Whatsapp Kawan ? Apa Ceritamu Hari Ini ?

12

Category : tentang TeKnoLoGi

Sudah lima bulan ternyata. Tergolong Lama juga saya menggunakannya.

Selain TweetDeck, Gmail, FaceBook for Android dan FourSQuare, Whatsapp juga merupakan penghuni setia ponsel Android sejak pertama dimiliki, meski telah beberapa kali diformat dan upgrade ulang. Sekedar informasi, bahwa Whatsapp merupakan satu-satunya aplikasi Chatting yang saya gunakan hingga kini. Bandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya seperti GTalk, Yahoo Messenger, FaceBook Chat dan Live Profile.

Bisa jadi karena kemudahan instalasi dan penggunaannyalah yang membuat saya jatuh hati selama ini. Tidak memerlukan registrasi yang berbelit, pemanfaatan email secara berkala ataupun kebutuhan login dan logout. Uniknya, meski ponsel kemudian di Format Ulang (istilah lain untuk Hard Reset, Factory Reset, Flash ataupun Upgrade), data Chat yang telah dilakukan sebelumnya tetap tersimpan dengan baik dan dikembalikan saat instalasi kembali.

Pada awal berkenalan dengan aplikasi Whatsapp, saya telah mengetahui bahwa sifat Free yang diberlakukan oleh pihak pengembang hanya berlaku setahun saja. Ini berbeda dengan pengguna iPhone yang mutlak membeli lisensi Whatsapp didepan atau sebelum digunakan. Meski demikian, apabila kemudian di setahun berikutnya penggunaan aplikasi diwajibkan untuk membayar, saya pribadi tidak mempermasalahkannya mengingat kemampuannya yang setara dengan BlackBerry Messenger.

Setara ? tidak juga. Lebih malah…

Ketika sempat saya perbandingkan saat pengiriman pesan, berbagi gambar atau file multimedia dengan aplikasi BlackBerry Messenger, Whatsapp ternyata mampu menunjukkan kecepatan aksesnya untuk menyampaikan pesan dan mendapat balasan dari lawan bicara. Selain itu, kemampuannya yang lintas ponselpun patut saya acungi jempol. Terpantau kini tak hanya Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian 60 saja yang mampu tapi juga Symbian 40 seperti seri X2 atau C3 yang sejutaan itu. Begitu mudah bukan ?

Pemberlakuan Gratis selama setahun pertama bisa juga menjadi nilai positif bagi mereka yang enggan berurusan dengan pembayaran melalui PayPal atau kartu kredit. Karena untuk bisa menikmatinya setahun kedepan dengan status Gratis, pengguna tidak perlu mengganti ponsel seperti halnya BlackBerry yang amat sangat mendewakan Nomor PIN, namun hanya perlu mengganti nomor ponsel yang digunakan. Memang agak sedikit merepotkan bagi yang menggunakan nomor sebagai ponsel utama, tapi tidak berlaku bagi mereka yang hanya memanfaatkan nomor ponsel hanya untuk koneksi data, termasuk saya. Jadi jika bulan April tahun 2012 nanti nomor saya tak dapat dihubungi lagi, silahkan tanya nomor penggantinya lewat blog ini yah. :p

Lantaran memanfaatkan nomor telepon sebagai pengganti PIN untuk bisa saling berkirim pesan inilah, sesama pengguna Whatsapp apalagi yang berlaku dalam lingkup Regional dan sebelumnya saling mengenal, tidak perlu lagi saling bertanya satu sama lain. Tinggal lakukan penyegaran (refresh) pada Daftar nomor Whatsapp, sesama pengguna sudah bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Kalopun kemudian nomor ponsel yang datang berkomunikasi tidak dikenali dalam daftar, pengguna Whatsapp tinggal menyimpannya seperti saat menyimpan nomor ponsel teman atau rekan baru.

Ohya, Ngomong-ngomong soal Teman Baru, Gara-gara menggunakan Whatsapp pula, saya jadi banyak memiliki Teman Baru dari seantero Indonesia loh. Gag percaya ?

