Custom ROM, Pilihan Alternatif Penyuka Upgrade Android

9

Category : tentang TeKnoLoGi

Root, sudah. Hard Reset, juga sudah. Upgrade ke GingerBread, apalagi. Tapi rasanya masih jua belum lengkap kalo belum nyobain Custom ROM.

Custom ROM dalam dunia Android jika dibahasaawamkan kurang lebih memiliki makna ROM atau OS alternatif yang dikembangkan oleh pihak ketiga baik developer ataupun perorangan yang biasanya memberikan tambahan positif bagi pengaturan default yang sudah ada serta mengurangi hal-hal yang dianggap tidak perlu. Tambahan positif itu meliputi aplikasi, utility dan juga widget yang dirasa perlu dan sekiranya mampu mendukung kinerja ponsel.  Sedangkan OS yang dikembangkan biasanya mengambil dari rilis resmi yang sudah ada.

Untuk ponsel Samsung Galaxy ACE S5830 yang saya miliki sejak bulan Maret lalu, terpantau beberapa jenis Custom ROM yang bisa dijadikan alternatif pilihan Upgrade selain GingerBread versi resmi seperti yang dirilis SamFirmware beberapa waktu lalu. Tiga Custom ROM ternama yang saya ketahui ada CyanogenMod yang dipimpin Steve Kondik, VillainROM yang berlogokan Robot Android versi Merah dan First UA. Saya pribadi telah mencoba salah satunya. VillainROM.

Keputusan untuk mencoba VillainROM, salah satu Custom ROM untuk perangkat Android tak datang begitu saja. Rencana ini sudah jauh-jauh hari hadir di kepala, namun lantaran waktu luang yang bisa dikatakan mulai menyempit, kenekatan mencoba itupun dengan terpaksa ditunda dahulu. Perwujudannya sendiri kemudian mencari waktu libur panjang tepatnya saat Cuti Bersama Lebaran lalu.

Proses instalasi VillainROM sebenarnya sama saja dengan proses Upgrade OS GingerBread, Android 2.3.4 yang saya ceritakan di tulisan sebelumnya. Dalam paket unduhan yang berukuran 112 MB, terdapat 4 (empat) buah file utama minus file Cooper_v1.0.ops (yang dapat diunduh secara terpisah). Dari nama file yang tertera didalamnya, tercatat basis OS yang dikembangkan merupakan Android versi 2.3.3 GingerBread untuk pangsa pasar Eropa XXKPE.

Lantaran berasal dari pangsa pasar yang sama, penampilan awal VillainROM pasca instalasi ini sama dengan Upgrade Android GingerBread 2.3.4 yang saya uji beberapa waktu lalu. Untuk bisa menggunakannya dengan baik, dibutuhkan sedikit perubahan Bahasa yang digunakan melalui opsi Setting/Locale and Text. Untuk mencari dan mengenali opsi ini, cari saja berdasarkan icon yang digunakan.

Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa Custom ROM akan memberikan tambahan positif bagi perangkat serta mengurangi fitur yang sekiranya dianggap tidak perlu. Terpantau beberapa perubahan yang sekiranya harus diketahui secara visual oleh awam, sebelum Kawan ikutan mencobanya.

  • Penggantian TouchWiz khas Samsung yang menggeser Menu kearah samping, dengan Launcher khas GingerBread yang menggeser Menu kearah vertikal. Hal ini menjadikan kecepatan akses halaman utama dan Menu yang lebih ringan dibandingkan TouchWiz bawaan Samsung.
  • Kemampuan Rooting yang sudah include dalam perangkat, sehingga pengguna tidak perlu melakukannya kembali pasca instalasi. Tinggal menambahkannya dengan aplikasi Move2SD Enabler, dan silahkan mengatur posisi instalasi aplikasi dan games sedari awal.
  • Pengurangan aplikasi Google Maps dan ThinkFree, dua aplikasi yang sebenarnya berguna bagi pengguna namun masih dapat diinstalasi kembali jika diperlukan. Hal ini menjadikan kapasitas memory internal jauh lebih lega, karena seperti yang diketahui secara Default, pengaturan instalasi kedua fitur ini tetap berada pada memory ponsel.

Disamping itu, mengingat kemampuan Rooting sudah disematkan sejak awal, pengguna pun bisa dikatakan sudah memiliki keleluasaan untuk menghapus beberapa aplikasi lagi yang sekiranya memang dianggap tidak perlu. Saya sendiri melakukannya untuk permainan Hangman bawaan yang masih tetap menggunakan teks dan bahasa Eropa, eBook Reader yang tidak dapat diaktifkan dan Music Store yang berbayar.

VillainROM bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi Kawan yang ingin mencoba menggunakan Custom ROM di perangkat Android yang dimiliki. Jikapun merasa kurang puas dengan kinerjanya, diluar sana masih banyak yang menyediakan ROM serupa dengan kemampuan yang beragam. Toh cara instalasinya sudah diketahui. Mau ikutan mencobanya ?

Comments (9)

Bagi yang sudah mencoba Custom ROM, silahkan Share Pengalamannya. Ruslan Rj, ThEdy Nbc, Agus Yusa, anyone ? 🙂

[Reply]

hp ane gagal booting terus, udah flas 3x, masih aja belum stabil 😀

[Reply]

[…] tahu apakah di produk lain seperti iPhone atau ponsel dengan Android ada fasilitas seperti ini (coba tanya bli Pande ah). Yang saya tahu di handphone jaman sebelumnya tidak ada fasilitas seperti ini. Sekali lagi, ini […]

saya tertarik dengan apa yg pande usulkan tentang custom rom sebelum nya punya ane dh di upgrade ke 2.3.4 seri XXKPH udh di root juga tpi belum di custom room..
pertanyaan ane apakah support dengan seri XXKPH?
kelebihan dh di custom apakah bisa meningkatkan kinerja prosesor?
trus download ma cara custom rom pke Villainrom dmna?
makasih pandebaik..

[Reply]

pande Reply:

Untuk Gambaran, Link dan apa saja VillainROM itu, mampir di alamat berikut yah
http://www.villainrom.co.uk/forum/content.php/295-ROM-VillainROM-1.0-for-the-Samsung-Galaxy-Ace-(2.3.3-lightweight)

[Reply]

pande Reply:

Untuk Gambaran, Link dan apa saja VillainROM itu, mampir di alamat berikut yah
http://www.villainrom.co.uk/forum/content.php/295-ROM-VillainROM-1.0-for-the-Samsung-Galaxy-Ace-(2.3.3-lightweight)

[Reply]

mending aku langsung bawa android ke penulisnya deh. biar langsung dibantu apgret. 😀

[Reply]

Ane pake CyannogenMod 9 di Galaxy Mini msih beta sih cuman udah sabil walaupun kamera dan radio nggak isa jalan

[Reply]

pande Reply:

Kalo kamera dan radio gag bisa jalan, kan blom stabil namanya ? hehehe…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge