Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 5)

Category : tentang TeKnoLoGi

c. Tango

Tango merupakan salah satu alternatif akses komunikasi suara yang memanfaatkan koneksi jaringan data yang didirikan pada November 2009 di Palo Alto California. Berdasarkan keterangan secara resmi melalui website mereka, bahwa selain disediakannya versi desktop atau pc, penggunaan aplikasi Tango untuk saat ini hanya mampu didukung oleh perangkat telepon genggam seluler berbasis sistem operasi iOS (iPhone, iPod Touch, iPad) dan Android versi 2.1 keatas. Persyaratan lainnya yang ditetapkan adalah dukungan perangkat dan juga ketersediaan operator akan jaringan data minimal 3G atau Broadband. Sehingga seperti halnya dua aplikasi diatas, persoalan kualitas suara akan kembali pada layanan paket data operator yang digunakan.

Selain Free Calls, Tango menyediakan pula fitur Video Calling yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna. Untuk itu, perangkat yang digunakan harus pula mendukung fitur video call yang minimal menyertakan kamera depan untuk fasilitas bertatap muka.

Memanfaatkan daftar kontak yang ada dalam perangkat ponsel atau telepon genggam dan juga Contact pada perangkat NoteBook/pc, Tango secara otomatis akan melakukan pencarian terhadap nomor yang ada dalam daftar dan menggunakan layanan Tango, hingga memungkinkan terjadinya komunikasi.

Aplikasi Tango murni mengandalkan nomor ponsel yang digunakan oleh pengguna tanpa proses registrasi menggunakan alamat email atau identitas lainnya. Jadi akan jauh lebih aman terhadap percobaan penipuan di ranah dunia maya.
Ketidakterbatasan wilayah yang mampu didukung baik untuk melakukan panggilan ataupun video call secara internasional membuat Tango dapat menjadi salah satu alternatif akses komunikasi suara yang memanfaatkan koneksi data tanpa mengeluarkan biaya tambahan lagi.

d. Yahoo Messenger

Diluar ketiga alternatif aplikasi diatas, ada satu alternatif lain lagi yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi suara yang memanfaatkan layanan data. Yahoo Messenger.

Yahoo Messenger merupakan aplikasi yang sudah sedemikian tenarnya dengan Skype. Memiliki komunitas tersendiri karena kemampuannya yang selain mencakup instant messaging lengkap dengan emoticon yang beragam, text messaging layaknya sms, pertukaran file multimedia, pula digunakan untuk voice dan video call. Sayangnya untuk bisa menggunakannya secara sempurna, Yahoo Messenger mensyaratkan kepemilikan alamat email berdomainkan Yahoo.

Aplikasi ini bisa digunakan dalam perangkat desktop pc ataupun telepon genggam selular yang telah mendukung aktifitas dunia maya. Tidak lagi terpaku pada penggunaan OS tertentu seperti halnya aplikasi diatas. Uniknya, baik dalam versi desktop pc ataupun Mobile, selain mendukung fitur Chat antar pengguna Yahoo Messenger, pula bisa digunakan untuk Chat antar pengguna akun FaceBook.

Dibandingkan dengan Skype dan Tango, fitur Video Call yang ada didalam penggunaan aplikasi Yahoo Messenger hasilnya jauh lebih lambat padahal menggunakan paket data plan dari operator yang sama. Jeda pada suara kerap terjadi dan gambar yang tampak lebih banyak terputus atau tertunda. Dalam penggunaan pada perangkat Android, untuk bisa memanfaatkan fasilitas Video Call, pengguna harus menginstalasi plugins video tambahan yang memang sudah tersedia di Market.

Post a comment

CommentLuv badge