Rata-rata mereka mendapatkan nomor ponsel yang saya gunakan untuk berkomunikasi Whatsapp dari tulisan Blog tentang Whatsapp yang kedua. Sengaja saya cantumkan, agar bagi mereka yang penasaran ingin mencoba, minimal sudah memiliki satu daftar teman yang sepaham.

Jadi selain komunikasinya bisa nyambung, saya pun bisa mendapatkan banyak referensi tambahan baik terkait penggunaan Whatsapp di ponsel mereka terutama selain Android, pun informasi seputar daerah tempat tinggal mereka (Banten, Tangerang, Tanah Abang, Palembang, Kalimantan, Lombok, Sidoarjo dan banyak lagi) yang tidak saya ketahui sebelumnya. Bahkan ada juga yang kemudian memberikan banyak ilmu tambahan terkait CustomROM sistem operasi Android dan juga tips trik Flashing. Hehehe…

Kini setelah enam bulan berjalan, jumlah kontak teman yang menggunakan Whatsapp sudah mencapai 50-an orang. Cukup lumayan, mengingat saat bulan pertama penggunaan, untuk menemukan 10 kontak saja sudah bersyukur bin ajaib. Mungkin karena kemudahan penggunaan yang mampu dilakukan lintas ponsel itulah yang kemudian menyatukan kami dalam satu aplikasi.

Whatsapp Kawan ? Apa Ceritamu hari ini ?

Comments (12)

Saya belum pernah mencoba aplikasi ini bli. Fasilitas BBM di BlackBerry pun tidak terlalu sering saya gunakan, kecuali untuk chat dengan orang2 yang benar2 sudah dikenal.

Maklumlah saat ini penggunaan fasilitas BBM masih banyak yang kurang bijak. Masih cukup banyak yang sering mengirim semacam “test contact” atau broadcast joke atau bahkan hoax. Entahlah, mungkin kita sebagai pengguna belum mampu mempergunakan fasilitas atau bahkan belum memerlukan fasilitas tersebut.

[Reply]

pande Reply:

Hehehe… di Whatsapp juga ada yang semacam itu kok. Tapi gag apa”… selama masih bisa ditolerir ya aman-aman saja. tapi kalo sudah kelewatan ya di blokir saja. 🙂

[Reply]

EMang sob whatsapp mantap juga, aku sudah make sekitar 8 bulanan..n baru kemarin sa tau, ternyata aplikasi ini bisa di majukan masa trialnya jadi paid hingga tahun 2013..he.he.he…eh lupa lam kenal ya sob…!!!!

[Reply]

pande Reply:

Ohya ? bagaimana caranya ?

[Reply]

sory sob baru bales..Buka ja wa trus wa info klik purcase now..klik logo google accaunt, klik buat akun selular cekout, pada isian kartu kredit kosongin aja..pilih bulan 1 s/d 12 tahun terserah 2012 or 2015..kode keamana cvn masukan terserah 4 digit juga boleh(harus diingat untuk pembelian mendatang)..masukan email yg masih berlaku..trus halaman berikutnya tekan aja beli..restart wanya..dan lihat lagi info wanya dari versi trial akan berubah jadi paid..tg sob moga membantu…!!!

[Reply]

pande Reply:

Waaahhh… Infonya mantap… ntar coba ah

[Reply]

oya gan, whatsapp bisa dipake di ace s5830 ga ya?? ato cuma di iphone aja?? thx atas pencerahannya 😀

[Reply]

pande Reply:

Dijamin bisa seratus prosen… kalo mau Testing, silahkan kontak nomor saya yah… :p

[Reply]

dee Reply:

hahahaha blh jg.. 
hehehehe thx infonya

[Reply]

Add gw ya
085341029563

[Reply]

whatsapp sekarang yang paling trend
Gung Wah´s last blog post ..Sewa Mobil Sienta dan Yaris Lepas Kunci di Bali

[Reply]

pande Reply:

Betul.
BlackBerry Messenger makin banyak yang meninggalkan…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge