Menu
Categories
Mengatasi Installation Error pasca Hard Reset / Factory Reset
August 21, 2011 tentang TeKnoLoGi

Beberapa saat setelah proses Hard Reset atau Factory Reset berhasil dilakukan, saya sempat mengalami kesulitan untuk menginstalasi beberapa aplikasi yang sempat saya unduh melalui halaman 4Shared. Padahal sebelumnya beberapa aplikasi maupun games yang saya unduh melalui alamat yang sama, tidak pernah menemui kendala yang berarti.  Adapun pesan Installation Error yang saya dapatkan itu sebagai berikut.

“Installation Error : Couldn’t Install on USB Storage or SD Card

Walaupun pesan Error tersebut disetujui (OK), tidak ada alternatif pilihan lain yang dapat dilakukan untuk menginsatalasi aplikasi dan juga games yang dimaksud. Kendati pada Pengaturan Aplikasi sudah dicentangkan pula sebagai persetujuan apabila aplikasi berasal dari Non Market.

Setelah hunting beberapa halaman lewat jasanya Mbah GuGel, sayapun menemukan satu solusi yang ternyata memiliki penyelesaian yang sangat sederhana. Cukup dengan mengakses folder  ‘.android_secure’ yang ada dalam memory eksternal atau sdcard pada perangkat Android, lalu hapus file yang bernamakan ‘smdl2tmp1.asec’.

Sayangnya, folder yang dimaksud rupanya merupakan sebuah Hidden Folder yang artinya tidak dapat dilihat melalui menu File Manager bawaan Android. Untuk mengatasi ini, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi Astro File Manager atau Root Explorer. Jikapun tidak ingin direpotkan lagi dengan aplikasi yang bisa jadi malah tidak dapat diinstall dengan alasan yang sama, silahkan menyambungkan perangkat dengan NoteBook/PC menggunakan kabel data atau membuka memory eksternal dan mencolokkannya pada perangkat Card Reader. Akses folder tersebut melalui Menu Windows Explorer segera setelah memperlihatkan Hidden File atau Folder melalui Pilihan Folder Options.

Apabila langkah diatas sudah berhasil dilakukan, maka untuk melakukan pengujian, pengguna tinggal mencoba menginstalasi kembali aplikasi atau games seperti sebelumnya, dan lihat hasilnya. Selamat Mencoba.

"4" Comments
  1. Wow… ne mare ye blogger sejati… always update… ajahin rage cara menulis yg baik pak… 😀

    [Reply]

  2. Saya mengalami gangguan seperti itu.setelah daya cek ke sd cardnya dan buka folder android secure itu tenyata kosong.jadi bingung mau hapus apa.gimana ya solusinya?udah ga dihidden padahal.itu pas mau download game gugel play.

    [Reply]

    pande Reply:

    hmmm… masalah baru rupanya… *coba nanti saya oprek oprek lagi 🙂

    [Reply]

Leave a Reply
*