Tips Memilih TabletPC

4

Category : tentang TeKnoLoGi

TabletPC atau yang dahulu dikenal dengan istilah Sabak merupakan sebuah perangkat yang dalam dua tahun terakhir menjadi Booming dikalangan pengguna Gadget tanah air lantaran kemampuannya yang nyaris menyamai NoteBook sebagai perangkat kerja dan bentukannya yang ringan dan cenderung lebih mobile sehingga memungkinkan untuk dibawa kemana saja dan dalam siatuasi apapun. TabletPC menjadi sebuah Trend setelah Apple meluncurkan perangkat iPad mereka yang pertama dan fenomenal sehingga menginspirasi vendor besar lainnya untuk menjadi kompetitor bahkan plagiatornya. Kini publik dihadapkan pada banyak pilihan TabletPC yang siap dibawa pulang baik diharapkan dapat membantu sebagian dari aktifitas yang dilakukan atau hanya untuk memuaskan rasa penasaran saja. Sebelum memutuskan pilihan, simak dahulu Tips memilih TabletPC dari kami.

1. Budget
Beberapa TabletPC memang ada yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Namun sekedar informasi bahwa murahnya harga yang ditawarkan biasanya akan berbanding lurus dengan fitur dan kemampuan yang dibenamkan didalamnya. Untuk pertimbangan pertama ini, kami menyarankan untuk menyediakan dana kisaran 3 s/d 4 jutaan untuk mendapatkan TabletPC yang kelak mampu mengakomodasi semua kebutuhan yang diharapkan.

2. Dimensi Layar
Ada beberapa pilihan dimensi layar yang dapat dipertimbangkan kembali dalam memilih sebuah perangkat Tablet PC. Dari yang terbesar 10 inchi, 8,9”, 7” hingga 5”. Semua kembali kebutuhan dan kemungkinan Rekan untuk membawa dan menggunakannya dalam segala situasi. Semakin besar dimensi layar, semakin nyaman mata kita saat menggunakannya namun semakin tak nyaman apabila Rekan merupakan tipikal orang tak ingin dianggap pamer.

3. Sistem Operasi
Setidaknya ada empat jenis sistem operasi yang kini disematkan dalam sebuah TabletPC sebagai alternatif pilihan. Terbanyak dari Android yang diusung oleh beragam vendor, diikuti iOS lewat dua perangkat iPad, BlackBerry lewat perangkat PlayBook dan Windows dari beberapa pabrikan yang biasanya dibundling dengan Android.

4. Jaringan
Dalam penjualan TabletPC dengan jenis yang sama, biasanya dilepas dalam dua versi. Yang hanya mendukung jaringan Wifi saja dan yang dikombinasi dengan jaringan 3G selular. Kelebihan perangkat yang dijual dengan dukungan Wifi saja tanpa selular adalah dilepas dengan harga yang jauh lebih murah. Namun untuk bisa memanfaatkannya secara optimal, mutlak membutuhkan hotspot terdekat atau diakali dengan membeli perangkat router tambahan yang dapat dibawa kemana saja.

5. Fitur yang ditawarkan
Kebutuhan fitur pada sebuah perangkat TabletPC biasanya sedikit berbeda dibanding kebutuhan fitur pada sebuah perangkat ponsel. Kemampuannya untuk melakukan Multitasking atau banyak aktifitas dalam suatu waktu adalah hal mutlak. Pun demikian dengan Office Application yang diharapkan tidak hanya sekedar sebagai viewer saja. Beberapa Fitur lain yang ditawarkan oleh masing-masing perangkat adalah Tethering, yang memungkinkan pengguna membagi koneksi internet lewat jaringan Wifi dengan lingkungan sekitarnya, Voice dan Sms untuk alternatif komunikasi layaknya ponsel dan Market yang siap menyediakan ratusan bahkan ribuan aplikasi atau games bagi pengguna yang membutuhkannya.

6. Daya Tahan Batere
Secara rata-rata, perangkat TabletPC biasanya dibekali dengan daya tahan batere yang cukup untuk digunakan satu dua hari dalam pemakaian normal. Namun ada juga beberapa vendor yang membekali perangkat dengan keterbatasan daya batere seperti halnya Acer atau vendor lokal. Besarnya daya tahan batere tentu akan berpengaruh besar pada pola pemakaian pengguna yang barangkali diharuskan untuk membawa charger kemana-mana.

7. Layanan Purna Jual
Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, Layanan Purna Jual mutlak dibutuhkan pengguna apabila perangkat yang dimilikinya mengalami gangguan akibat ketidak/sengajaan penggunaan. Tidak seperti layanan purna jual perangkat ponsel, untuk tabletpc bisa jadi lebih sedikit lagi yang mampu menyediakannya di setiap kota pelosok negeri.

8. Forum dan Komunitas
Untuk bisa menggunakan sebuah perangkat TabletPC bisa dikatakan sedikit lebih rumit ketimbang ponsel. Pengaruh besar perbedaan sistem operasi yang dipergunakan dalam setiap perangkat tabletpc dibanding ponsel membuat aksesibilitas menu dan pola kerja pengguna dalam beraktifitas tak lagi bisa disamakan. Bahkan dalam satu jenis sistem operasi yang berasal dari vendor yang berbeda, penggunaannya tidak bisa disamakan. Kebutuhan akan keberadaan Forum dan Komunitas, akan jauh lebih banyak membantu pengguna baik dari sekedar penggunaan secara umum, pemanfaatan aplikasi hingga kustomisasi lebih lanjut.

(www.pandebaik.com)


Comments (4)

beh… telat infonya. masalahnya dah beli tabletpc. kangguang huawei medispad 7″. diulas donk seri ini. kalo perlu barangnya tiang pinjamin. hehehe
Suksma bli

[Reply]

pande Reply:

Rata”ulasan Gadget yang ada di halaman ini dibuat setelah barangnya pernah dipegang secara langsung… jadi karena memang blom pernah pegang ya… blom pernah di-Review. hehehe…

[Reply]

Bli Pande, mohon lagi satu dari sisi aplikasi yang tersedia dari masing-masing OS bli. Maksud saya ketersediaan aplikasi gratis atau berbayar, kemudahan pemasangan aplikasi dan lain-lainnya, perbandingan dari satu OS dan OS lainnya.
imadewira´s last blog post ..Toleransi Umat Hindu Pada Nyepi di Bali

[Reply]

pande Reply:

Kalo bicara soal ketersediaan ditinjau dari kondisi default, blom di-Root, Jailbreak dan sejenisnya, sepengetahuan saya cuma Android dan Symbian yang bisa diakali, baik aplikasi gratisan atau bajakan… Cuma Symbian kan blom punya TabletPC ? :p tapi, idenya bagus juga. :)

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge