Menyulap Ponsel Android ke OS Ice Cream Sandwich

Category : tentang TeKnoLoGi

Berangkat dari pemikiran yang lumayan mupeng akan ketersediaan upgrade OS Ice Cream Sandwich untuk perangkat Samsung Galaxy Ace S5830 tak jua kunjung tiba, seperti halnya ponsel berbasis Android yang lain,maka tips berikut bolehlah untuk ditiru sebagai penghilang dahaga sementara.

Modalnya Cuma 2, ICS Launcher dan Desktop Visualizer.

Berbeda dengan Launcher yang pernah dibahas beberapa waktu lalu, untuk ICS Launcher yang satu ini sepengetahuan saya sih berdiri sendiri tanpa mensyaratkan applikasi Launcher lain seperti Go launcher atau ADW. Jadi memang beneran Launcher, dan bukan Thema.

ICS Launcher ini bisa didapat dengan Gratis lewat Google Play (dahulunya disebut dengan Android Market) dengan mengetikkan kata kunci ICS Launcher. Adapun Launcher ini merupakan hasil kembangan Syndicate Apps yang memang mengadopsi habis tampilan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Dalam versi Free ini, hanya tiga fitur saja yang tidak dapat diakses dengan sempurna yaitu Color Tweaks, Text Preferences dan Battery Preferences. Tapi secara umum, sudah cukup memuaskan kok. Silahkan melakukan Instalasi lebih lanjut dan aktifkan aplikasi Launchernya.

Saat aplikasi berjalan, secara tampilan Homescreen, dan juga Menu akan diubah layaknya mengakses perangkat Android berbasis OS IceCream Sandwich 4.0, sayangnya tidak demikian dengan tampilan Icon yang ada pada tampilan HomeScreen. Ini dia fungsi Desktop Visualizer yang saya sarankan diatas.

Desktop Visualizer merupakan sebuah aplikasi yang berjalan di perangkat Android, untuk memberikan tampilan icon secara custom bagi aplikasi ataupun games dan juga bookmark pada browser. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara Gratis pula pada perangkat yang Rekan gunakan.

Cara kerjanya sangat gampang. Tinggal pilih icon yang diinginkan (pilih ICS icon), kemudian pilih Aplikasi, games atau Bookmark yang akan dijalankan dengan menggunakan Icon tersebut. Tekan OK dan lihat hasilnya. Untuk bisa berhasil dengan baik, layar homescreen yang akan dieksekusi minimal memiliki satu space kosong untuk menempatkan shortcut yang di-custom oleh Desktop Visualizer. Selain menggunakan daftar Icon ICS yang sudah menyertai Launcher, pengguna dapat membuat atau mencari di dunia maya Icon gambar dalam format file PNG.

Sebetulnya dengan dua bantuan aplikasi tambahan ini saja, secara tampilan sudah mirip plek banget dengan perangkat ponsel Android yang sudah mengadopsi OS 4.0 IceCream Sandwich. Namun jika Rekan belum jua puas dengan Tampilan HomeScreen dan Icon, bisa menambahkan satu Aplikasi lagi yaitu ICS LockScreen.

ICS Lockscreen ini akan mengubah tampilan layar yang terkunci dari tampilan default ke tampilan layar khas milik IceCream Sandwich dan juga OS Android 3.0 Honeycomb, dimana pengguna tinggal menggeser tombol kunci gembok kearah lingkaran luar. Mudah bukan ?

Meski banyak kemudahan yang diberikan kepada pengguna Android lewat keberadaan tiga Aplikasi ini, ada satu yang patut diperhatikan sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Dibutuhkan setidaknya Memory RAM sebesar 22 MB untuk dapat menjalankan aplikasi ICS Launcher dengan sempurna, 3,22 MB untuk Desktop Visualizer saat digunakan dan 6,15 MB untuk ICS LockScreen. Jadi, bagi Rekan yang masih belum melakukan aktifitas Rooting dan juga pemindahan aplikasi ke Memory Eksternal, saya sarankan untuk pikir-pikir dahulu sebelum mencoba. Ketimbang memperlambat proses eksekusi aplikasi lainnya dan juga pengurasan daya tahan batere yang lebih cepat.

Akhir kata, Tips diatas hanya diperuntukkan bagi mereka yang tidak ingin direpotkan dengan menginstalasi Custom ROM berpenampilan ICS yang masih menggunakan Basic GingerBread plus Resiko terjadinya Bootlop (pengalaman pribadi) atau bagi mereka yang tak kesampean Upgrade OS Resmi dari masing-masing Vendor. Kalo Cuma buat sekedar bergaya, tidak apa-apa Kan ?

Comments are closed.