Tentang Daya Tahan Batere perangkat Android

Salah satu kelemahan mendasar dari sebuah perangkat Android adalah borosnya daya batere yang dihabiskan untuk beraktifitas secara optimal sehari-hari. Hal ini tidak jauh berbeda dengan perangkat ponsel pintar atau Smartphone lainnya yang memang digunakan untuk kebutuhan akan internet dan dunia maya dalam arti sebenarnya. Dari pemanfaatan fitur Push Email, Browsing atau berjejaring sosial dan tentu saja Chat serta bertukar informasi digital pun kini telah mampu dilakoni dalam sebuah perangkat mungil tanpa memerlukan lagi bantuan sebuah PC ataupun NoteBook.

Selama kurang lebih empat bulan pemakaian perangkat Android Samsung galaxy ACE S5830, saya pribadi pada akhirnya dapat mengambil tiga kesimpulan akan kemampuan daya tahan batere sebuah perangkat ponsel Android ditinjau dari hari dan aktifitas yang dilakukannya.

Pertama untuk Hari Kerja dimana aktifitas yang berkaitan dengan ponsel berjalan normal. Kebutuhan lebih banyak untuk Voice Call dan Message/SmS dan sesekali menengok perkembangan dunia maya dan jejaring sosial terutama saat senggang. Untuk aktifitas ini bisa dikatakan koneksi data tidak mutlak perlu saya butuhkan sehingga APN bisa di-Set Off atau di-nonaktifkan sehingga daya tahan batere bisa berumur satu kali charge sehari.

Kedua untuk Hari Libur dimana aktifitas dunia maya saya yakin akan jauh lebih besar ketimbang Voice Call dan SmS lantaran banyaknya waktu luang, daya tahan baterepun kadang membutuhkan dua kali Charge dalam sehari. Apalagi jika digunakan untuk aktifitas Browsing, daya tahan batere akan secara drastis menurun ketimbang digunakan untuk memantaunya melalui aplikasi TweetDeck misalnya.

Ketiga untuk Hari-hari dimana saya membutuhkan konsentrasi extra penuh dalam menjalankan kehidupan sosial seperti Ngayah ataupun diminta untuk menjadi seorang fotografer dadakan maupun sopir, praktis yang namanya dunia maya tak lagi saya butuhkan. Untuk yang satu ini, biasanya daya tahan batere bisa bertahan hingga esok harinya.

Kendati begitu untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya untuk selalu menyematkan sebuah kabel data bagi mereka yang kerap beraktifitas dengan perangkat PC aatau NoteBook/NetBook agar dapat membackup daya tahan batere sambil bekerja, atau membawa serta Charger perangkat apabila lebih banyak mobile dan berpindah tempat. Kalopun mau yang lebih praktis lagi, gunakan Solar Charger dimana perangkat dapat menggunakan bantuan tenaga Matahari untuk menambah daya.

Selain itu, gunakan pula Widget tambahan yang mampu memberikan gambaran prosentase sisa kemampuan daya batere ketimbang menebak-nebak berdasarkan batterybar di bagian atas layar ponsel.

Lantas apa tidak ada cara untuk menghemat penggunaan daya batere dari ponsel Android ini ? Tentu ada. Tapi lanjut ke tulisan berikut yah…

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

15 thoughts on “Tentang Daya Tahan Batere perangkat Android

  • September 21, 2011 at 6:43 am
    Permalink

    Thanks infonya….tapi sayang …pake acara ‘to be continued’ sh?….kenapa gak sekalian aja dibahas bagaimana cara menghematnya sekalian?…..:)

  • September 21, 2011 at 9:17 am
    Permalink

    …apang maan mengaso penulisne jep

  • September 21, 2011 at 10:54 am
    Permalink

    Kelemahan dr full multitasking memang ada disana bro, hal yg sama terjadi di BB, krn handset hrs running task lbh banyak. Kualitas sinyal 3G yg buruk memaksa hp menambah power untuk push penerimaan. Solusinya kill app yg tdk perlu, dan off kan 3G saat tdk digunakan (cukup gunakan Edge/GPRS), jd push notif tetap aktif (socialita berat.. Hehe)

  • September 21, 2011 at 10:59 am
    Permalink

    hahahaha… ini dia beberapa dari tips berikutnya. Tunggu saja 🙂

  • September 21, 2011 at 11:03 am
    Permalink

    Saya tunggu bro selingkuh ke iOS biar ga boros battery lagi.. Bhuahahhaha.. (jeg kemadakang liu maan rejeki pang segera selingkuh) peace broo.. ;))

  • September 21, 2011 at 11:05 am
    Permalink

    iOS itu seperti Mimpi di siang bolong bagi saya masbro… tapi yah, ada juga bagusnya kita bermimpi bukan ? siapa tau bisa terwujud 🙂

  • September 21, 2011 at 11:10 am
    Permalink

    Mantaaaff broo.. Mimpi yg bikin kita punya motivasi n tujuan.. ;))

  • September 21, 2011 at 3:00 pm
    Permalink

    Blackberry juga bisa dikatakan boros baterai ya bli

  • September 21, 2011 at 5:50 pm
    Permalink

    Betul… karena online dan Multitasking itu

  • September 21, 2011 at 7:14 pm
    Permalink

    Saya mau tanya, Mas. Apakah benar semakin besar kapasitas batere (yang satuannya dalam ampere itu) artinya semakin tahan lama?
    Jadi, tinggal cari saja hape yang kapasitasnya besar, benar?

  • September 21, 2011 at 7:24 pm
    Permalink

    Dengan penggunaan normal yang sama, ponsel dengan kapasitas batere lebih besar memang seharusnya lebih tahan lama. Sayangnya tidak ada yang memiliki spec sama dengan kapasitas daya berbeda bukan ?
    Makin besar daya, biasanya diikuti pula dengan makin besar kemampuan. Entah itu besaran layar atau processor yang digunakan.
    Sejauh ini untuk ponsel branded cuma mampu sampai 1650 mAh, sedang lokal sudah ada yang 2100 mAh.

  • September 22, 2011 at 9:44 pm
    Permalink

    Waaahhh… infonya lengkap 🙂

  • September 23, 2011 at 10:08 am
    Permalink

    Tambahan lagi, kalau jarang make android market, di freeze saja. lumayan bisa hemat batre. coba deh ….

  • September 23, 2011 at 6:57 pm
    Permalink

    Ohya ? tapi saya paling kerap main ke Market. 🙂 Coba”app dan Games

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.