Menu
Categories
Uji Komunikasi Suara lewat Layanan Data Samsung Galaxy Tab GT P7500
October 30, 2011 tentang TeKnoLoGi

Setelah mencoba aksi Free Calls dengan bantuan aplikasi Viber lewat perangkat Samsung Galaxy Tab 10” GT P7500 tempo hari, tidak ada salahnya untuk melakukan pengujian lanjutan pada beberapa aplikasi ‘telepon digital’ lainnya yang memanfaatkan ranah Voice over Internet Protocol (VoIP).

Skype. Menurut Wikipedia adalah sebuah program komunikasi bebas (dapat diunduh gratis) dengan teknologi P2P (peer to peer) bertujuan untuk menyediakan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pada intinya, pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis.

Dalam perjalanannya, Skype kemudian dikembangkan sebagai salah satu alternatif akses komunikasi suara yang termurah yang dapat dimanfaatkan melalui sarana Komputer/Notebook yang berbasis OS Windows, Mac dan Linux, Telepon genggam seluler atau ponsel dan perangkat TabletPC yang berbasiskan OS Windows, iOS, Android, Blackberry dan Symbian, dan juga perangkat Televisi tertentu yang dirilis oleh Sony, Samsung dan Panasonic.

Untuk penggunaan Gratis atau yang tidak dipungut biaya, selain fungsi telepon atau akses komunikasi lewat data, Skype menyediakan pula fitur untuk memanfaatkan Video Calling dengan lawan bicara dan juga instant messaging apabila diperlukan. Sedangkan untuk penggunaan berbayar, Skype menambahkan sejumlah besar fitur tambahan lainnya seperti Conference Call atau akses komunikasi data dalam sebuah grup lengkap dengan Group Videonya.

Secara penggunaan cuma-cuma pula, yang dibutuhkan untuk dapat memanfaatkan Skype selain perangkat dan koneksi data hanyalah alamat email untuk memenuhi syarat pendaftaran dan penggunaan akun. Sedangkan untuk mendapatkan nomor panggil yang spesifik seperti halnya nomor telepon genggam seluler biasa, pengguna diwajibkan membeli fasilitas Credit dari Skype.

Tango. merupakan salah satu alternatif akses komunikasi suara yang memanfaatkan koneksi jaringan data yang didirikan pada November 2009 di Palo Alto California. Berdasarkan keterangan secara resmi lewat alamat web mereka, bahwa  selain disediakannya versi desktop atau pc, penggunaan aplikasi Tango untuk saat ini hanya mampu didukung oleh perangkat telepon genggam seluler berbasis sistem operasi iOS (iPhone, iPod Touch, iPad) dan Android versi 2.1 keatas. Persyaratan lainnya yang ditetapkan adalah dukungan perangkat dan juga ketersediaan operator akan jaringan data minimal 3G atau Broadband. Sehingga seperti halnya dua aplikasi diatas, persoalan kualitas suara akan kembali pada layanan paket data operator yang digunakan.

Selain Free Calls, Tango menyediakan pula fitur Video Calling yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna. Untuk itu, perangkat yang digunakan harus pula mendukung fitur  video call yang minimal menyertakan kamera depan untuk fasilitas bertatap muka. Aplikasi Tango murni mengandalkan nomor ponsel yang digunakan oleh pengguna tanpa proses registrasi menggunakan alamat email atau identitas lainnya.

Scydo. Seperti halnya aplikasi Viber dan Tango, Scydo merupakan aplikasi yang dapat dipergunakan untuk komunikasi suara dengan memanfaatkan layanan paket data yang telah ada, sehingga tidak lagi dibutuhkan tambahan biaya diluar biaya bulanan.

Scydo yang dikembangkan oleh Dellmont Sarl dari Luxembourg, memungkinkan perangkat menghubungi perangkat lainnya yang menggunakan layanan Scydo  secara Gratis ataupun ke telepon biasa dengan memanfaatkan Credit tambahan seperti halnya Skype. Sekali lagi, faktor tangkapan sinyal jelas sangat berpengaruh disini. Untuk hasil yang lebih baik, sangat disarankan untuk melakukan komunikasi pada area yang mendukung jaringan minimal 3G.

Sayangnya lagi, dalam penggunaan Scydo dibutuhkan proses Login dengan memanfaatkan alamat email sehingga agak merepotkan ketika ingin menggunakannya secara cepat. Proses Login yang terjadi kerap membutuhkan waktu yang lama dan tidak berhasil (force closed). Itu sebabnya, Scydo pada akhirnya dicoret dari daftar penggunaan baik di perangkat tablet Samsung Galaxy Tab GT P7500 maupun ponsel Samsung Galaxy Ace S5830.

Yahoo Messenger. Untuk yang satu ini, merupakan aplikasi yang sudah sedemikian tenarnya dengan Skype. Memiliki komunitas die hard tersendiri lantaran kemampuannya yang selain mencakup instant messaging lengkap dengan emoticon yang beragam, text messaging layaknya sms, pertukaran file multimedia, pula digunakan untuk voice dan video call. Sayangnya untuk bisa menggunakannya secara sempurna, Yahoo Messenger mensyaratkan kepemilikan alamat email berdomain Yahoo. Aplikasi ini bisa digunakan dalam perangkat desktop pc ataupun telepon genggam selular yang telah mendukung aktifitas dunia maya. Tidak lagi terpaku pada penggunaan OS tertentu seperti halnya aplikasi diatas.

Dibandingkan dengan Skype dan Tango, fitur Video Call yang ada didalam penggunaan aplikasi Yahoo Messenger hasilnya jauh lebih lambat padahal menggunakan paket data plan dari operator yang sama. Jeda pada suara kerap terjadi dan gambar yang tampak lebih banyak terputus atau tertunda.

Dalam penggunaan pada perangkat Android, untuk bisa memanfaatkan fasilitas Video Call, terpantau pengguna harus menginstalasi plugins video tambahan yang memang sudah tersedia di Market. Dan uniknya, baik dalam versi desktop pc ataupun Mobile, selain mendukung fitur Chat antar pengguna Yahoo Messenger, pula bisa digunakan untuk Chat antar pengguna akun FaceBook.

"1" Comment
  1. Wah keren nih..
    Banyak pilihannya, tapi saya belum punya gtab.. 🙁

    [Reply]

Leave a Reply
*