Menu
Categories
Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500, si Tipis nan Powerfull
October 24, 2011 tentang TeKnoLoGi

Seperti halnya ketika mendapati Acer Iconia S500 beberapa waktu lalu, pertemuan dengan gadget Tablet terkini buatan Samsung kali ini pun terjadi secara tidak sengaja. Seorang Atasan di kantor kebetulan menghubungi per telepon, meminta tolong untuk menginstalasi aplikasi Viber pada perangkat terbaru yang Beliau miliki. Sekedar informasi, beberapa bulan lalu aplikasi yang sama berhasil saya instalasi pada perangkat Samsung Galaxy Tab 7” dari pemilik yang sama.

Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500, merupakan salah satu Gadget berlayar lebar yang dirilis brand global ternama asal Korea, Samsung yang mengadopsi OS Android versi 3.1 HoneyComb,  sistem operasi yang memang dibuat dan dikembangkan secara khusus untuk dipergunakan oleh perangkat Tablet. Dengan besaran resolusi dan dimensi layar yang setara dengan perangkat Acer Iconia S500 (1024×800 pixel – 10”), Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 tampak jauh lebih ringan untuk digenggam dengan satu tangan.

Tentu saja demikian bathin saya. Wong secara dimensi perangkat, Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 kabarnya merupakan perangkat Tablet yang diklaim paling tipis didunia, selisih sedikit  dengan perangkat iPad 2 milik Apple yang mengadopsi sistem operasi iOS. Meskipun dibekali fisik yang tipis dan ringan, namun jangan pernah meragukan kemampuannya loh. Prosesor Dual Core 1 GHz plus 1 GB RAM siap dijajal untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Mengingat perangkat ini mengadopsi OS yang sama dengan Acer Iconia S500, tidak banyak penyesuaian yang saya butuhkan ketika mencoba mengoperasikannya. Namun apabila diperbandingkan, ada beberapa fitur tambahan yang disematkan Samsung pada perangkat Galaxy Tab 10 GT-P7500 ini. Diantaranya tambahan Widget pada menu Personalisasi HomeScreen, yang jauh lebih banyak jenisnya serta beragam ukurannya. Hanya saja dari segi Inovasi, Samsung terbilang pelit dalam memberikan fungsi atau aplikasi tambahan seperti halnya Acer.

Dilihat dari segi Grafis yang diusung, layar yang tampak pada perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 ini jauh lebih jernih dan terang ketimbang perangkat Acer. Sudah begitu, untuk tampilan Notifikasi dan Pengaturan yang ada di pojok kanan bawahpun, Samsung tampak mampu lebih kreatif dalam sajian penampilan sehingga tampak lebih menyegarkan mata. Namun, meski sudah mengadopsi prosesor jenis Tegra, saya tak melihat adanya aplikasi Tegra Zone games seperti yang dimiliki perangkat Acer Iconia S500. Mungkin itu sebabnya, beberapa games yang tampak pada layar menu bisa dikatakan cukup standar seperti Trilogy Angry Bird dan Wheels.

Untungnya, perangkat Samsung Galaxy Tab 10 GT-P7500 ini sudah memberikan keleluasaan pada penggunanya untuk terhubung dengan koneksi dunia maya, melalui slot Sim Card yang ada disisi bawah. Jadi tidak perlu susah-susah lagi mencari perangkat Hotspot kemana mana ataupun membeli Modem Wifi tambahan. Hanya saja, kemampuannya masih dibatasi hanya untuk memanfaatkan Koneksi Data dan Messaging saja. Lantas bagaimana dong dengan permintaan tolong si Atasan untuk menginstalasi Viber pada perangkat ini ?

"1" Comment
Leave a Reply
*