Menu
Categories
Bagaimana Memilih Paket Data Internet yang Nyaman digunakan
May 10, 2012 tentang TeKnoLoGi

Jika sebelumnya Rekan Tokoh sudah disuguhi Tips bagaimana memilih ponsel, tabletpc ataupun kamera, sekarang giliran bagaimana Paket Data Internet yang belakangan kerap dikeluhkan oleh banyak pengguna ponsel tanah air. Langsung saja yah.

Budget ? No Way. Berbeda dengan memilih perangkat Elektronik, memilih kartu perdana untuk paket data internet sesungguhnya tidak membutuhkan biaya yang besar. Katakan saja Minimal 15 ribu rupiah, untuk dapat mencoba sebuah kartu perdana baru plus besaran pulsa 10ribu sebagai isi ulang pertama. Besaran inilah yang kemudian dapat Rekan pergunakan untuk mencoba dan mencoba satu kartu ke kartu lainnya dengan memanfaatkan taris internet Hariannya terlebih dahulu. sekedar Uji Coba lah.

Kedua, kenali cara konfigurasi masing-masing paket data internet yang akan digunakan. Beberapa operator biasanya akan melakukan hal ini secara otomatis ketika Rekan mengganti kartu yang dipergunakan pada perangkat sesaat setelah kartu sim dimasukkan. Jikapun tidak, Rekan dapat memintanya via OTA Over The Air atau menghubungi Call Centre yang bersangkutan.

Ketiga, Posisi menentukan Prestasi. Seperti halnya ujian saat menjadi anak sekolahan dulu, memilih paket data internet akan sangat bergantung pada lokasi dimana kelak Rekan akan menggunakannya. Ini terkait Coverage Area yang didukung oleh masing-masing operator. Bisa jadi operator A memiliki sinyal kuat di tempat kerja, namun malahan blank ketika digunakan dirumah. Jadi, silahkan mencoba dan mencoba Tips pertama diatas satu persatu.

Keempat, Waktu Penggunaan. Sama halnya dengan traffic jalan raya, saat masuk ngantor pagi bisa jadi akses internet di beberapa operator bakalan terkena efek macet lantaran banyaknya orang yang mengakses email, berita ataupun sekedar update status penanda mulai bekerja. Baru terasa mulai lancar saat beringsut satu dua jam sesudahnya. Mulai ramai lagi saat jam makan siang ataupun di malam hari.

Kelima, Stabilitas. Percuma saja menggunakan paket data internet yang menyatakan bisa ngebut dengan kecepatan tinggi, tapi kenyataannya sinyal naik turun bahkan kerap menghilang. Aksi seperti ini tentu bakalan berimbas pada suasana hati dan kerja Rekan saat beraktifitas. Lebih baik memilih kecepatan akses yang sedang namun stabil ketimbang ngakunya kencang tapi malah blank. Ini bisa didapat tentu saja dari usaha pertama tadi, mencoba dan mencoba.

Keenam, Jangan terlalu Setia. Ada kalanya satu operator mengalami Down dan mengakibatkan pada lemotnya akses paket data yang digunakan. Sehingga disinilah gunanya Rekan mencoba dua atau tiga paket data secara berkala bergantung pada situasi yang kelak diciptakan. Untuk mengujinya tidak perlu jauh-jauh, baca saja status teman yang ada di beberapa jejaring sosial yang kerap mengeluhkan soal gangguan sinyal operator secara gamblang.

Untuk mendapatkan Kenyamanan Penggunaan akses paket data internet, kami yakin hampir mustahil dapat terjadi, mengingat tarif yang dibebankan dari operator sangat murah lantaran harus bersaing satu sama lainnya. Namun tidak ada salahnya jika Rekan mau mencobanya.

"3" Comments
  1. Untuk urusan ini, saya setuju bahwa kita jangan terlalu setia.

    Tapi sayangnya bli, kalau untuk kartu yang sekaligus digunakan untuk nomor ponsel pribadi, agak ribet kalau mesti ganti-ganti.

    Kecuali jika kita bisa ganti provider tanpa ganti nomor. Kalau ndak salah dulu di detikinet saya pernah baca bahwa suatu saat nanti hal ini akan dilaksanakan di Indonesia. Jadi kita bisa pakai nomor yang sama jika pindah ke operator lain.
    imadewira┬┤s last blog post ..Apa Itu LPSE

    [Reply]

    pande Reply:

    Itu sebabnya untuk nomor primer, tetap Flexy yang dipakai, sedang sekunder dan ganti”nya ya nomor di Tablet. :p

    [Reply]

  2. Pingback: PanDe Baik » Blog Archive » Uji Kekuatan Sinyal My Mobile Coverage

Leave a Reply
*