Tips Memilih Ponsel

4

Category : tentang TeKnoLoGi

Mengganti ponsel bukanlah satu tindak kejahatan, namun jangan sampai menyesal jika sudah terlanjur mengganti ponsel tapi sayangnya tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu, sebelum Rekan memutuskan mengganti perangkat komunikasi ponsel yang kini digunakan, barangkali bisa diintip dahulu tips-tips berikut.

1. Ketersediaan Budget
Seperti banyak hal, Budget merupakan pertimbangan pertama yang secara langsung memilah ketersediaan ponsel pada peringkat tertentu. Pilihan terbanyak barangkali ada pada tingkat menengah (kisaran 3,5 juta) kebawah. Dalam kisaran ini ada banyak vendor dan seri yang siap dibawa pulang dengan berbagai kemampuan.

2. Sistem Operasi
Pertimbangan kedua adalah apakah Rekan memerlukan sebuah ponsel pintar yang sekiranya dapat membantu banyak pekerjaan atau bersocial media ataukah hanya sekedar ponsel Java biasa yang memiliki kemampuan telepon dan sms saja. Untuk perangkat ponsel pintar tersedia berbagai perangkat dengan sistem operasi ternama seperti BlackBerry, iOs yang diusung oleh iPhone, Windows Phone, Symbian ^3 Anna dan Belle yang identik dengan Nokia atau Android. Masing-masing sistem operasi tentu punya kelebihan dan kelemahan yang berbeda satu sama lain.

3. Media Input
Setahun terakhir perangkat ponsel yang paling sering diluncurkan adalah yang memanfaatkan media input Touch Screen atau keypad type qwerty. Disamping itu ada pula yang menggunakan kombinasi keduanya dan keypad konvensional 3×4. Pertimbangan ini akan sangat mempengaruhi pola dan kecepatan aktifitas yang Rekan lakukan. Ada yang tidak terbiasa dengan keypad virtual pada layar sentuh dan ada pula yang kebingungan dengan keypad qwerty lantaran telah terbiasa dengan pola konvensional.

4. Fitur Andalan
Beberapa perangkat ponsel terkini sudah dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi atau bertukar informasi dengan hanya mendekatkannya saja. Selain itu, istilah Tethering agaknya belakangan mulai menjadi sebuah Trend yang memungkinkan pengguna untuk berbagi koneksi wifi dengan sekitarnya. Pula memiliki kemampuan Chat Messenger yang membuat banyak kalangan dapat berkomunikasi satu sama lain secara intens.

5. Kemampuan Fitur Pendukung
Disamping fitur-fitur andalan yang sekiranya bakal dibutuhkan, tidak ada salahnya pula apabila fitur pendukung dapat dipertimbangkan dalam memilih sebuah ponsel. Misalkan kemampuan resolusi kamera yang menggunakan autofokus atau tidak, kemampuan musik player dan speaker yang nyaring atau pilihan tampilan layar yang mampu membuat mata nyaman memandang.

6. Social Media
Bicara perangkat ponsel yang rata-rata sudah dapat digunakan sebagai alternatif mobile internet rasanya tidak lengkap apabila belum mendukung kemampuan untuk bersocial media, dalam ponsel murah sekalipun. Katakanlah ketersediaan akses FaceBook atau Twitter, baik yang hanya mengandalkan shortcut menuju versi mobile atau bahkan mengembangkannya secara khusus dalam bentuk aplikasi.

7. Ketahanan Batere
Dalam beberapa pertimbangan terkadang daya tahan pemakaian ditempatkan pada akhir daftar atau malah cenderung diabaikan. Karena rata-rata perangkat ponsel pintar membutuhkan daya yang besar untuk dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Akan sangat berbeda apabila pengguna tergolong jarang memanfaatkan dunia maya sebagai tempat aktifitasnya dan mengandalkan komunikasi voice atau text message (sms).

8. Layanan Purna Jual
Sebagai salah satu perangkat elektronik, ponsel sangat rentan akan kerusakan atau gangguan teknis baik yang dibawa sedari pabrikan atau karena salah penggunaan. Layanan Purna Jual menjadi pertimbangan terakhir yang kami sarankan mengingat sebagai konsumen, pengguna ponsel sangat berhak mendapatkan kepastian dari vendor untuk rasa nyaman dalam menggunakannya. Meski demikian, tidak semua vendor mampu menyediakan Layanan Purna Jualnya di seantero kota pelosok negeri. Itu sebabnya dalam beberapa kasus, apabila kerusakan tak mampu ditangani, perangkat biasanya akan dikirim ke luar daerah untuk mendapatkan penanganan.

(www.pandebaik.com)


Comments (4)

Sebenarnya bukan memilih Bli, kalau memilih pasti pinginnya yang paling bagus dan terbaru :D .
Cahya┬┤s last blog post ..I May Not Lead Nor Might Follow You

[Reply]

pande Reply:

‘Membeli sesuai budget yah ?
hehehe…

[Reply]

Urutan dalam tips sudah sangat pas, dan menurut saya untuk saat ini memilih ponsel yang terpenting adalah budget dan OS. Beberapa kawan saya lihat masih memilih berdasarkan brand :D
imadewira┬┤s last blog post ..Toleransi Umat Hindu Pada Nyepi di Bali

[Reply]

pande Reply:

Untuk Brand, ada kaitannya dengan yang Tips nomor 7-8 :)

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge