Gag Bisa Nelpon pada Perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 ? Ayo Gunakan Viber

31

Category : tentang TeKnoLoGi

Melanjutkan sedikit cerita tentang permintaan seorang Atasan di kantor untuk menginstalasi aplikasi Viber pada perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 terbaru yang Beliau miliki, rupanya usaha keras yang saya coba lakukan, mampu berbuah manis.

Seperti yang telah dikatakan dalam tulisan sebelumnya bahwa perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 telah menyediakan slot sim card sebagai alternatif koneksi data bagi penggunanya yang notabene dibatasi penggunaannya hanya untuk Data dan Messaging. Hal ini dipertegas pula oleh Samsung dan GSMArena dalam bahasan Spesification dan Review. Itu artinya secara fakta, perangkat Tablet 10”terkini besutan Samsung tidak dapat digunakan untuk menelepon.

Tapi tenang saja, itu tidak sepenuhnya benar kok. :p

Viber, bagi yang belum tahu dan sekedar mengingatkan, merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Viber Media Inc. secara khusus bagi para pengguna iPhone dan Android agar dapat menggunakan atau memanfaatkan fungsi telekomunikasi suara alias telepon dan juga Text Message atau Chat Messenger secara Gratis, dengan memanfaatkan koneksi jaringan data 3G atau WiFi. Sehingga, apabila pengguna sudah berlangganan paket data internet Unlimited, tidak lagi dibebankan biaya pulsa untuk melakukan komunikasi lewat Viber. Selengkapnya silahkan baca di tulisan sebelumnya.

Sayangnya, informasi yang saya baca lewat alamat resmi Viber Media Inc, bahwa perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 rupanya tidak didukung atau tidak kompatibel dengan aplikasi yang dimaksud. Demikian pula ketika dicari lewat Android Market, aplikasi Viber tak jua ditemukan.

Kasus seperti ini sebetulnya pernah saya temukan  sebelumnya, yaitu ketika usai mempublikasikan tulisan tentang Viber pertama kali. Kalau tidak salah keluhannya sama dan dialami oleh seorang Droiders juga. Sekedar informasi, ponsel yang digunakannya itu adalah Sony Ericsson eXperia Mini Pro yang notabene rilis terbaru dan sudah mengadopsi OS GingerBread. Lantaran tak menemukan Viber di Market, saya mengirimkan aplikasinya lewat email kepada yang bersangkutan dan ternyata berhasil diinstalasi dan dijalankan dengan baik. Hanya saja jika diperbandingkan dengan kasus sekarang adalah, perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 secara nyata memang tidak mendukung Voice Call.

Meski demikian, tidak ada salahnya juga apabila dicoba. Karena pertimbangan yang saya ambil sebelum memutuskannya adalah, adanya fitur Voice Memo dan Voice Searh yang artinya bahwa perangkat minimal memiliki Microphone untuk menerima jalur suara pengguna pada sisi badan perangkat.

Aplikasi Viber akhirnya saya unduh lewat halaman 4Shared, kebetulan pasca kasus eXperia, saya berinisiatif untuk menyimpan file aplikasinya di situs berbagi  file tersebut,  serta menyelipkan alamat link aplikasi pada salah satu paragraf tulisan kedua tentang Viber beberapa waktu lalu.

Usai proses pengunduhan dan instalasi, maka saatnya pengujian Aplikasi Viber dilakukan.

Pertama, Aplikasi Viber ternyata dapat berjalan dengan baik pada perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500. Fungsi penyesuaian Daftar Kontak teman yang menggunakan aplikasi Viber pun berhasil dilakukan, dan uji coba pengiriman pesan ke nomor ponsel yang saya gunakan tidak menemui kendala.

Kedua, saat menguji coba Voice Call dengan menghubungi nomor yang saya gunakan pada perangkat Android Samsung Galaxy Ace S5830, serta mengontaknya balik, hasilnya maknyus. Proses komunikasi rupanya dapat berjalan dengan baik, suara lawan bicarapun terdengar jelas dan jernih.

Berbekal dua kesimpulan awal diatas, sayapun kemudian berani mengambil sedikit kesimpulan bahwa selama perangkat Tablet (iPad maupun Android) menyediakan slot sim card untuk menunjang koneksi data penggunanya, walaupun di-klaim tidak mendukung Voice Call, minimal dengan memanfaatkan aplikasi Viber, Komunikasi suara tetap dapat dilakukan meskipun dengan cara lain, yaitu memanfaatkan layanan koneksi data.

Nah, siapa bilang kalo perangkat Tablet Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 tidak bisa digunakan untuk menelepon ?

Comments (31)

mw nanya ni lo samsung galaxy young pa bs mendowloud viber y,,,mksih sblumnya

[Reply]

pande Reply:

Pertama, cek dulu di Google Play. kalopun tidak ada disitu, artinya secara resmi, Gal Y gag support dengan Viber. namun masih bisa diakali dengan mengunduh apk-nya dari luar. misalkan 4shared

[Reply]

saya bisa install sesuai petunjuk mas diatas..

pertanyaan :

bisakah untuk call nomer telp biasa yg tidak install viber..?

salam

[Reply]

pande Reply:

Tetep bisa, hanya… dikenai tarif pulsa, bukan data.

[Reply]

ada alamat email/WA, saya kok kesulitan ya untuk install telepon d tab p7500 ini. thx

[Reply]

pande Reply:

Saat tulisan itu diturunkan, beberapa aplikasi memang mendukung fungsi telepon pada perangkat TabletPC. Sayangnya, seiring perkembangan update aplikasi, beberapa diantaranya sudah gag mampu lagi mendukung fungsi telepon tersebut khususnya pada perangkat TabletPC yang gag mendukung Voice. Misalkan ya Whatsapp itu…

[Reply]

Bagaimana cara down load wechat ,sbb playstore tidak bisa di buka.hp xperia J lokasi zhejiang,hangzhou,china

[Reply]

Mau nanya mas…ku punya samsung tab 10.1 pt g7500 kok susah yaa men-charg nya (maksud sy ssh tdk mau mngecas). Sy sdh coba bbrpa merk charger tp ttp ssh mngisi baterainya. Mas ini apanya yg rusak? Apa tmpat untk mngecasnya yg rusak? Mhon dibls n mksih.

[Reply]

Samsung tab p7500 kok gk bsa buat video call y..share bos

[Reply]

Knpa samsung tab p7500 sya gk bsa buat line video call

[Reply]

pande Reply:

Jaman tulisan itu dibuat, kalo ndak salah sih memang aplikasinya yang masih longgar kaitan dengan fitur Nelpon maupun video call. Mulai berubah pasca kepemilikan HTC FLyer, dimana kalo ndak salah ingat, Whatsapp yang memulai gerakan bahwa perangkat Tablet gak lagi didukung. Kurang lebih begitu…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge