Menu
Categories
eBook, Majalah Digital Pembunuh Waktu
September 11, 2012 tentang TeKnoLoGi

Salah satu kemampuan atau yang kerap digunakan sebagai jualan saat memiliki sebuah perangkat ponsel pintar ataupun tabletpc adalah membaca eBook, sebuah buku, majalah atau bahkan media cetak yang telah dikonversi dalam bentuk elektronik atau file digital. Perubahan format ini memungkinkan pengguna memiliki ratusan bahkan ribuan buku atau majalah yang tersimpan dalam sebuah media elektronik, seperti ponsel atau tabletpc tadi.

Ada banyak ekstension file digital yang dikenal dengan sebutan eBook ini seperti pdf, txt atau ePub. Penggunaan ekstension atau format file digital ini biasanya akan bergantung pada perangkat yang digunakan. Apabila perangkat tersebut hanyalah sebuah ponsel lokal atau produk china yang harganya murah, format file eBook yang mampu dibaca lewat aplikasi yang tersedia hanyalah sampai pada format txt atau teks tanpa gambar. Sedangkan untuk perangkat ponsel pintar, tentu makin beragam pula format file dukungannya.

Untuk membuka dan membaca sebuah file buku digital (selanjutnya disebut sebagai eBook), dibutuhkan beberapa aplikasi seperti misalnya Adobe Reader, pdf Reader atau sejenisnya yang memang diperuntukkan sesuai dengan jenis perangkatnya tadi. Jika kawan ingin melakukannya di perangkat mobile phone ataupun tabletpc, aplikasi serupa bisa dicari lewat Application Market masing-masing perangkat dengan menggunakan kata kunci ‘reader, ebook, pdf ataupun majalah atau magazine’.

Dari segi penampilan aplikasi pembaca eBook inipun ada beragam. Dari yang menyajikan tampilan list atau daftar buku berdasarkan judul atau pengarang/penerbit, hingga deretan cover depan layaknya sebuah rak pajang di toko-toko buku konvensional.

Untuk bisa mendapatkan sebuah buku, majalah ataupun media cetak dalam bentuk eBook ini, Kawan bisa mencarinya lewat dunia maya melalui halaman berbagi file, penyedia dan halaman resmi ataupun perorangan, atau melalui keping cd yang biasanya disertakan dalam sebuah majalah konvensional yang membahas tentang perangkat elektronik. Agar memudahkan dalam pencariannya nanti, baiknya semua file eBook tersebut disimpan dalam satu folder khusus atau dibagi berdasarkan topik bahasannya.

Apabila merasa kesulitan untuk mendapatkan file eBook di dunia maya, kawan bisa juga membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi tertentu yang berfungsi mengubah format file apapun kedalam bentuk eBook. Salah satu yang bisa direkomendasikan adalah CutePDF Printer untuk perangkat pc/notebook.

Aplikasi CutePDF Printer ini nantinya akan berlaku sebagai driver printer yang tampil saat pengguna pc ingin melakukan konversi file kedalam format eBook dengan cara mencetaknya. Berbeda dengan proses mencetak lewat printer biasa, aplikasi ini akan memberikan opsi berupa jendela penyimpanan lengkap dengan pengaturan lanjutan layaknya printer konvensional. Beberapa format file yang mampu diubah oleh aplikasi ini bisa dari foto, dokumen, spreadsheet, presentasi hingga gambar teknik.

Ukuran sebuah eBook biasanya berbeda antara satu dengan lainnya tergantung pada resolusi halaman yang digunakan, jumlah serta pewarnaan. Untuk eBook sebuah majalah digital berukuran kecil seperti Intisari, majalah Detik ataupun Tabloid Pulsa, rata-rata berukuran 30 MB, sedangkan yang serupa dengan majalah Forsel, T3, FHM ataupun Playboy ada di kisaran 50 MB hingga 125 MB.

Akan tetapi memang tidak semua buku, majalah atau media cetak dapat ditemukan versi digitalnya, ini akan bergantung pada kebijakan masing-masing penerbit terutama media lokal. Namun dalam perangkat mobile berbasis iOS terpantau sebuah aplikasi yang menyediakan hampir semua majalah lokal dalam bentuk digital yang dapat diunduh dengan cara membelinya. Kisaran harga yang ditawarkan pun beragam, dari $ 0,99 hingga $2,99.

Memiliki aplikasi pembaca eBook dan juga sekalian buku digitalnya di perangkat mobile phone ataupun tabletpc memiliki banyak sisi positif, sama halnya dengan memiliki banyak buku. Selain untuk menambah wawasan, bisa juga untuk menghabiskan waktu luang saat menunggu, hanya saja dalam posisi ini tidak perlu membawa banyak buku layaknya konvensional. Jadi bagi yang biasanya punya rutinitas menunggu, bisa memilih eBook selain games sebagai pembunuh waktu.

"3" Comments
  1. boleh dicoy dong koleksi ebook bli pande 😀
    imadewira´s last blog post ..Alasan Menghapus Plugin Tweet Old Post

    [Reply]

    pande Reply:

    Tentu bisa, nanti tak kumpulkan. mau yang kategori apa?

    [Reply]

  2. Pingback: eBook, Majalah Digital Pembunuh Waktu « Catatan Rendy

Leave a Reply
*