Acer Iconia A500, Android HoneyComb Minus 3G

3

Category : tentang TeKnoLoGi

Kalo sudah jodoh, memang tak kan kemana.

Begitu kira-kira bathin saya tempo hari ketika hasrat sudah begitu menggebu untuk menjajal perangkat Tablet berbasis Android versi 3.0 honeyComb pasca iPad 1 dan iPad 2.

Acer Iconia A500 dibawa seorang kerabat lantaran ingin minta tolong untuk diinstalasikan USB 3G Modem pada perangkatnya yang secara pabrikan ternyata hanya mendukung koneksi Wifi built in saja.

Secara tampilan awal, Acer Iconia A500 tampak sangat mengesankan. Sisi fisik yang rounded terasa halus ditangan meski dengan ukuran layar 10” bobot perangkat terasa memberatkan untuk digenggam dalam satu tangan. Tidak seperti perangkat tablet Android lainnya, ketiadaan tombol fisik disekitar layar membuat pengguna yang terbiasa dengan perangkat ponsel Android sebelumnya, akan merasa sedikit kebingungan untuk mengakses tombol Home, Back dan tentu saja Menu. Namun jangan khawatir bahwa semua tombol tersebut telah dikonversi dalam bentuk tombol sentuh yang nantinya akan dapat diakses melalui TaskBar yang tampil di pojok kiri bawah halaman.

Menelusuri sisi samping perangkat terdapat tak kurang tombol power, volume, jack audio, colokan charger, port micro USB dan port USB serta dua lagi yang saya pribadi bingung apa gunanya. Khusus untuk port USB, bentuknya sama dengan port USB yang terdapat dalam perangkat PC pada umumnya. Sehingga inilah dugaan awal penempatan posisi USB 3G Modem nantinya.

Mengusung layar lebar 10”wide, secara dimensi perangkat Acer Iconia A500 terasa jauh lebih kompak ketimbang iPad 1 dan 2. Meski demikian tetap bukan menjadi satu prioritas utama apabila Anda menginginkan perangkat yang mudah dibawa kemana saja dan tak mencolok mata.

Saat dijajal kemampuan OS yang disematkan dalam perangkat ini, sangat terasa perbedaan yang pasti antara perangkat Android yang berbasis ponsel dengan Tablet. Lebih gegas dan tentu saja banyak pengalaman barunya. Lihat saja dari akses Lock Screen, Menu dan juga penggantian Wallpaper, semua langkah sungguh berbeda dengan perangkat Android yang sebelumnya pernah saya gunakan. Dan seperti iklan It’s Time to Galaxy Tab 10” beberapa waktu lalu, memainkan Need For Speed Shift dengan perangkat tablet sungguh sangat mengasyikkan.

Android hanya menyediakan dasarnya dan masing-masing Brand harus mampu berinovasi dalam memberikan sentuhan khas yang setidaknya diharapkan dapat mempercantik atau bahkan memudahkan penggunaan. Demikian halnya dengan Acer.

Clear fi, merupakan terobosan Acer Iconia yang memudahkan pengguna beraktifitas dengan koleksi multiedia yang ada baik itu gambar atau foto, audio dan tentu saja video. Dengan tampilan ala map file, pengguna dapat membuka dan menikmati semua file multimedia layaknya membuka album foto. Dapat diurutkan berdasarkan album atau folder atau kategori dan juha Timeline atau waktu diambilnya gambar.

Untuk bersocial Media pun sudah disertakan Acer Social Jogger yang didesain bagi pengguna agar dapat memantau akun FaceBook dan juga Twitter dalam satu aplikasi. Dengan tampilan khas milik Acer (serupa perangkat pc), Social Jogger tak jauh berbeda dengan penggunaan TweetDeck ataupun Seesmic yang menyajikan status berupa Timeline. Meski merupakan aplikasi branded milik Acer, Social Jogger ini dapat pula digunakan pada perangkat Android lainnya seperti Samsung Galaxy Ace yang saya miliki ini. Nanti saja ya ceritanya.

Sayangnya dibalik semua kemewahan yang disajikan, Acer Iconia A500 yang kabarnya merupakan HoneyComp pertama dan termurah di Indonesia ini, tidak menyertakan dukungan 3G atau berupa slot sim card pada sisi bodinya. Padahal pada slot microsd yang disertakan, terlihat ada kemungkinan bahwa akan ada varian Acer Iconia A500 yang bakalan disertakan atau mendukung koneksi diluar Wifi. Alhasil perangkat yang saya gunakan ini murni harus mencari jaringan Hotspot terdekat, atau membeli lagi modem wifi tambahan agar tetap bisa terkoneksi dimanapun dan kapanpun.

Terkait permintaan kerabat agar perangkat Acer Iconia A500 dapat tersambungkan dengan perangkat USB 3G Modem bisa dikatakan gagal total. Ini karena pertama, dari Acer Indonesia sudah menyatakan bahwa port USB yang ada tidak mendukung USB 3G Modem, melainkan sebagai sambungan keyboard sebagai media input tambahan. Kedua, di dunia maya memang banyak terdapat pengakuan bahwa Acer bisa dihubungkan namun tak satupun memuat Tutorial caranya. Ketiga, meski dapat ditemukan pada Forum XDA Developers, salah satu Forum langganan saya, ternyata tidak semua USB 3G modem yang kompatibel dapat dibaca oleh perangkat. Itu sebabnya ketika dicoba mengakses Network yang digunakan, perangkat tidak mampu memberikan reaksi atas USB 3G Modem yang telah disambungkan.

Bagi yang menginginkan adanya koneksi 3G atau keberadaan slot Sim Card, ada baiknya menunggu waktu terlebih dahulu. Karena kabarnya versi Wifi+3G akan hadir sebentar lagi.

Comments (3)

Sebetulnya ga perlu repot unt koneksi 3G asal pemilik tablet ini memiliki HP Android spt Samsung yg bs difungsikan sbg portable wifi. Jd kalo ga ada koneksi wifi diluar, set sj di hp terlebih dulu…

[Reply]

pande Reply:

ha… saran saya kemarin ke pemiliknya sih agar membeli perangkat Modem Wifi (namanya kalo tidak salah, Mifi), seperti milik Huaweii misalnya. Itu kan bisa dicolokkan ke port usb si Acer untuk charger, dan instalasinya berdiri sendiri…
Kalopun disarankan beli ponsel Android baru, bisa jadi si pemilik malah ilfil 🙂

[Reply]

[…] halnya ketika mendapati Acer Iconia S500 beberapa waktu lalu, pertemuan dengan gadget Tablet terkini buatan Samsung kali ini pun terjadi […]

Post a comment

CommentLuv badge