Menu
Categories
Jangan Pernah Berhenti untuk Menulis
November 5, 2012 tentang DiRi SenDiri

Untuk menyandang status sebagai seorang Blogger sebetulnya bukan merupakan satu hal yang sulit. Cukup dengan memiliki sebuah media blog, berbayar atau gratisan sekalipun, dikelola sendiri dan diUpdate secara berkala. Apakah setiap hari, setiap minggu, bulan atau bahkan tahun. Sebutan Blogger dijamin akan tetap melekat.

Namun untuk menjaga konsistensi sebagai seorang Blogger, barangkali agak sedikit lebih sulit. Apalagi jika kita selalu berusaha untuk melakukan Update secara berkala dalam hitungan hari.

Setidaknya dibutuhkan tiga hal. Ide, mood dan waktu untuk menulis.

Persoalan ide, bisa datang dari mana saja. Entah itu rutinitas sehari-hari, momen atau event yang ditemui di perjalanan, kondisi lingkungan, isyu terkini atau bahkan hal-hal yang barangkali luput dari perhatian banyak orang. Jangan pernah katakan bahwa sebagai seorang blogger sempat mengalami sesi minim ide. Karena diluar sana, dan juga dalam otak manusia yang kabarnya selalu berpikir, ada jutaan ide yang selalu terlintas setiap harinya. Dan tangkaplah satu untuk dituliskan.

Kedua soal Mood. Bicara soal Mood, akan beda lagi jika menyangkut personal atau pribadi masing-masing. Mengingat Mood bisa terwujud lantaran banyak hal. Lingkungan, masalah atau bahkan hal-hal yang secara tidak sengaja dilalui. Untuk menjaga Mood bisa dikatakan hal yang cukup sulit. Karena status blogger bukanlah prioritas dalam hidup. Ada banyak hal yang lebih penting untuk dipikirkan. jadi, saat kawan sudah memiliki Mood untuk menulis, lakukanlah.

Dan ketiga, Waktu. Ini memang persoalan klise. Seperti halnya Mood, soal waktu memang kerap menjadi masalah utama, apalagi jika kesibukan sudah mulai melanda. Akan tetapi tahukah kawan jika selama 24 jam waktu yang diberikan oleh-NYA ada beberapa menit yang bisa kita manfaatkan untuk itu ? waktu untuk bergosip, waktu untuk ngopi-ngopi atau waktu untuk menunggu dan duduk manis di toilet. Semua bisa dimanfaatkan. Tinggal selanjutnya menyiapkan media yang akan digunakan untuk merangkum ketiga hal tersebut.

Diluar ketiga hal tersebut, sebenarnya ada satu hal lagi yang menjadi sebuah tantangan dalam usaha untuk menjaga konsistensi menjadi seorang blogger. Godaan Microblogging.

Jangan mengelak deh, saya yakin mood, ide ataupun waktu untuk menulis itu kini sudah mulai terancam punah gara-gara mulai kecanduan yang satu ini. Racun jejaring sosial mencakup FaceBook, Twitter dan sejenisnya masuk dalam kategori MicroBlogging dimana aktifitas blog tak lagi terpaku pada tulisan yang panjang, menanti tanggapan atau komentar sekian lama atau singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk melalukan Update. Semua tentu sangat menggoda tidak hanya bagi seorang blogger.

Lantas, apa yang harus dilakukan ?

Ya semua terserah kawan, apakah masih tetap mau melanjutkan konsistensi sebagai seorang blogger, ataukan memilih untuk menikmati keasyikan microblogging ? kembali pada motivasi yang diinginkan.

Jangan karena alasan minimnya ide, mood atau waktu kemudian merembet pada tingkat kunjungan, tanggapan atau bahkan pendapatan iklan.

Yang pasti ada juga yang masih beranggapan bahwa dengan menulis, ada banyak hal yang bisa didapatkan. Entah meningkatnya kemampuan untuk menyusun kalimat, menyampaikan pendapat atau bahkan merambah eksistensi ke media yang jauh lebih besar. Bukankah itu bisa menjadi Satu nilai positif jika kita mampu menggapainya ?

"10" Comments
  1. Yuk, lanjut nulis lagi… ya walaupun jarang ada yang komen di blog saya 😀
    imadewira´s last blog post ..Tas Untuk Sampah Upakara, Ndak Salah Tuh?

    [Reply]

    pande Reply:

    Walau jarang komen, yang penting komisi iklannya wir *uhuk

    [Reply]

  2. mari menulis lagi….tumpas rasa malas dengan menulis apa adanya 🙂

    [Reply]

    pande Reply:

    Siap!!! Ayo lakukan segera…

    [Reply]

  3. Bagi sy sih ide itu selalu ada, sayang terkendala di mood, jika dipaksain malah jadi ngalor ngidul.

    Yg kedua masalah waktu, ngekos di denpasar, kerja pagi dipuskesmas kintamani, jam 5 sore apotek kimia farma sesetan, jangankan nulis, waktu bakal lbh berharga buat tidur 😀

    Cara menyiasatinya sih dgn ngembangin ide, bikin alur sambil ngelamun naik motor paginya, jarak tempuh 1,5jam cukup buat nyusun tulisan dalam otak, trus nulisnya pas libur 😀
    Arlan Pratama´s last blog post ..Tetap mesra di 5 tahun Bali Blogger Community

    [Reply]

    pande Reply:

    Pokoke Nulis… banyak jalan menuju blog :p

    [Reply]

  4. Hi bli Pande,

    Menjadi konsiten memang sebuah tantangan,.. semoga selalu bisa ngikut spirit bli pande dalam menulis..

    Suksma…
    SIge´s last blog post ..Jamu jangan diracuni

    [Reply]

    pande Reply:

    Aits… jangan ngikut saya, ngikut yang berhasil tuh… minimal dari segi AdSense *uhuk :p

    [Reply]

  5. woh, bli pande baru ya juara. rajin sekali updatenya.
    a!´s last blog post ..Mari Hahahihi Merayakan Lima Tahun Bali Blogger

    [Reply]

  6. Rahajeng salam kenal, sempat menghubungi tiyang menanyakan tentang Kayu nggih? ty juga pingin banyak belajar menulis mohon saling berbagi, suksma
    I Gusti Putu Sudarsana´s last blog post ..Keajaiban Angka 9

    [Reply]

Leave a Reply
*