Menu
Categories
TwitWar akun Anonim Twitter terkait Korupsi dan Pilgub DKI
July 30, 2012 tentang Opini

Awalnya begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda

Kira-kira begitu kesan pertama yang dirasakan ketika berkenalan dengan akun anonim bernama Ade Ayu Sasmita yang dikenal publik Twitter dengan sebutan @TrioMacan2000. Akun yang sejak awal begitu rajin melakukan kultwit tentang pembongkaran korupsi yang menyangkut sekian banyak pejabat besar di Indonesia termasuk pak presiden eSBeYe lengkap dengan tingkah polah mereka. Praktis dalam waktu singkat jumlah Follower (istilah Pengikut dalam akun Twitter) perlahan melonjak drastis. Apalagi saat Admin akun yang bersangkutan mulai dikenal Media, naik di Jawa Pos salah satunya.

Dari banyak pemaparan kasus korupsi yang ditawarkan ke publik, ada beberapa yang kemudian saya favoritkan untuk dibaca. Bahkan tak jarang pula di-ReTweet balik yang rupanya malah menimbulkan pro kontra di kalangan sejumlah teman. Saat itu akun @TrioMacan2000 bagaikan Dewa yang siap merobek jaring aksi korupsi negeri ini.

Akun yang mengambil profile picture seorang wanita cantik ini makin menjadi saat PilGub DKI bergulir. Satu persatu calon Gubernur yang bakalan bertarung dalam memperebutkan kursi Jakarta 1 diulas habis-habisan. Yang pada akhirnya sangat kentara menyatakan dukungannya pada pasangan Cagub Jokowi-Ahok serta menelanjangi kasus korupsi dan kebobrokan Foke-Nara. Tidak heran jika melonjaknya perolehan suara yang diraih pasangan Jokowi pada putaran pertama, disebut-sebut tak lepas dari peran serta kultwit @TrioMacan2000.

Lantas arah anginpun berbalik

Masuk ke pra putaran kedua, dukungan akun @TrioMacan2000 berputar seratusdelapanpuluh derajat. Menelanjangi kasus korupsi calon Wakil Gubernur pasangan Jokowi yang dikenal dengan Ahok atau Basuki, dan memuja muji kelebihan sang lawan, pasangan Foke Nara. Publikpun mulai terhenyak. Apa yang sedang terjadi ?

Di sisi lain, terpantau beberapa akun Twitter anonim lainnya seperti @Kurawa yang (kelihatannya) memiliki nama Rudi Valinka seorang Forensik Auditor, @winnercore aka Winner Jhonshon dan @Vampire_RI bereaksi dengan perubahan yang terjadi pada kultwit sang Macan yang dianggap ‘mulai kelihatan aselinya’.

TwitWar pun dimulai.

Ketika akun Macan mulai kelihatan galaknya dengan menjatuhkan sosok Ahok lengkap dengan reTweet dari beberapa akun sepaham lainnya, sisi lain mencoba menelanjangi kebenaran yang ada dibalik sosok akun sang macan. Ini dilakukan lantaran sang macan kemudian ‘tertangkap basah’ menghapus beberapa kultwit tentang kebusukan dan korupsi calon Gubernur pasangan Foke-Nara sembari terus menumpahkan ‘kebusukan’ calon Wakil Gubernur pasangan Jokowi-Ahok. Menanggapi aksi penelanjangan dirinya, sang macan pun terus mencoba untuk menjatuhkan balik akun anonim lawannya dengan berbagai analisa yang berasal dari ‘sumber yang bisa dipercaya’. Sebuah aksi yang makin ramai tentu saja.

Uniknya, beberapa analisa (entah fakta atau kebenaran) yang disampaikan oleh akun @Kurawa kelihatannya banyak benarnya, mengingat ajang PilGub DKI merupakan aksi percontohan yang mampu dilakukan oleh akun @TrioMacan2000 sebagai lahan basah bisnis melakukan mobilisasi massa atau pencitraan publik. Sementara akun Twitter kini sudah mampu melakukan hal itu, seperti halnya yang terjadi di luar sana. Berbagai manuver cantikpun dimainkan.

Akun Twitter bayaran memang sudah lama terdengar di telinga, terutama bagi mereka yang rajin berbagi informasi terkait hal-hal yang sekiranya menarik bagi sebagian besar Tweeps di dunia maya. Namun untuk dimanfaatkan sebagai sarana mengeruk uang dari pasangan calon pemimpin daerah, memang baru satu ini saja yang begitu fenomenal. Kabarnya setelah PilGub DKI, bakalan ada lagi manuver lainnya di PilGub dan PilBup daerah lain, menjadi sasaran tembak sang Macan.

Perang analisa entah fakta ataupun fitnah yang dipaksakan oleh kedua pihak, menjadi satu pembelajaran baru bagi mata publik yang haus akan informasi dunia maya. Kini mereka harus pintar-pintar menelaah bahwa apa yang tersaji didepan mata, sebenarnya bukanlah hal yang patut dipercaya dan ditelan mentah-mentah.

Mana yang kalian percaya untuk kasus kali ini ? akun @TrioMacan2000 dengan ribuan ‘akun Sekoci’ dan ‘Telur’nya ? ataukah akun @kurawa @Vampire_RI dan @winnercore yang kini memilih untuk berseberangan ? tentu semua ada pada tangan Anda.

Jikapun pilihan diberikan kepada saya pribadi, satu hal yang kemudian saya lakukan adalah tidak membaca kultwit yang disampaikan oleh kedua belah pihak, meskipun dengan begitu pengetahuan yang saya dapatkan soal korupsi dan tingkah polah para pejabat negeri ini menjadi sedikit mundur. Setidaknya masih banyak akun anonim yang ada diluar sana, siap memberi banyak pengetahuan tambahan akan berbagai informasi penting yang sekiranya jauh lebih berguna bagi diri sendiri dan keluarga.

