Windows 8 Release Preview

1

Category : tentang TeKnoLoGi

Apabila dalam edisi lalu pernah kami turunkan satu topik terkait apa dan sejauh mana perubahan yang terjadi pada Windows 8 Consumer Preview dibandingkan sistem operasi milik Microsoft sebelumnya, kini giliran kami yang menjajalnya secara langsung melalui Windows 8 Release Preview.

Metro Style. Sesuai dengan apa yang diprediksikan dan dipromosikan oleh banyak pihak, bahwa untuk antar muka sistem operasi Windows 8 mengadopsi Metro Style, sebuah User Interface yang telah dikenal publik lebih dulu lewat perangkat ponsel pintar baik milik Nokia Lumia, HTC ataupun Samsung. Beberapa Menu utama yang disajikan dalam bentuk Tile -kotak- yang dapat dikustomisasi besarannya sesuai dengan selera pengguna.

Terdapat diantaranya fitur-fitur baku yang biasanya hadir dalam sebuah perangkat pintar meliputi Mail, Calendar, Contact, Messaging, Store hingga yang berkaitan dengan hobi seperti Music, Photo, Video, News, Lifestyle, Sports dan Finance. Adapun Fitur yang terdapat dalam tampilan Menu ‘Metro Style’ kali ini bakalan bertambah seiring instalasi aplikasi ataupun games yang dilakukan oleh pengguna. Apabila fitur yang tertampil ada yang dianggap kurang berkenan, dapat dihilangkan dengan cara melakukan ‘unpin’.

Touch Screen. Fitur layar sentuh yang biasanya hadir di perangkat pintar baik ponsel ataupun tablet yang mengadopsi sistem operasi Windows, sangat kental terasa di sepanjang penggunaan. Begitu pula tampilan yang sederhana dan luas, memberikan ciri sentuhan oleh jari lebih didominankan meski pemanfaatan Mouse tetap dapat dilakukan. Untuk mengimbanginya, kami mencoba melakukan sapuan dengan perangkat mouse pada layar tampilan yang rupanya dapat direspon dengan baik.

Applications Store. Salah satu jualan yang biasanya diandalkan oleh setiap perangkat pintar baik ponsel ataupun tabletpc adalah pasar Aplikasi yang siap menyediakan ratusan bahkan ribuan aplikasi/games siap unduh dan gunakan, demikian halnya dengan Windows 8 kali ini. Dalam pengujian kami, Application Store dapat diakses dengan baik dimana beberapa games ternama seperti Fruit Ninja, Doodle God ataupun aplikasi Kindle, Maps, SketchBook dan WordPress bias dicoba dengan baik.

Internet Explorer 10. Seperti yang pernah kami sampaikan terdahulu bahwa untuk tampilan jendela Browser terkini milik Microsoft ini bakalan mengalami beberapa perubahan, diantaranya kolom Address Bar yang kini tertampil di sisi bawah layar, penggunaan Tab dan Thumbnail di sisi atas tampilan untuk memudahkan proses navigasi pengguna, hingga opsi Back-Forward yang kini dapat diakses dengan menyentuh sisi kiri/kanan halaman yang sedang aktif digunakan.

Sign Out. Jika dulu dalam penggunaan sistem operasi Windows pada perangkat pc/notebook selalu dikenal istilah Log Off ataupun Log On untuk keluar dari tampilan Desktop bagi pengguna yang memanfaatkan fitur password demi melindungi tampilan halamannya, kini telah diganti dengan istilah Sign Out dan Sign In. lebih familiar bukan ? ketika opsi ini dilakukan, pengguna akan dihadirkan sebuah tampilan yang menyajikan Tanggal maupun Jam, sinyal bar dan daya baterai, layaknya sebuah perangkat mobile komunikasi yang telah terkunci.

Bagi kawan yang ingin mencobanya, Windows 8 Release Preview ini dapat diunduh melalui halaman resmi Microsoft, dengan ukuran 2,5 GB untuk versi 32bit dan 3,3 GB untuk versi 64bit. Ukuran ini biasanya dapat dikonversikan dalam bentuk keping dvd yang kemudian dapat digunakan secara Bootable seperti laiknya proses Instalasi OS. Release version ini kabarnya dapat dipergunakan (dalam arti sebenarnya) hingga versi komersial nantinya dipasarkan. Untuk membuktikan kabar ini, kamipun melakukan proses instalasi beberapa aplikasi yang biasa kami gunakan dari pemutar music, video, office processing hingga photo editor. Semua aplikasi ini rupanya mampu berjalan dengan baik sesuai harapan kami.

Sayangnya, lantaran masih berupa Preview, pihak Microsoft tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan ataupun perubahan yang terjadi pada sistem operasi versi sebelumnya. Hal ini harus disadari sepenuhnya mengingat proses instalasi sistem operasi Windows 8 bakalan menumpuk sistem operasi lama sehingga untuk mengaksesnya kembali dibutuhkan proses Recovery yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan keping disc sistem operasi sebelumnya.

Untuk dapat menjalankan sistem operasi Windows 8 Release Preview dengan sempurna, sangat disarankan untuk mencobanya pada perangkat pc/notebook yang mampu menggunakan Windows 7 dengan spesifikasi minimum Prosesor 1 GHz, Memory RAM 1 GB (32bit) atau 2 GB (64bit), Internal Storage 16 GB (32bit) atau 20 GB (64bit) dan Kartu Grafis yang mendukung Microsoft DirectX 9. Untuk kebutuhan sentuh, sangat disarankan untuk menggunakan perangkat layar yang mendukung fitur Multitouch dengan Resolusi minimal 1024×768. Selain itu, untuk memaksimalkan pemanfaatannya, dibutuhkan pula akses internet yang mumpuni.

Selain spesifikasi hardware seperti yang telah disebutkan tadi, pengguna mutlak membutuhkan akun ID Microsoft yang dapat dibuat secara langsung saat pengguna melakukan Sign In pertama kali. Adapun akun ID ini dapat memanfaatkan beragam akun email dari miliknya Yahoo, Gmail hingga domain pribadi sekalipun. Akun ID ini bakalan ditanyakan oleh sistem saat pengguna melakukan akses ke fitur ataupun menu yang disajikan pertama kali akses.

Demi memudahkan pengguna dalam mengoperasikan Windows 8 Release Preview ini, disediakan opsi Pengaturan mencakup layar depan, layar terkunci, akun profile, hingga notifikasi dan sinkronisasi yang disajikan layaknya opsi Pengaturan pada perangkat tabletpc. Selebihnya, terpantau beberapa perubahan tampilan baik pada layar depan Desktop hingga Windows Explorer yang kini hadir jauh lebih simple.

Comments (1)

[…] mencoba beraktifitas lebih jauh menggunakan sistem operasi Windows 8 Consumer Preview di perangkat NoteBook HP ProBook 4320 milik kantor LPSE Badung sejak beberapa bulan lalu, […]

Post a comment

CommentLuv badge