan dan cepat serta hasil yang tidak kalah bagus dengan fasilitas lainnya 🙂
    imadewira´s last blog post ..Pertemuan Koordinasi ke-8 LPSE Nasional

    [Reply]

    pande Reply:

    wah… musti online, gimana kalo editnya banyak ? :))

    [Reply]

Leave a Reply
*