Menu
Categories
Tips Pembuatan akun Apple ID
August 20, 2012 tentang TeKnoLoGi

Untuk dapat mengoptimalkan perangkat besutan Apple baik iPad maupun iPhone, seperti halnya ponsel pintar lain dari Android, BlackBerry, Windows Phone bahkan Symbian dibutuhkan beberapa utility, aplikasi ataupun sarana hiburan tambahan yang kesemuanya itu dapat dicari dan diunduh secara resmi lewat Market atau Application Store di masing-masing perangkat. Agar bisa melakukannya dibutuhkan sebuah user akun yang memberikan syarat dan ketentuan berbeda untuk masing-masing jenis sistem operasi tadi. Sebagian ditawarkan secara gratis, sebagian lainnya dapat digunakan setelah pengguna membelinya sesuai nominal harga yang ditetapkan.

Apabila beberapa perangkat pintar seperti Android, BlackBerry ataupun Symbian sudah mampu memotong pulsa pengguna secara langsung untuk dapat melakukan pembelian aplikasi atau games yang diinginkan, tidak demikian halnya dengan user akun pada perangkat pintar milik Apple. Berdasarkan pendapat sejumlah Kawan Tokoh yang sudah mengalaminya, rupanya ada dua cara pembayaran atau pembelian yang bisa dilakukan. Namun tetap kedua cara tersebut membutuhkan pembuatan satu user akun yang dikenal dengan nama Apple ID.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dicoba untuk membuat akun Apple ID. Pertama melalui halaman web resmi milik Apple, kedua dilakukan melalui Aplikasi iTunes, sebuah aplikasi pc suite bagi perangkat Apple untuk melakukan sinkronisasi data ke pc/notebook yang dapat diunduh dari halaman yang sama, dan ketiga dari perangkatnya secara langsung. Prosesnyapun tergolong cukup gampang.

Proses pembuatan dimulai dari memilih nama Negara dimana pengguna tinggal, kemudian memasukkan alamat email yang nantinya akan digunakan sebagai username akun Apple ID, password, secret question untuk berjaga-jaga apabila pengguna melupakan password yang digunakannya. Langkah ketiga adalah memasukkan cara pembayaran, serta data pribadi dari nama, tanggal lahir, tempat tinggal serta nomor ponsel. Jika langkah ini dapat diselesaikan dengan baik, sistem akan meminta pengguna untuk memverifikasi akun melalui email yang dikirimkan lewat alamat diatas. Akun Apple IDpun siap digunakan.

Namun yang perlu dicermati dari langkah diatas adalah pada opsi ‘cara pembayarannya. Apabila Kawan Tokoh hanya melakukan pengunduhan aplikasi ataupun games yang ditawarkan secara gratis dari daftar App Store, silahkan pilih ‘Tidak Ada’ atau ‘None’. Sedangkan apabila kawan Tokoh ingin melakukan pembelian aplikasi ataupun games, dapat memilih cara pembayaran dengan menggunakan Kartu Kredit dari Visa, MasterCard, Amex dan Discover atau menggunakan iTunes Gift Card, semacam kartu voucher dengan menginputkan kode yang terdapat dalam kartu tersebut.

Nah, permasalahannya adalah ternyata iTunes Gift Card tersebut tidak diperjualbelikan secara bebas di Indonesia. Setidaknya demikian info yang kami dapatkan dari sebuah tempat penjualan perangkat Apple di seputaran Denpasar. Adapun bisa didapat dengan melakukan pembelian lewat forum dunia maya seperti Kaskus atau beberapa akun Twitter yang dapat dipercaya. Tips yang kedua terkait pemanfaatan iTunes Card ini adalah kesesuaian Nama Negara dengan tempat asal pembelian iTunes Card sedapat mungkin bisa disamakan. Itu sebabnya beberapa Kawan Tokoh menyarankan untuk menggunakan Negara United States sebagai pilihan pertama saat pembuatan akun Apple ID mengingat iTunes Card yang didapatkan dari forum ataupun akun Twitter tadi rata-rata berasal dari negara yang sama. Apabila tidak sama, bisa jadi proses input kode iTunes Card menyatakan ‘Invalid Code’ seperti yang kami alami tempo hari.

Adapun fungsi lain daripada pemanfaatan akun Apple ID selain pengunduhan aplikasi seperti yang disebutkan diatas adalah untuk melakukan registrasi penggunakan iMessage, aplikasi Messenger atau chat yang hanya dapat digunakan ke sesama pengguna iOS, sistem operasi perangkat pintar milik Apple, juga penggunaan FaceTime, aplikasi telekonference atau yang dikenal dengan chat video call dengan memanfaatkan kamera depan.
Semoga saja Tips kali ini bisa berguna pula bagi Kawan semua.

Leave a Reply
*