Touch and Type ala BlackBerry Bold 9900 Dakota

2

Category : tentang TeKnoLoGi

Dari sekian banyak ponsel yang dirilis BlackBerry sebelumnya, BlackBerry Bold 9900 Dakota bisa dikatakan mengadopsi bentukan baru meski bagi pasar ponsel global, bukan menjadi yang pertama melakukannya. Touch and Type QWERTY tanpa slide.

Bagi pengguna baru, desain Touch and Type QWERTY tanpa slide barangkali baru saja dirilis oleh ventor kenamaan Nokia lewat seri E6 mereka. Atau yang dibekali OS Android seperti Motorola Charm, Acer beTouch, Samsung Galaxy Pro dan HTC Chacha. Namun bagi yang sudah mengikuti perkembangan ponsel sebagai alat komunikasi, teknologi ini sebenarnya sudah sejak lama digunakan. Tepatnya sekitar tahun 2002/2003 yang saat itu masih heboh-hebohnya perangkat Palm yang digawangi Treo dan Windows Mobile Pocket PC Edition yang dikenalkan HP/iPaQ.

Seperti halnya BlackBerry 9850 Monaco, BlackBerry Bold 9900 Dakota merupakan salah satu dari lima rilis terbaru yang sudah disematkan OS versi 7 terkini yang memiliki tampilan Menu lebih dinamis ketimbang pendahulunya.

Dan seperti halnya BlackBerry 9850 Monaco pula, beberapa fitur dan kemampuan yang ada dalam perangkat BlackBerry Bold 9900 Dakota dibuat sama persis seperti prosesor berkecepatan tinggi 1,2 GHz Snapdragon, 768 MB memory RAM, kamera 5 MP dengan Flash dan besaran daya batere yang hanya 1230 mAh. Sebagai pembeda, resolusi layar yang sedikit lebih kecil 640×480 pixel 2,8” dan kapasitas Storage yang lebih besar 8 GB.

Dibandingkan seri Bold sebelumnya, BlackBerry Bold 9900 Dakota datang dengan dimensi batang yang lebih tipis dan elegan. Tombol-tombolnya juga sangat nyaman saat ditekan. Namun mengingat fungsi layar dapat digunakan dengan sentuhan, tombol navigasi Trackpad rasanya bakalan jarang digunakan.

Sedikit berbeda dengan BlackBerry 9850 Monaco, secara bawaan BlackBerry App World yang ada dalam perangkat BlackBerry Bold 9900 Dakota sudah menyajikan tampilan terkini yang jauh lebih luwes dan dinamis. Meski begitu, BlackBerry ID tetap mutlak dibutuhkan untuk dapat mencoba, mengunduh serta membeli aplikasi ataupun games yang diinginkan.

Dengan harga jual BlackBerry Bold 9900 Dakota yang tinggi 8,2 Juta tampaknya pengguna masih harus menanti penurunan hingga mencapai rentang stabil, walaupun barangkali bagi mereka yang memiliki Budget tak terbatas, tak akan merasa berat untuk menebus sebuah perangkat pintar yang mumpuni dari BlackBerry. Apalagi kabarnya teknologi NFC (Near Field Communication) yang dapat memungkinkan pengguna melakukan transaksi ataupun pertukaran data dengan hanya mendekatkan antar perangkat, sudah dilengkapi pula dalam seri ini.


Comments (2)

mimih, kayaknya harganya belum sesuai dengan fitur yang ditawarkan ya bli. Atau lebih tepatnya, tifur yang ditawarkan belum merupakan kebutuhan, khususnya bagi orang seperti saya. hehe

[Reply]

pande Reply:

Tapi ada juga yang sudah kadung loyal dan tetap pada pilihannya…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge