Menu
Categories
HTC FLYer, HandWriting pada perangkat TabletPC ?
December 14, 2011 tentang TeKnoLoGi

Dalam paket penjualan, HTC FLYer dibekali pula dengan sebuah Pena Stylus berwarna abu/putih dengan berhiaskan dua tombol tekan serta ujung pena yang membulat. Fungsinya tentu saja sudah dapat ditebak. Sebagai media inputting text pada perangkat TabletPC dengan menggunakan tulisan tangan. Namun Sedikit  berbeda dengan Pena Stylus yang dahulu biasanya dissertai pula dalam bodi perangkat sebuah handheld PDA berbasis Windows Mobile, Pena yang satu ini hanya akan berfungsi untuk menekan tombol-tombol tertentu saja baik pada fisik perangkat ataupun aplikasi bawaannya.

Untuk dapat mengaktifkan Pena Stylus ini dengan sempurna, dibutuhkan satu pcs baterai 4A yang dimasukkan melalui pantat pena dengan cara putar untuk membukanya. Sayangnya, Pena Stylus ini ketika tidak digunakan, jelas akan sangat riskan untuk terselip atau hilang lantaran tidak dapat disispkan pada bodi HTC FLYer. Syukurnya, pada LetaherCase yang pula terdapat dalam paket penjualan, terdapat selipan kami memanjang yang fungsinya tentu untuk menyematkan Pena Stylus didalamnya.

Untuk menggunakannya dalam perangkat TabletPC HTC FLYer, pengguna terlebih dahulu dapat menekankan ujung Pena Stylus pada tombol khusus yang terdapat dipojokan bawah layar. Aksi ini akan memunculkan dua opsi pilihan, apakah pengguna ingin menggunakan Notes untuk melakukan opsi HandWriting ataukah memanfaatkan layar perangkat yang saat itu sedang diaktifkan ?

Jika pengguna memilih Notes, maka tampilan akan berubah menjadi sebuah halaman Notes kosong yang siap dicorat coret ataupun dimanfaatkan sebagai lembar kerja layaknya lembar sebuah agenda. Sedang jika pengguna memilih opsi layar, maka tampilan akan kembali pada lembar layar yang sedang diaktifkan, dan siap dilakukan editing.

Opsi manapun yang dipilih, pengguna akan diberikan opsi tambahan baik itu memilih jenis Pena yang akan digunakan maupun pilihan warna lain jika dibutuhkan. Adapaun pilihan jenis Pena yang tersedia yaitu Pena dengan tinta basah, Pena biasa, spidol, kuas, hingga pensil dan pensil warna. Disamping itu terdapat pula satu Pena yang dapat berfungsi untuk menghapus goresan atau catatan yang telah ditorehkan sebelumnya.  Selain Jenis dan Warna, ada juga tebal tipis goresan siap digunakan dalam opsi pilihan yang berbeda.

Untuk opsi menghapus, seandainyapun pengguna merasa ribet untuk mengganti jenis Pena yang akan digunakan, opsi tersebut dapat pula dilakukan dengan cara menekan tombol atas pada fisik Pena dan menggoreskannya pada layar.

Uniknya, ujung pena hanya akan berlaku pada tombol sentuh serta opsi Menu pada aplikasi bawaan saja, tidak mencakup pada tombol-tombol pilihan lain yang terpampang pada layar halaman. Itu sebabnya, bagi yang kurang terbiasa, opsi untuk memanfaatkan Pena Stylus ini lumayan terasa agak membingungkan pada awalnya.

Pena Stylus yang dapat dimanfaatkan sebagai media HandWriting ini dapat digunakan sebilamana perlu ketika pengguna tidak memungkinkan untuk melakukan inputting dengan memanfaatkan media keyboard virtual. Selain itu, semua aktifitas yang telah dilakukan, dapat disimpan dan di-Edit kembali jika diperlukan.

Aktifitas HandWring sebenarnya bisa pula dilakukan pada perangkat Android lainnya dengan menggunakan jari tangan, namun hasil yang ditorehkan tidak akan mampu tampil sebaik dan sedetail yang HTC sediakan mengingat adanya opsi Pilihan Jenis dan Tebal Tipisnya garis tadi.

Leave a Reply
*