Dragonfly, Menangkap Capung Virtual bersama Samsung

3

Category : tentang TeKnoLoGi

Bagi pengguna perangkat Android yang dirilis oleh Samsung lewat code Galaxy series, per akhir Januari kemarin mendapatkan suntikan mainan baru yang dikembangkan secara khusus dengan berbasis Augmented Reality. Istilah ini kurang lebih bisa diartikan sebagai permainan ataupun aplikasi yang mengandalkan lensa kamera sebagai sarana utama.

Dragonfly. Permainan online yang diluncurkan secara resmi 29 Januari 2012 lalu di tiga kota besar Jakarta, Bandung dan Surabaya ini merupakan sebuah aksi menangkap capung berbagai macam warna dan nama dengan memanfaatkan lensa kamera yang berada di punggung masing-masing perangkat. Dikarenakan sifatnya yang online, maka untuk bisa melakukannya dengan baik dibutuhkan pula koneksi internet dengan jaringan yang memadai. Makin baik jaringan dan sinyal yang didapat, makin mudah pula pengguna menangkap Capung dan mengkoleksinya. Permainan ini dapat ditemukan dalam fitur Samsung Apps yang terdapat dalam setiap perangkat Android yang dirilis oleh Samsung Galaxy Series baik ponsel ataupun tabletpc.

Selain kamera, permainan ini memanfaatkan pula fitur GPS yang memang selalu disertakan dalam setiap perangkat Android. Sehingga bisa dikatakan, lain lubuk lain belalang. Lain lokasi, lain pula jenis Capungnya. Hasil tangkapan yang telah dikoleksi dapat pula di-Share atau dibagi ke rekan-rekan yang dimiliki apabila jumlah yang dimiliki lebih dari satu. Jumlah dan jenis tangkapan ini akan disajikan dalam bentuk prosentase baik per jenis ataupun total jumlah yang didapat untuk memenuhi syarat di masing-masing level permainan.

Untuk dapat menangkapnya dengan baik, dibutuhkan pula keahlian dalam mencari ke segala arah di lingkungan sekitar, kemudian berhati-hati mendekatinya seperti mendekati capung di dunia nyata, dan tangkap saat Capung berada dalam area kotak kamera. Sebagai tanda bahwa Capung sudah bisa ditangkap adalah terdapatnya garis merah pada area kamera di layar perangkat. Uniknya, semakin dikejar maka Capung virtual inipun akan terbang semakin jauh. Jadi yang sabar ya.

Untuk lebih menarik perhatian pengguna dalam memainkan Dragonfly ini, kabarnya di beberapa Capung yang beredar, disertakan pula Voucher ataupun bonus berupa Diskon tertentu yang kelak akan amat sangat berguna bagi penangkap Capung. Informasi selanjutnya dapat ditemukan di halaman www.samsungapps.com.

Setiap pemain dalam permainan Dragonfly ini diwajibkan untuk membuat akun UserID terlebih dahulu yang nantinya dapat diatur untuk melakukan Login secara otomatis saat diaktifkan. Dalam setiap halaman Pengguna setidaknya terdapat delapan icon menu meliputi Profile, daftar teman, notifikasi yang difungsikan untuk menerima permintaan pertemanan ataupun gifts berupa Capung dari teman lain, perolehan rangking sementara dan cara menggunakannya. Termasuk dua icon untuk berbagi cerita di akun jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Meski permainan Dragonfly ini dikembangkan secara khusus oleh Samsung bagi para pengguna Android Galaxy Series, ternyata tidak menutup kemungkinan bahwa Dragonfly bisa juga dimainkan di perangkat Android lainnya seperti milik HTC ataupun LG. Untuk aplikasinya sendiri dapat ditemukan di beberapa halaman berbagi file seperti misalkan 4shared. Jadi, bagi yang memiliki perangkat Android, silahkan saja mencobanya.

*Tulisan ini sempat tampil pula di Koran Tokoh kolom Tekno halaman 20

Comments (3)

Bro…aku ada baca nih kl viber bisa di download tuk PC/laptop, itu benar ato ga ya?? kl bener, tolong ya caranya supaya bisa juga viber from PC/laptop. Thanks bro tuk info selanjutnya.

[Reply]

pande Reply:

He… meski komentar ini salah posting, baiknya sih di tulisan tentang Viber, tapi gag ada salahnya untuk dijawab.
Dari situs resminya sih, saya pantau Viber memang belum mendukung yang namanya Personal Computer atau PC maupun NoteBook. Sehingga satu-satunya jalan keluar yang bisa digunakan dalam hal ini jika memang mau dipaksakan ya dengan cara menginstalasi Android Emulator di pc atau notebook yang dipergunakan, seperti tulisan saya beberapa waktu lalu. Setelah itu ya lakukan instalasi aplikasi Viber.apk kedalam emulator tersebut dan jalankan.
Info sementara history Viber untuk PC ini bisa juga dibaca disini ;
http://www.viberforpc.com/

[Reply]

pande Reply:

Salah satu tulisan terkait Android Emulator : http://www.pandebaik.com/2010/06/17/nikmatnya-android-1-5-cupcake/

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge