Mengenal Perangkat TabletPC

4

Category : tentang TeKnoLoGi

Akhir November 2011 lalu, sebuah media cetak lokal beberapa kali menurunkan berita perihal pengadaan iPad bagi para pejabat yang dikhawatirkan sebagai cara yang tidak efektif untuk meningkatkan kinerja para pejabat seperti klaim yang dijadikan sebagai alasan pengadaan. Sebenarnya istilah yang lebih tepat bagi pengadaan iPad adalah pengadaan perangkat TabletPC yang notabene dalam dunia pengadaan sebenarnya tidak dibenarkan untuk menyebutkan sebuah merek atau brand seperti iPad. Lantas ada yang tahu apa itu perangkat TabletPC yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja para pejabat tersebut ?

TabletPC merupakan sebuah perangkat kerja digital atau sebuah computer dalam bentuk portable yang berukuran kompak layaknya sebuah buku dan dapat dipergunakan secara mobile, dibekali dengan teknologi layar sentuh sebagai media input utama, serta memanfaatkan pena atau stylus hingga sentuhan tangan untuk dapat mengoperasikannya. Teknologi TabletPC sebetulnya telah dikenal sudah cukup lama, bahkan pada tahun 1993 Apple serta Fujitsu sempat mengumumkan perangkat TabletPC mereka yang pertama. Ketika teknologi semakin berkembang, perangkat TabletPC mulai menggeliat saat dirilis dalam bentuk UMPC (Ultra Mobile Personal Computer) yang mengadopsi bentukan perangkat Notebook namun dengan tampilan layar memutar. Teknologi TabletPC baru mulai dianggap booming dihadapan publik ketika Apple merilis iPad seri pertama pada bulan April 2010.

Dibandingkan perangkat mobile seperti ponsel, TabletPC memiliki beberapa kelebihan tersendiri yang kemudian menjadikannya perangkat portable paling diburu sejak awal tahun 2011. Kemampuannya untuk melakukan sejumlah aktifitas kerja yang berkaitan dengan office application merupakan salah satu dari sekian banyak fungsi serta kemampuan perangkat yang berguna bagi pemiliknya. Dengan layar yang lebar, menjadikan sebuah perangkat TabletPC sangat nyaman dipandang mata saat beraktifitas, terutama bagi para lansia dan anak-anak.

Untuk dapat mengoptimalkan kemampuan sebuah perangkat TabletPC, pengguna diharapkan mengetahui minimal kemampuan apa saja yang dapat dilakukan oleh masing-masing perangkat serta memiliki dan menggunakan akses internet unlimited bulanan untuk mencegah pengurasan pulsa yang berlebihan.

Pada awal tahun 2012 ini, ada banyak varian TabletPC yang dapat dijadikan sebagai alternative pilihan untuk mendukung kinerja Rekan-rekan dalam beraktifitas. Paling tidak ada empat jenis system operasi yang siap membantu dalam hal office application, hiburan atau multimedia dan tersedia dalam beragam rentang harga serta kemampuan. iOS pada perangkat iPad, Android, BlackBerry pada perangkat PlayBook dan Windows Tablet Edition. Masing-masing system operasi yang disematkan dalam perangkat TabletPC, memiliki kelebihan serta kekurangan yang berbeda satu sama lain.

Dari segi ukuran, ada sedikitnya empat dimensi layar yang dapat dikategorikan sebagai perangkat TabletPC, yaitu 5”, 7”, 8,9” dan 10,1”. Untuk ukuran layar 5”, 7” dan 8,9” lebih dominan dikuasai oleh perangkat TabletPC yang mengadopsi system operasi Android, dan datang dari berbagai varian brand serta harga. Adapun besaran budget yang dapat disediakan untuk dapat membawa pulang sebuah perangkat TabletPC dengan kualitas menengah keatas adalah kisaran 3 s/d 8,5 Juta rupiah. Meski ada juga beberapa perangkat TabletPC brand local yang dijual dengan kisaran harga 800ribu s/d 2,5 Juta rupiah. Di rentang harga ini tentu saja ada beberapa fitur dan kemampuan tertentu yang dipangkas oleh Vendor.

Bicara masalah harga, biasanya ada dua varian berbeda dukungan jaringan yang dirilis oleh masing-masing vendor atau brand pada seri yang mereka luncurkan. Yang mendukung hanya jaringan Wifi saja atau yang dikenal dengan istilah Wifi only dan yang mendukung jaringan seluler atau dikenal dengan istilah 3G+Wifi. Untuk perangkat TabletPC Wifi only biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dengan selisih rata-rata sebesar satu juta rupiah, namun untuk dapat terhubung dengan dunia maya, perangkat ini harus mencari akses hotspot terdekat, meski ada juga vendor yang membekali perangkat mobile Router dalam paket penjualannya.

Sedikit Tips dari kami untuk Rekan yang berminat memiliki sebuah perangkat TabletPC, pertama pilihlah yang masuk dalam kategori kelas menengah dengan kisaran budget 3 Juta rupiah. Ini kami sarankan agar Rekan tidak kecewa dengan kinerja akses operasional yang dapat dilakukan perangkat ataupun keterbatasan kemampuan yang barangkali kerap dialami perangkat TabletPC buatan local. Tips kedua, pilihlah ukuran yang sekiranya dibutuhkan dan dapat dibawa serta dipergunakan dalam beberapa situasi tertentu. Tips ketiga, pahami spesifikasi perangkat TabletPC yang akan dipilih bahkan jika perlu diperbandingkan dengan perangkat dalam rentang harga yang sama, meliputi besaran internal storage, kecepatan akses prosesor serta besaran RAM memory yang digunakan.

(PanDe Baik)
Artikel ini sempat pula tayang di Media Koran Tokoh edisi Minggu Ketiga Januari Tahun 2012

Comments (4)

karena terbentur masalah budget, rasanya saya belum bisa memenuhi hasrat saya untuk memiliki gadget pintar ini. lagipula saya bukanlah anak-anak dan belum lansia, hehehe….
adiarta´s last blog post ..Apakah Nyepi Itu Hari Raya?

[Reply]

pande Reply:

Saya doakan biar budgetnya cepat bisa terwujud… jadi bisa punya hasrat juga. :p

[Reply]

Untuk masalah istilah TabletPC dengan iPad, masih banyak yang salah kaprah. Mereka menggunakan istilah iPad untuk menyebut TabletPC. Misalnya, “apa merk iPad kamu itu?” | “oh, ini Samsung Galaxy Tab”, hehehe
imadewira´s last blog post ..Toleransi Umat Hindu Pada Nyepi di Bali

[Reply]

pande Reply:

sama halnya dengan menyebut ‘Honda’ untuk motor… :p

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge