Upgrade Android GingerBread pada Samsung Galaxy ACE

95

Category : tentang TeKnoLoGi

Masih jua belum puas pasca Hard/Factory Reset yang saya lakukan tempo hari, kali ini merasa gatal juga akibat kabar Upgrade sistem operasi Android versi GingerBread (untuk pasar Asia) yang tarik ulur sejak bulan Juli lalu. Kabarnya sih, saat tulisan ini diturunkan Upgrade sistem operasi Android versi GingerBread yang memang diperuntukkan bagi perangkat Samsung Galaxy ACE sudah tersedia melalui aplikasi Kies. Info selanjutnya main ke Android Forum Indonesia yah, dan bagi yang belum tahu apa itu Kies, baca tulisan saya terdahulu.

Secara Default, Samsung Kies memang berperan besar dalam proses pembaharuan sistem operasi Android Froyo yang disematkan dalam setiap perangkat Samsung Galaxy ACE. Baik Cara dan Modal awalnya pun cukup sederhana. Pengguna dapat menginstalasi aplikasi Samsung Kies yang disertakan dalam cd kecil paket penjualan atau mengunduhnya langsung dari alamat web resmi milik Samsung. Jika sudah, aktifkan koneksi data pada perangkat pc/notebook lalu lakukan pembaharuan aplikasi Kies melalui menu Update. Karena sistem operasi Android versi terkini kabarnya hanya dapat dideteksi oleh aplikasi Kies yang telah terupdate pula.

Lakukan sambungan ke perangkat Samsung Galaxy ACE dengan memanfaatkan kabel data (masih dalam posisi online), dan tunggu hingga aplikasi Kies mendeteksi sistem operasi Android yang terkini dari perangkat yang tersambung. Jangan lupa backup terlebih dahulu Daftar Kontak, Memo, Schedule ataupun file Multimedia yang terdapat dalam ponsel. Apabila semua sudah dilalui, barulah perangkat akan lebih aman untuk diUpgrade. Langkah ini mutlak membutuhkan Koneksi data yang tidak terputus.

Biasanya begitu proses Upgrade selesai, ponsel akan melakukan Restart atau Reboot untuk menjalankan sistem operasi Android yang terbaru. Jika ponsel sudah dalam posisi standby, sambungkan kembali perangkat dan lakukan Restore Data untuk mengembalikan Daftar Kontak, memo dan lainnya.

Adalah SamFirmware.com, sebuah alamat di dunia maya yang menyediakan Firmware bagi semua perangkat Samsung termasuk Galaxy ACE, dan terpantau sudah menyediakan Upgrade resmi sistem operasi Android GingerBread untuk pasar Asia (versi 2.3.3). Demikian halnya dengan GingerBread untuk pasar Eropa yang terbagi dalam dua pilihan, Versi 2.3.3 dan 2.3.4. Secara awam tidak ada perbedaan yang mendasar dari kedua pilihan diatas, hanya saja apabila dibandingkan dengan versi sebelumnya 2.2 (Android Froyo) ada beberapa fitur yang ditambahkan, salah satu  diantaranya adalah Download Manager.

Bagi pengguna yang penasaran dengan sistem operasi Android GingerBread yang ditawarkan oleh SamFirmware.com ini bisa mencoba untuk disuntikkan dalam perangkat yang sama, Samsung Galaxy ACE. Hanya saja, untuk cara yang satu ini tidak lagi menggunakan bantuan aplikasi Samsung Kies, melainkan menggunakan Odin Multi Downloader versi 4.38.

Untuk bisa melakukannya, silahkan unduh terlebih dahulu file Firmware yang diinginkan dari daftar yang telah tersedia (dalam percobaan kali ini mengambil versi 2.3.4 untuk pasar Eropa), dimana rata-rata berukuran sekitar 120 MB. Lakukan Extract file dan jalankan aplikasi Odin Multi Downloader.

Langkah pertama yang harus dilakukan pada perangkat yang akan diUpgrade adalah, matikan perangkat, lalu masuk dalam Menu Download dengan menekan tiga buah tombol secara bersamaan. Tombol untuk mengecilkan volume, tombol Home dan terakhir, tombol Power. Apabila langkah yang dilakukan sudah benar, maka layar ponsel akan masuk dalam menu Download tadi.

Langkah kedua, sambungkan perangkat melalui Kabel Data dan periksa aplikasi Odin Multi Downloader tadi. Jika langkah sudah benar, dalam kolom “COM port Mapping” akan terdeteksi perangkat yang disambungkan dengan warna kuning.

Langkah ketiga, masukkan kelima aplikasi yang terdapat dalam folder Firmware yang telah diexctract ke masing-masing kolom dengan pengaturan sebagai berikut :

  • OPS : masukkan file ‘Cooper_v1.0.ops’
  • BOOT : masukkan file ‘APBOOT_S5830XXKPH.md5’
  • PHONE : masukkan file ‘MODEM_S5830XXKPH.md5’
  • PDA : masukkan file ‘CODE_S5830XXKPH.md5’
  • CSC : masukkan file ‘CSC_S5830SERKPH.md5’

Langkah keempat, eksekusi tombol ‘Start’ dan tunggu proses hingga selesai.

Saat proses berjalan disarankan untuk tidak mencabut kabel data atau melakukan aktifitas lain. Untuk itu disarankan pula untuk mencabut terlebih dahulu kartu simcard dan juga kartu memory dari perangkat ponsel yang akan diUpgrade.

Proses akan dianggap berhasil melalukan Upgrade apabila ponsel melakukan Restart atau ReBoot, serta aplikasi Odin Multi Downloader menunjukkan tulisan PASS pada kotak diatas kolom ‘COM port Mapping’ tadi.  Mudah bukan ?

Sekedar informasi tambahan, cara pertama diatas yang menggunakan bantuan aplikasi Samsung Kies, diperuntukkan bagi mereka yang memiliki koneksi data yang mutlak tidak terputus. Karena jika tidak, proses akan terhenti dan dapat mengakibatkan kerusakan Firmware pada ponsel. Sedang cara yang kedua diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki koneksi Data. Jadi, untuk mendapatkan atau mengunduh file Firmware yang diinginkan, bisa dilakukan dengan mengunduhnya melalui warnet terdekat. :p

Comments (95)

Tetep ngga bisa gan
Padahal udah coba di kantor jg yg notabene internet nya cepet
Mau pake Odin tp mikir” masihan
Sayang kalo garansi ilang

[Reply]

Safar Reply:

Gan………….
Ane upgrade pake odin
Tp setelah itu,ga bisa buka sms,papan tombol,dan kontak
Gimana ini gan………………..

[Reply]

pande Reply:

Menggunakan Custom ROM atau versi Resminya ?

[Reply]

pande Reply:

he… pilihan yang sulit rupanya :p

[Reply]

gan ane kan abis donlot fw dari loungenya SGA nih tapi kok gak bisa di ekstrack ya..
terus odin ane pas udah start kok muncul tulisan odin has stop working

[Reply]

pande Reply:

File Corrupt barangkali ? kalo memang gag bisa di-Extract…

[Reply]

ranggi Reply:

udah bisa sekarang gan
makasiuh gan

[Reply]

Udah aman terkendali gan
Udah isa teratasi

Nah……
Ane mau tanya lagi nih tentang Flash Player
Agar bisa kayak gimana??
Pke Ginggerbread yang brp??
Ane pake 2.3.5 skrng gan

[Reply]

pande Reply:

Untuk Flash Player sebenarnya gag harus pake OS tertentu sih, karena memang ada yang menyediakan FL for GalAce di Gugel.
cuman secara Prosesor memang Ace gag support Flash Player, dan kalopun dipaksakan seperti yang pernah saya lakukan, HH jadi berat dan lelet :(

[Reply]

hp gw samsung GT-S5670 galaxy fit. saat mau dihidupkan tidak mau masuk ke menu utama dan cuma timbul tulisan samsung dan bergetar terus dan tidak mau dimatikan. kalau ditekan tombol off maka restart lagi.. mohon pencerahan.. makasih yaa

[Reply]

pande Reply:

Bootloop yah? Satu”nya cara yah Wipe Data. Masuk ke Recovery Mode, dengan menekan tombol power dan uome bersamaan, lalu pilih Wipe Data. Eh iya, cara lainnya bisa dengan mode Download, tambah tombol volume down, lalu install ROM Resmi lewat PC/Notebook

[Reply]

setelah memfactory reset galaxy mini, saya baru ingat belum mencatat apa yang saya tulis di memo dan juga lupa belum back up sms, adakah aplikasi untuk forensik atau mengambil kembali data memo dan sms tersebut?

[Reply]

pande Reply:

sepanjang pengalaman saya sih sih gag pernah sejauh itu yah… kalo terlanjur terhapus, paling ya dengan terpaksa direlakan :((

[Reply]

Gan ane mhn pencerahan nie.galaxy fit gue dah upgard gimger berd. Lancar aja.cuma sekarang tanda cash batreynya gak mau.ilang.kalau mau hidupkan harus pasang carger dulu baru mau nyala.gimana gan mhon bantuannya.dah direset gak hasil juga. ..Mkasih

[Reply]

pande Reply:

Ketimbang bingung nyari solusi, kenapa gag dibawa ke Samsung SC ? dijamin maknyus balik lagi :))

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge