Menu
Categories
Mengenal Samsung Kies, Tokoh Utama Samsung Android
August 27, 2011 tentang TeKnoLoGi

Seperti halnya perangkat ponsel pintar branded lainnya milik Nokia, Sony Ericsson, BlackBerry ataupun iPhone, dalam paket penjualannya selalu disertakan kepingan cd yang terkadang diabaikan keberadaannya oleh si pemilik atau pengguna perangkat. Padahal peran daripada kepingan cd tersebut bisa dikatakan sebagai nyawa atau tokoh utama yang kelak akan membantu tumbuh kembang dan kelangsungan perangkat yang dibeli kedepannya. Gag percaya ?

Aplikasi PC Suite. Kurang lebih begitu istilah umumnya. Fungsi utama dari aplikasi yang menjadi menu dalam setiap kepingan cd yang disertakan dalam paket penjualan ponsel pintar ini adalah untuk menghubungkan perangkat dengan Personal Computer atau NoteBook baik yang berbasis Windows ataupun Mac. Untuk bisa menghubungkannya, bisa dengan menggunakan bantuan Kabel Data ataupun koneksi Wireless seperti Bluetooth dan Wifi.

Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna atau pemilik perangkat ponsel pintar dalam berinteraksi dengan perangkat baik itu melakukan backup dan restore terhadap Nomor Kontak, Memo, Jadwal atau Schedule bahkan beberapa ada juga yang mencakup Pesan ataupun eMail. Selain itu aplikasi PC Suite juga bisa mengubah perangkat ponsel pintar menjadi sebuah modem bagi perangkat Personal Computer atau NoteBook secara cepat dan sederhana, atau bahkan mengelola aplikasi dan file Multimedia yang ada dalam perangkat dengan mudah.

Untuk perangkat pintar yang dirilis oleh Samsung baik itu berbentuk ponsel ataupun player multimedia, aplikasi PC Suite semacam ini disebut dengan Samsung Kies.

Aplikasi Samsung Kies dapat ditemukan dalam kepingan cd berukuran kecil yang disertakan dalam paket penjualan masing-masing perangkat pintar, atau kalopun memang tidak ketemu lagi karena lupa menaruhnya dimana, Aplikasi Samsung Kies dapat diunduh langsung melalui alamat Samsung.com atau SamsungApps.com. Terakhir, aplikasi Samsung Kies ini dirilis pada tanggal 4 Agustus 2011 lalu, dan sudah mencapai versi 2.0.2 dengan ukuran installer yang mencapai 82,3 MB.

Selain mendapatkan fungsi yang telah disebutkan diatas, Samsung Kies juga dapat difungsikan sebagai Application Store bagi perangkat yang khusus dikembangkan oleh Samsung saja. Itu sebabnya untuk Perangkat ponsel pintar milik Samsung yang berbasis Android, tidak ditemukan aplikasi dan games yang tersedia dalam Samsung Kies. Aplikasi dan Games yang dijanjikan oleh pihak Samsung bagi perangkat jenis ini hanya dapat diakses melalui aplikasi Samsung Apps di halaman Menu perangkat ponsel terkait. Itupun jenis dan macamnya berbeda antara perangkat Android satu dengan lainnya. Tergantung spesifikasi yang didukung.

Terkait ketersediaan Aplikasi dan Games di Samsung Kies, tidak demikian halnya dengan perangkat ponsel pintar milik Samsung yang dirilis dengan menggunakan sistem operasi BADA. Terpantau ada ratusan aplikasi dan games baik berbayar maupun yang gratisan tersedia di Samsung Apps Store. Dibagi dalam berbagai kriteria Recommended dan juga terbanyak diunduh.

Meski demikian, bagi perangkat Android, Samsung Kies tetap menjadi Tokoh Utama dalam segala hal. Termasuk dalam fungsi untuk melakukan Upgrade sistem operasi  secara resmi yang memang hanya dapat diakses melalui Samsung Kies. Caranya cukup mudah yaitu Unduh terlebih dahulu rilis terakhir Samsung Kies dari alamat penyedia diatas, Instalasi dan Jalankan. Sambungkan perangkat Android dengan Kabel Data dan sambungkan pula Personal Computer atau NoteBook yang digunakan ke dunia maya. Untuk melakukan pemeriksaan terhadap ketersediaan Upgrade Sistem Operasi perangkat Android, tinggal memeriksa halaman utama profile Perangkat. Untuk Samsung Galaxy ACE S5830 yang saya gunakan ini, terpantau masih mengadopsi versi 2.2 Froyo KC1.

Jadi, bagi yang memang sedang menanti Upgrade Sistem Operasi Android versi 2.3 GingerBread resmi dari Samsung untuk perangkat ponsel pintarnya, jangan lupa siapkan dahulu Samsung Kies dimasing-masing Personal Computer atau NoteBooknya yah…

"2" Comments
  1. thx infonya gan, baru ngerti gunanya samsung kies setelah baca artikel anda.

    [Reply]

    pande Reply:

    Sama”… semoga bermanfaat

    [Reply]

Leave a Reply
*