Menu
Categories
iPhone 5, Generasi keenam yang paling dinanti
October 19, 2012 tentang TeKnoLoGi

Tampaknya Apple bisa kegerahan juga saat beragam ponsel Android diluncurkan dengan menggunakan teknologi dan desain yang mereka kembangkan selama bertahun-tahun dalam berbagai ukuran dimensi layar dari 4, 5, 7 hingga 10 inchi. Ini dibuktikan dengan rilisnya perangkat iPhone 5, generasi keenam dari ponsel yang berbasiskan sistem operasi iOS yang memiliki penampilan sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya. Alih alih mendesain ulang perangkat, Apple hanya memperpanjang dimensi ponsel hingga layar dapat diexpand seluas 4 inchi.

iPhone 5 memang pantas dinanti, terutama bagi sebagian besar die hardnya yang kabarnya rela menjual dan melelang perangkat iPhone 4S mereka untuk dengan segera mengantre peluncuran resminya di Amerika Serikat sana. Tak kurang sekitar 200 fitur baru yang dipersembahkan oleh tim pengembangan sistem operasi lewat iOS v.6. Diantaranya aplikasi peta terbaru Apple Maps yang dibekali kemampuan turn by turn navigasi, integrasi akun jejaring sosial facebook, aplikasi penyimpan user password pengguna atau Passbook, peningkatan kemampuan SIRI dan shared photo stream via iCloud.

Beberapa penyempurnaan lain yang dahulu menjadi kekurangan dari iOS v.5 pun kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna iPhone diantaranya pemanfaatan signature yang berbeda-beda untuk multiple akun email, kemampuan untuk melakukan insert photo pada akun email, kustomisasi alarm termasuk pengubahan nada yang digunakan, serta pembatasan jumlah iklan yang biasanya hadir didalam akses aplikasi pada perangkat.

Dengan mengandalkan dimensi perangkat 123,8 x 58,6 x 7,6 mm menjadikan iPhone 5 tampak lebih panjang dan pipih dari seri sebelumnya. Bahkan dimensi 7,6 mm sekaligus menjadikan iPhone 5 perangkat paling slim dibandingkan Samsung Galaxy Tab 7.7 sekalipun. Itu sebabnya dari beberapa iklan resmi yang sempat kami lihat tampaknya memang tak ada perubahan perilaku dari para penggunanya kelak meski kini mereka tampil dengan layar yang sedikit lebih besar.

Tidak ada keterangan resmi yang diberikan oleh pihak Apple terkait dapur pacu yang digunakan oleh iPhone 5 selain spesifikasi Chipset A6. Namun kabarnya setelah beberapa kali pengujian benchmarking dilakukan oleh banyak pihak, kecepatan prosesor terdeteksi sebesar 1,3 GHz Dual Core. Ini menjadikan iPhone 5 tampil jauh lebih baik dari generasi sebelumnya seperti halnya New iPad 3 dari segi akses aplikasi dan rendering halaman.

Diatas kertas bolehkan kita mencibir kecepatan prosesor yang dipasok oleh Apple untuk perangkat iPhone 5, mengingat di tahun ini jenis empat inti atau Quad Core 1,5 GHz sudah diadopsi oleh beberapa ponsel yang mengusung sistem operasi Android seperti Samsung Galaxy S III, HTC One X dan barisan LG terkini. Namun jangan salah, berdasarkan pengujian tadi rupanya secara nilai kecepatan yang disajikan, rata-rata memberikan hasil yang terpaut cukup jauh untuk iPhone 5 meninggalkan ponsel lainnya. Cukup mengagumkan bukan ?

Urusan kamera, iPhone 5 dibekali lensa 8 MP dengan kinerja optik yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Teknologi ini diberi nama iSight dimana kemampuannya diakui dalam memberikan hasil gambar yang jauh lebih jernih. Ditambah lagi fitur Panorama yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar hingga 28 MP serta kemampuan untuk merekam gambar/video sambil mengambil gambar/foto sekaligus.

Beberapa pembaharuan teknologi yang kini mulai diterapkan oleh iPhone 5 sebetulnya sudah mampu dilakukan atau digunakan lebih dulu oleh beragam perangkat Android lain jauh sebelumnya. Katakan saja integrasi akun jejaring sosial, kemampuan tambahan pada akun email hingga pemanfaatan dua aktifitas secara sekaligus pada lensa kamera seperti yang telah disebut diatas tadi. Namun tetap saja ini menjadi satu hal yang disambut positif oleh jutaan pengguna Apple seluruh dunia.

Sayangnya, untuk fitur Maps atau peta yang kabarnya dikembangkan secara khusus oleh pihak Apple, dimana mereka memutuskan untuk menghapus kemampuan Google Maps yang diadopsi sebelumnya, masih sangat mengecawakan bagi para penggunanya dan hal ini sudah diakui pula secara resmi oleh pihak Apple. Dan janji mereka dalam waktu dekat, update akan disediakan untuk menyempurnakan kelemahan tersebut.

Jadi sembari menunggu versi update Maps yang jauh lebih sempurna, ada baiknya para fans Apple dan iPhone bisa dengan sabar pula menunggu tanggal rilis resmi iPhone 5 di Indonesia yang entah kapan pastinya.

"4" Comments
  1. Sampai sekarang belum pernah memakai produk Apple… muahal sih..
    imadewira┬┤s last blog post ..Penyebab Jumlah Komentar di Blog Menurun

    [Reply]

    pande Reply:

    Yah, siapa tau dua tiga tahun lagi bisa menggunakannya :))

    [Reply]

  2. 3gs uda cukup lah sebenarnya, kecuali duit di atm ancog2 minta jalan ke global teleshop

    [Reply]

    pande Reply:

    He… Kali aja lah Dit…

    [Reply]

Leave a Reply
*