"9" Comments
  1. sekarang jualan alat kejantanan ya bli?

    [Reply]

    pande Reply:

    Gag tau kok bias begitu… itu AdSense nya Gugel :p

    [Reply]

  2. entahlah…. aku aja anonim, ga jamin juga infonya valid *krik krik* tapi seru juga sih menyimak twitwar…. hehehehe
    @kadekdoi´s last blog post ..Astaga, Slip SPP Lenyap!

    [Reply]

    pande Reply:

    He… betul juga sih, cuma nyadarnya setelah lama gitu :p

    [Reply]

  3. entahlah…. akun aja anonim, ga jamin juga infonya valid *krik krik* tapi seru juga sih menyimak twitwar…. hehehehe

    [Reply]

  4. Saya beberapa kali mem-follow akun macan itu. Beberapa kali maksudnya saya follow, lalu unfollow lalu follow lagi dan sekarang unfollow lagi.

    Tidak terlalu mengikuti sih, dan jujur saya tidak percaya begitu saja apa yang disampaikan di akun itu (dan juga akun anonim lainnya). Maklum, jaman sekarang, jangankan akun anonim, akun yang jelas pemiliknya saja belum tentu bisa kita percaya. Ya kan?
    imadewira´s last blog post ..Lorenzo Menjauh

    [Reply]

    pande Reply:

    Saya pribadi sebenarnya tidak melakukan Follow, cuma memang rajin mengikuti lewat kolom khusus di aplikasi Tweetdeck… kan bias baca Tweet orang tanpa Follow disitu ? :p

    [Reply]

  5. Hahaha. Trio Macan itu seperti perusahaan. Mereka tes pasar dg pencitraan. Setelah dapat klien, akhirnya ketahuan arahnya kemana. Padahal modal dan materi segala macam kultwit Trio Macan begitu mudah dapat di Jakarta. Minta BAP atau nongkrong di Mabes, ngobrol ngalur ngidul soal perkara, jadi deh bahan tweet. Perkara benar atau fitnah, toh mereka nggak bisa dituntut pertanggungjawabannya 🙂
    Agus Lenyot´s last blog post ..Kenapa Aku Muak Kepada Mereka

    [Reply]

  6. Salam knal sebelumnya..
    Ya mmg agak2 susah untuk menilai akun anonim spt ini ttg maksud dan tujuannya.. Si tm2000 prnh bilang knapa pake nama anonim? Jwbnya: ini bagian dr strategi.. Entah strategi apa yg dimaksud ga dijelaskan lbh jauh, apa takut di munirkan atau …..
    Sepanjang pengamatan sy slama mengikuti kicauannya admin/mungkin big bos nya mengaku bernama Raden Nuh (pernah menjabat sbg dirut pt berdikari insurance/salah satu BUMN) bang RN (raden nuh) ini seorang dari medan, ibunya seorang aktivis dahulu saat era orde lama, dan (maaf) ibunya jg menurut pengakuannya sdh meninggal beberapa bln yg lalu (ketika itu bang RN ini ngetwit ttg buruknya pelayanan RS di indonesia) bang RN jg pernah ditangkap sebanyak 4 kali pd jaman soeharto, bang RN pada saat kuliah adalah satu2 nya mahasiswa yg kuliah di 2 jurusan (ekonomi dan hukum bisnis) (lupa nama PTnya). Oya menurut bang RN admin TM2000 saat ini jumlahnya ada 9 orang (ada pengusaha, lawyer dLl). Untuk sistem informasi jg memanfaatkan intelijen sipil, tdk menutup kemungkinan ada jg teman2 dari instansi terkait spt kpk, kementrian, di daerah, di istana dll. Dan kata bang RN jg kalo beberapa orang diantara mrk jk diketahui sbg admin TM2000 maka informasi akan sangat sulit untuk didapatkan.
    Ya singkatnya semoga akun anonim ini sesuai dengan apa yg ditulis di bionya…
    Akhir2 ini mmg si TM2000 bs dibilang mendapat beberapa cobaan terkait misinya, antara lain ketahuan menghapus beberapa kultwit ttg pilgub dki, baru setelah pilgub putaran 1 mengekspos salah satu kandidat (yg dimana di elu2 kan oleh sebagian orang). Dan beberapa serangan dr akun2 anonim lainnya.
    Ya mungkin itu resiko atau mmg ada maksud dan tujuan yg lain (kita semua tdk pernah tahu)
    Kembali ke kata pepatah yg sudah tdk asing: jangan diliat siapa yg berbicara, tapi dengarkan apa yg dibicarakan.
    Mari kita dukung siapa saja yg berniat untuk memberantas korupsi yg sudah mengakar + mendarah daging di bumi indonesia, demi kemakmuran dan kelangsungan hidup anak cucu kita dan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Semoga saat pilgub Bali 15 Mei 2013 nanti si TM2000 benar2 berpihak kepada rakyat Bali terutamanya untuk memberikan kultwit2 yg bermanfaat dan sebagai pencerahan untuk mendapatkan pemimpin yg terbaik diantara yg terbaik..
    Sekilas ttg akun fenomenal TM2000 berdasarkan pengamatan saya. Oya ada jg beberapa akun lain yg ga kalah menarik spt: @kusuma_putri99 , @konspirasiglobal .
    Maaf jika ada yg tdk berkenan..
    Merdeka!!!!!!!

    [Reply]

Leave a Reply
*